Punggungmu menebal Setan Sumiati dekat (2) | Cerita Hantu Makassar

Selasa, Juli 21, 2020

Kisah cerita bermula sejak seorang wanita bernama Sumiati diperkosa oleh lelaki yang tidak dikenalnya, dan pada saat pemerkosan itu, Sumiati tidak melihat secara jelas pelaku pemerkosa tsb, karena kejadian malam hari. Sumiati hanya melihat kalau pelaku menggunakan baju berwarna merah. Alhasil pemerkosaan itu berbuah benih di perutnya, sungguh ini mengiris kalbu, hingga sebab malu, maka Sumiati memutuskan atau memilih jalan gantung diri di sebuah jembatan/ tempat dimana sering ia bermain, (tempatnya kini di benteng roterdam, menurut sebuah sumber). Adapu latar belakang mengapa demikian sacral baju warna merah,  hingga sering/ gampang melihat penampakan bahkan tergoda oleh sosok mahluk cantik, sebab ia Sumiati menandai "merah " dengan penuh kesan… pada lelaki yang  pernah memperkosanya. Akhirnya simak kisah Punggungmu menebal  Setan Sumiati di dekatmu (2) | Cerita Hantu Makassar.












Cerita kisah Hantu Makassar~
Punggungmu menebal  Setan Sumiati di dekatmu (2)

Bunuh Diri |Kematian Hantu Sumiati 
Masa hidup Sumiati tinggal sebuah kampung Beroanging (sekarang Sinassara *menjadi nama salah satu jalan di Makassar),. tidak terlalu jauh dari tempat ia bunuh diri yaitu di sekitar Benteng somba opu. usai mayat Suamiti di lepaskan dari tali yang menggantungnya sebab bunuh diri, mayatnya di antar ke RS Pelamonia lalu di area Beroanging Sumiati dimakamkan atau kuburkan.


*Banyak orang mampu melihat hantu , ya Usman di antaranya, daya sensitivitas menyaksikan keberadaan makhluk halus di tempat-tempat tertentu katanya, bersama Usman di Benteng Somba Opu " tidak berpikir ada hantu berarti tidak ada, dan tempat seperti ini, maka berpikir ada hantu dampak langsungnya punggungmu menebal, pasti ada"

1. Panggilan Arwah Sumiati
Usman (menghalau beberap peserta workshop keaktoran) katanya :  " mau kemana ?” tanyanya waktu itu dengan suara serak dengan mata yang sedikit di picingkan.

Kata sesorang "Mau keliling benteng roterdam ini, termasuk mau masuk situ, sapatau bertemu seseorang, atau teman lama misalnya (mendengar jawaban demikian  wajah Usman sedikit mendung melihat salah seorang memakai baju merah dan tatapannya penuh misteri seakan menelusup kesetiap pembuluh darah).

Kata Usman tegas “ jangan ke sana !, lihat ini  burung-burung baru saja ke luar dari sana goronggorong (terowongan)  terbang masuk kesini, hehehe (ketawa dinginnya meremangkan )“ atau teruslah kesana jika saja kepindahan burung ini tak membuat punggungmu menebal, sebab di sana ada sosok, dan kembali ke sini pasti kau berantakan.

2. Setan Sumiati Balasa Dendam. Era itu adalah masa peralihan penguasaan dari kerajaan ke penaklukan Makassar oleh penjajah, ketika itu terkenallah seorang perempuan cantik yang putih dengan bulu mata lentik, bernama Sumiati, dan wanita ini ditinggal sementara oleh suaminya yang pergi berlayar atau dalam bahasa daerah Bugis disebut "Massompe",  dalam penantian menunggu suaminya pulang, banyak yang mengenang kecantikan sumiati, banyak mata yang mengintainya, sampai akhirnya se-seorang orang memperkosannya di tengah penantiannya yang juga tak kunjung datang,(sebuah penantian dan pemerkosaan menjadi efek balas dendam akan keberadaan sumiati  menjadi "hantu atau setan Sumiati, < sebuah anggapan)


3. Abadi Setan Sumiati_ (apakah benar sumiati atau jin yang menjelma serupa Sumiati, entahlah...,sebab jin sendiri bisa berumur sampai 500 tahun, menurut tinjauan pustaka "dialog dengan jin muslim), sengaja atau tidak tetapi arwah penasaran Sumiati tsb sangat sering mengganggu lelaki yang menggunakan baju berwarna merah.

4. Hantu Sumiati Di Toilet dan Pantai Losari_Aku terkenang peristiwa ini, ketika workshop "ke-aktoran 2 di Benteng Sumba opu", sebagai tempat bermalam selama 8 hari,  cerita tentang hantu perempuan  cantik yang sering muncul di toilet, ya... aku gak percaya, cerita teman-teman tentang hantu itu, tapi...pernah semalam ia  menampakan wujudnya di toilet pas ketika aku merelay ulang memoriku tentang cerita setan sumiati, keadaan ini menjadi biasa saja ketika senior kami menceritakan bahwa sepanjang losari juga di tempat-tempat tertentu, misalnya di sebuah toilet yang juga terdapat dalam benteng rotterdam, merupakan salah satu tempat- mangkal nya.(ya..kutulis saja apa yang dikatakan nce Nas padaku, tentang ini...)

5. Gantung diri di Jembatan  : Sedemikian sering tempat tersebut terjadi penampakan hantu perempuan, semakin menandai jejak tempat dimana sumiati dulunya mati bunuh diri dengan menggantung diri di sebuah jembatan tempat ia sering bermain atau menghabiskan masa kanak-kanaknya. "Baju Merah"...dan sebuah senyum dingin untukmu ---

6. Lintas Maros ke Camba Lupakan Hantu Sumiati
Kabar hasil terawang menyebutkan bahwa "Setan Sumiati" sering muncul di Hutan Lindung "Karaenta" , seseorang pernah terpanggil kesana lalu cepat di sadarkan, ia menceritakan bahwa perempuan tersebut demikian...demikian..._

 tempat di maksud ini dulu menarik aura sakral, melahirkan istilah bahasa makassar lampau"Pawella"  berarti "menarik perampok", tempat ini memang angker, orang setempat menyebut identifikasi tempat itu dengan "Pangngadangngang", (terjemahan: tempat menghadang), sebuah/jalur lintasan provinsi (pulang pergi ret kendaraan. Kabupaten Bone-Makassar) dan lewat di tempat itu "lupakan bahwa hantu sumiati ada di sana, dan punggungmu jangan menebal pertanda ia benar tak ada"
___
Sang Baco Maros 16|10|11
Original content Mistik Hantu Sumiati Makassar.
Baca Link Terkait Mistik hantu Makassar
: - Hantu Parakang Makassar |Manusia Jadi-jadian
     Misteri Dalam Kematian Beberapa Tokoh

 


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images