Menangis Hilangkan Problem

Jumat, November 01, 2019

Riwayat dahulu tentang kesehatan dalam catatan kuno, "si ibu tak perlu kesal jika anak bayi menangis, sebab hal itu menguatkan fisiknya". Dan dalam catatan lain di katakan jika bayi usai menangis maka setelahnya makannya / menyusuinya lahap. 

Dalam psiko-terapi Menangis dianggap hilangkan problem, misteri ini sebabkan tak mengapa jika pria menangis, tak berarti ia cengeng atau lemah, "dan kata siapa pria tak boleh menangis ?".  menangis ya..., merupakan mekanisme yang dilakukan tubuh manusia ketika merespons berbagai macam hal.  Menangis dengan air mata yang banyak karena air mata itu  berfungsi membersihkan dan melumasi mata, yang menyebabkan iritasi mata dan menguap dapat menyebabkan produksi air mata meningkat. Meskipun menghasilkan air mata, namun air mata emosional dan air mata karena iritasi sebenarnya memiliki komposisi kimia yang berbeda.

menangis hilangkan problem, meringankan maslah














Menangis Hilangkan Problem

Menangis itu bisa menjaga kesehatan berbagai hal di tubuh kita mulai dari mental hingga fisik. Dilansir dari Brightside, Seseorang bisa saja menangis ketika dia merasa sangat sedih atau sebaliknya ketika hatinya bersuka ria. Air mata yang menetes juga bisa terjadi ketika kamu mengantuk atau ketika terdapat benda asing yang masuk ke mata.

Sejumlah dampak yang diberikan air mata ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bola mata. Walau begitu, manfaat dari menangis ini ternyata tak hanya pada mata saja namun juga pada bagian tubuh lain, berikut sejumlah dampak kesehatan yang muncul dari tangisan terhadap tubuh kita.

Meredakan Stres
Sebuah penelitian pada tahun 2014 mengetahui bahwa menangis bisa membantu seseorang lebih santai dalam melewati masa-masa sulit. Menangis bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang berdampak otak menjadi lebih tenang.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa memicu banyak penyakit. Menangis rupanya bisa menjadi cara untuk meredakan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga kamu bakal lebih sehat.

Membersihkan Racun
Air mata yang keluar bisa membersihkan debu dari mata dan bahkan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Pengeluaran racun ini membantu menurunkan tingkat kortisol (hormon stres) dari tubuh sehingga mood bakal membaik. Hal ini menjadi alasan mengapa kita biasanya merasa lebih baik dan lega setelah menangis.

Atasi Mood Berubah-Ubah
Perubahan mood yang tiba-tiba pada tubuh bisa terjadi karena terkumpulnya mangan di dalam tubuh. Menangis bisa membantu menghilangkan mangan berlebih dari tubuh melalui air mata. Hal ini bisa membuatmu menjadi lebih tenang, fokus, serta mood-mu tak akan berubah-ubah.

Atasi Rasa Sakit
Ketika kita mengalami sakit secara fisik, keluarnya air mata bisa menjadi cara bagi tubuh mengurangi sensasi sakit. Peneliti menemukan bahwa manfaat menenangkan ini muncul karena air mata melepaskan oksitosin dan endorfin yang bisa membuatmu merasa lebih baik dan menghilangkan rasa sakit.

Sejumlah permasalahan yang kamu alami tersebut bisa diatasi dengan tetes air mata. Namun ketika kamu terlalu banyak menangis, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter karena mungkin ada masalah lain yang kamu alami. [RWP]
_____
Sangbaco.web.id
Jika sedang susah dan ingin menangis, ya keluarkan saja isak tangismu, setelahnya jadi lega, bahkan menurunkan tendensi emosional amarahmu : Menangis-lah sebab itu menghilangkan problem juga menyehatkanmu, pula matamu.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images