RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : .....................
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/semester : VII/Satu
Materi Pokok : Bernyanyi Secara Unisono
Alokasi Waktu : 3
Pertemuan (9 JP)
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong- royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.1. Menerima,
menanggapi dan menghargai keragaman dan keunikan musik sebagai bentuk rasa
syukur terhadap anugerah Tuhan
|
1.1.1
Menunjukkan keragaman dan keunikan musik di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa
1.1.2 Menghargai keragaman dan keunikan musik di
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
|
2.1.
Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin,melalui
aktivitas berkesenian
|
2.1.1
Menghargai
orang lain dalam
aktivitas berkesenian
2.1.2
Mengekspresikan ide dan perasaan secara jujur dalam aktivitas berkesenian
2.1.3
Mengikuti aktivitas
berkesenian secara disiplin
|
3.
|
3.1 Memahami teknik
vokal dalam bernyanyi lagu secara unisono
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian unisono dalam bernyanyi
3.1.2
Menjelaskan arti penting teknik vokal dalam bernyanyi
3.1.3
Menjelaskan sikap badan, teknik pernafasan, frasering,
artikulasi,intonasi, dan ekspresi ( dinamik
dan tempo) dalam bernyanyi secara unisono
|
4.
|
4.1 Menyanyikan lagu
ANGING MAMMIRI secara unisono
|
4.1.1
Menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI secara
unisono dengan sikap badan,teknik pernafasan, frasering, artikulasi, dan
intonasi yang benar
4.1.2
Menampilkan lagu ANGING
MAMMIRI
secara unisono dengan teknik vokal dan
ekspresi yang benar
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menerima
keragaman dan keunikan musik di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dengan baik
2. Mengikuti aktivitas berkesenian
secara disiplin
3.
Mengidentifikasi
pengertian menyanyi secara unisono melalui tanyangan VCD
4.
Mengidentifikasi
arti penting teknik vokal dalam bernyanyi
5.
Mengidentifikasi
sikap badan, teknik pernafasan, frasering, artikulasi,intonasi, dan ekspresi (dinamik
dan tempo) dalam bernyanyi secara unisono dengan tepat
6. Menyanyikan lagu
ANGING MAMMIRI secara unisono dengan sikap badan dan pernafasan yang benar
Pertemuan 2
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan frasering yang benar
2.
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan artikulasi yang benar
3.
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan intonasi yang benar
4.
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan teknik vokal yang benar dengan rasa
percaya diri
Pertemuan 3
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan
pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan ekspresi (dinamik dan tempo) dengan
tepat
2.
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan teknik vokal dan ekspresi (dinamik
dan tempo) yang benar
3. Melalui kegiatan
menyanyi peserta didik dapat mengekspresikan
ide dan perasaan secara jujur dalam aktivitas berkesenian
4.
Menampilkan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan teknik vokal dan ekspresi yang benar
dengan rasa percaya diri
D. Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Menyanyikan lagu secara unisono dan
Teknik vokal
·
Pengertian
unisono
·
Pengertian
teknik vokal ,yaitu sikap badan, teknik pernafasan, frasering, artikulasi,intonasi
dan ekspresi( dinamik dan tempo)
·
Teks
lagu ANGING MAMMIRI (untuk berlatih menyanyi secara unison
dengan sikap badan dan teknik pernafasan yang benar)
Pertemuan 2
Menyanyikan lagu secara unisono
·
Teks
lagu ANGING MAMMIRI (untuk berlatih menyanyi secara unisono
dengan frasering, artikulasi, intonasi yang benar)
Pertemuan 3
Menyajikan lagu ANGING MAMMIRI secara
unisono
·
Teks
lagu ANGING MAMMIRI (untuk berlatih menyanyi secara unisono
dengan teknik vokal dan ekspresi yang benar)
·
Teks
lagu-lagu (untuk tampil menyanyi secara unisono dengan teknik vokal dan
ekspresi yang benar)
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Saintifik
2. Model Pembelajaran Kooperatif
F. Sumber Belajar
1.
Buku sumber :
a.
Buku
Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal.
42-50)
b.
Buku
Siswa.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Seni Budaya.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Hal.
42-50)
c. VCD LAGU LAGU
DAERAH
2.
Situs internet
G.
Media Pembelajaran
1. Media : video/
audio visual, gambar organ-organ suara manusia dan lagu model
2. Alat :
alat musik
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
a.
Pendahuluan (10
menit )
1) Mengucapkan
salam
2)Guru
memimpin doa dan melakukan presensi.
Apersepsi: menayangkan
video/ audio visual tentang menyanyi secara unisono dengan teknik vokal yang
benar .
1)
Motivasi:
memberi pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang
tehnik vokal yang
berkaitan dengan lagu pada
video/ audio visual tersebut.
2)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Peserta didik dan guru
melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
Mengamati
3)
Mengamati
video/ audio visual tentang menyanyi secara unisono dengan teknik vokal dan
ekspresi yang benar
4)
Melakukan
studi pustaka tentang pengertian unisono, arti penting teknik vokal, sikap
badan, teknik pernafasan, frasering, artikulasi, intonasi dan ekspresi (dinamik
dan tempo) dalam bernyanyi dengan cermat
Menanya
5)
Menanyakan
tanggapan siswa tentang penampilan penyanyi pada lagu yang di
tanyangkan,membandingkan dengan teori tehnik vokal yang telah di pelajari
Mencoba
6)
berlatihmenyanyikan lagu ANGINGMAMMIRI tehnik vokali secara unison secara klasikal
7)
berlatih menyanyikan lagu ANGINGMAMMIRI dengan teknik vokal dalam bernyanyi secara
kelasikal
8)
berlatih Menyanyikaa
lagu ANGINGMAMMIRI dengan memperhatikan
sikap badan, teknik pernafasan, frasering, artikulasi,intonasi, dan ekspresi
(dinamik dan tempo) dalam bernyanyi secara unisono dengan tepat secara kelompok
.
9) Berlatih menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI secara
unisono dengan sikap badan dan pernafasan yang benar secara
individual
Menalar
10) Membuat kesimpulan berdasarkan
hasil latihan perbedaan menyanyi dengan tehnik vokal dan tanpa tehnik vokal
Menyaji
11) Menampilkan secara
kelompok menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI dengan tehnik vokal dengan percaya
diri percaya diri
12) Setiap kelompok menanggapi penampilan kelompok lain dengan santun.
c.
Penutup (10
menit)
1)
Guru
dan peserta didik menyimpulkan tentang materi pembelajaran
2)
Peserta
didik mencatat tugas yang diberikan guru untuk mengamati acara INDONESIAN
IDOL di salah satu stasiun TV dan memberikan tanggapan secara tertulis
3)
Peserta
didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya
4)
Guru
menutup pelajaran dengan doa dan salam
Pertemuan 2
a.
Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru
memimpin doa dan melakukan presensi.
2)
Apersepsi:
menayangkan tentang tugas mengamati acara INDONESIAN IDOL
3)
Motivasi:
memberi pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang
acara tersebut
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Peserta didik melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
Mengamati
1)
Mengamati
video/ audio visual tentang menyanyi secara unisono dengan teknik vokal dan
ekspresi yang benar
2)
Mengamati
guru yang memeragakan menyanyi dengan teknik vokal dan ekspresi yang benar
Menanya
3)
Menanyakan
hal-hal yang kurang jelas yang ditemukan saat melakukan proses pengamatan
Mencoba
4)
Berlatih
menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan frasering yang benar
5)
Berlatih
menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI secara
unisono dengan artikulasi yang benar
6)
Berlatih
menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan intonasi yang benar
7)
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan teknik vokal yang benar dengan rasa
percaya diri
Menyaji
8)
Menyanyikan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan sikap badan, teknik
pernafasan, frasering, artikulasi dan intonasi yang benar dengan rasa percaya
diri
c.
Penutup(10 menit)
1)
Guru
dan peserta didik menyimpulkan tentang materi pembelajaran
2)
Peserta
didik mencatat tugas yang diberikan guru untuk berlatih menyanyi secara unisono
dengan teknik vokal yang benar
3)
Peserta
didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya
4)
Guru
menutup pelajaran dengan doa dan salam
Pertemuan 3
a.
Pendahuluan (10 menit )
1)
Guru
memimpin doa dan melakukan presensi.
2)
Apersepsi:
menayangkan video/ audio visual tentang menyanyi secara unisono dengan teknik
vokal dan ekspresi yang benar .
3)
Motivasi:
memberi pertanyaan-pertanyaan sederhana
yang berkaitan dengan video/ audio visual tersebut.
4)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Peserta didik melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
Mengamati
1)
Mengamati
video/ audio visual tentang menyanyi secara unisono dengan teknik vokal dan
ekspresi yang benar
2)
Mengamati
guru yang memeragakan menyanyi dengan teknik vokal dan ekspresi yang benar
Menanya
3)
Menanyakan
hal-hal yang kurang jelas yang ditemukan saat melakukan proses pengamatan
Mencoba
4)
Berlatih
menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan ekspresi (dinamik dan
tempo) dengan tepat
5)
Berlatih
menyanyikan lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan teknik vokal dan ekspresi
(dinamik dan tempo) yang benar
Menyaji
6)
Menampilkan
lagu ANGING MAMMIRI secara unisono dengan teknik vokal dan ekspresi yang benar
dengan rasa percaya diri
c.
Penutup (10
menit)
5)
Guru
dan peserta didik menyimpulkan tentang materi pembelajaran
6)
Peserta
didik mencatat informasi guru tentang kegiatan pembelajaran berikutnya
7)
Guru
menutup pelajaran dengan doa dan salam
I.
Penilaian
1. Sikap spiritual dan sosial
a. Teknik Penilaian: observasi
b. Bentuk Instrumen: lembar observasi
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Menerima
|
3
|
|
Menghargai
orang lain
|
3
|
|
Jujur
|
1
|
|
Disiplin
|
1
|
|
Santun
|
1
|
Jumlah
|
15
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1 dan 2
2.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian:
tes subyektif
b.
Bentuk Instrumen: tes uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Jelaskan pengertian unisono
|
1
|
|
Jelaskan arti penting teknik vokal dalam
bernyanyi!
|
1
|
|
Sebutkan
teknik vokal yang harus diperhatikan dalam menyanyi secara unisono,
jelaskan
|
1
|
Jumlah
|
3
|
Instrumen: lihat
Lampiran 3
3.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen: lembar observasi
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Ketrampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Penguasaan
materi lagu
|
1
|
|
Teknik
Vokal
|
1
|
|
Ekspresi
|
1
|
Jumlah
|
3
|
Instrumen:
lihat Lampiran 4
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
____________________ _____________________
NIP. ... NIP. ...
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Nama :
______________________________
Kelas/nomor urut :
______________________________
Petunjuk
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi diri Anda.
Keterangan
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
|
1
|
Saya bersyukur karena Indonesia memiliki budaya
seni musik yang beraneka ragam sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa yang patut disyukuri
|
SS
S TS STS
|
2
|
Saya beruntung karena Indonesia memiliki budaya
seni musik yang unik dan beragam
|
SS
S TS STS
|
3
|
Saya akan mempelajari lagu-lagu dan musik di Indonesia
|
SS S TS
STS
|
4
|
Saya bangga memiliki budaya seni musik yang beraneka ragam
|
SS
S TS STS
|
5
|
Lagu-lagu dan musik di Indonesia mengandung nilai-nilai yang luhur
|
SS
S TS STS
|
6
|
Lagu-lagu dan musik di Indonesia merupakan warisan budaya yang dikagumi masyarakat
mancanegara.
|
SS
S TS STS
|
Lampiran 2:
Lembar Pengamatan Sikap Sosial
Nama / Kelompok :
______________________________
Kelas / nomor urut :
______________________________
Keterangan:
Berilah tanda centang ( V ) pada kolom ya atau tidak
No.
|
Aspek
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Jujur
|
Mengekspresikan
ide dan perasaannya secara jujur dan orisinil
|
||
2
|
Disiplin
|
Mengikuti
kegiatan diskusi kelompok secara tertib
|
||
3
|
Santun
|
Memberikan
tanggapan lisan secara santun dalam presentasi
|
Nama peserta
didik :
____________________
Kelas :
____________________
Tes Uraian
A.
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI!
1.
Jelaskan
pengertian unisono!
2.
Jelaskan
arti penting teknik vokal dalam bernyanyi!
3.
Sebutkan
teknik vokal yang harus diperhatikan dalam menyanyi secara unisono!
B.
KUNCI JAWABAN:
1.
Teknik
vokal sangat penting dalam bernyanyi agar bisa menghasilkan suara yang baik
2.
Unisono
adalah bernyanyi dengan satu suara ( hanya menyanyikan melodi pokoknya)
3.
Teknik
vokal yang harus diperhatikan dalam
menyanyi secara unisono adalah siakap badan, teknik pernafasan, frasering,
artikulasi, intonasi dan ekspresi
Lampiran
4:
Lembar Pengamatan Praktik
Seni Musik
Nama Kelompok :
____________________
Kelas :
____________________
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor Maksimum
|
Nilai
|
1
|
Penguasaan
materi lagu
|
20
|
|
2
|
Teknik
Vokal
|
50
|
|
3
|
Ekspresi
(dinamik dan tempo)
|
30
|
|
Jumlah
|
100
|
NB : Edisi ini tersedia lengkap seluruh cabang dalam seni (TARI, RUPA, DRAMA DAN SASTRA)
Kontak Link : https://www.facebook.com/sang.baco/ kontak 085 242 822 533
Tidak ada komentar:
Posting Komentar