Kefitrahan Sifat sabar__

Sesuatu yang terjadi dengan sendirinnya tanpa mampu kita menahannya adalah "keberadaan taqdir", korelasi akan keberadaan ini, seperti di sampaikan pada suatu pengajian, katanya  "Siapa yang diberikan keberuntungan atas keyakinan dan kesungguhan sabar itu, niscaya ia tidak peduli dengan yang luput dari padanya".

Mendengar khotbah Jalaluddin Rahmat di tivi"....sekiranya bisa milikilah kesabaran itu dengan memaafkan orang yang sangat kau benci sebelum ia minta maaf padamu, jika kau pernah tersakiti maaf kan saja mereka  sebelum tidur malammu, insaya Allah pagi esok kau akan mendapati dirimu penuh dgn kelapangan.

 Nabi s.a.w. bersabda : “Sabar itu separuh iman”, banyak hal dari rangkaian kegiatan kehidupan adalah "keterpaksaan menerima", (karena ini adalah keniscayaan ) prioritas nya tetap ketujuan ujud keimanan dengan  menjadikan sabar sebagai keberhasilan, dan sifat mahal dari sabar di sabdakan nabi “Dari yang sekurang-kurangnya diberikan kepada kamu, ialah: keyakinan dan kesungguhan sabar./“Di antara yang paling sedikit yang diberikan kepada kamu ialah yakin dan keras kesabaran”.sebuah pilihan memang.....

Nabi s.a.w. membaca firman Allah Ta’ala: Apa yang di sisi kamu itu akan hilang dan apa yang di sisi Allah itu yang kekal. Dan akan Kami berikan kepada orang-orang yang sabar itu pembalasan, menurut yang telah mereka kerjakan dengan sebaik-baiknya” (An-Nahl:96) 

Adapun atsar, dan engkau bersabar di atas apa yang menimpa atas diri engkau, adalah lebih aku sukai, daripada disempurnakan oleh setiap orang daripada kamu, kepadaku, dengan seperti amalan semua kamu. Akan tetapi aku takut, bahwa dibukakan kepadamu dunia sesudahku. Lalu sebagian kamu menentang sebagian yang lain. Dan akan ditantang kamu oleh penduduk langit (para malaikat) ketika itu. Maka siapa yang sabar dan memperhitungkan diri, niscaya memperoleh kesempurnaan pahalanya”.

berbicara sabar yg terkait dgn reski di firmankan oleh Allah Swt, “Kepada orang-orang itu diberikan balasan (pokok) dua kali lipat, disebabkan kesabaran mereka”. (QS. Al Qashash : 54)

kesabaran adalah nilai arif yang melatihnya sangat berat tetapi kita senantiasa diingatkan dan diawasi olehNya bahkan di bantu setelah keinginan sabar itu ada tanpa kita rasa atau merasakannya,“Adakah orang yang berjalan menelungkup di atas mukanya lebih mendapat petunjuk ataukah orang yang berjalan dengan lurus di atas jalan yang benar? (QS. Al Mulk : 22).

“Berpalinglah engkau dari orang yang tiada memperdulikan pengajaran Kami dan hanya menginginkan kehidupan duniawi semata! Pengetahuan mereka hanya sehingga itu”. (QS. An-Najm : 29-30). 

“Sesungguhnya orang-orang yang sabar itu, akan disempurnakan pahalanya dengan tiada terhitung”. (QS Az-Zumar : 10).

Maka tidak ada dari pendekatan diri manusia kepada Allah (ibadah), melainkan pahalanya itu ditentukan dengan kadar dan dapat dihitung, selain sabar. 
Nabi s.a.w. bersabda: “Pada kesabaran atas yang tidak engkau sukai itu banyak kebajikan”.hanya hidup ini sesungguhnya adalah juga perangkap dan pilihan.

Isa Al-Masih a.s. berkata:  “Engkau sesungguhnya tiada akan memperoleh apa yang engkau sukai, selain dengan kesabaranmu atas apa yang tiada engkau sukai”.pandangang mata kita atas dunia memang menjanjikan, penuh dgn gemerlap dan kepalsuan tapi demikianlah (untuk selamat) kita menjadikan bersabar sebagai kekuatan, yang apabila kita berjalan, berbicara, melempar dll, maka Allah lah penuntunnya, hal yang karamah yg diberikan Allah kepada hambanya yg bersabar. 
Diriwayatkan Jabir, bahwa Nabi s.a.w ditanyakan tentang iman, maka Beliau menjawab: “Sabar dan suka memaafkan”. 

Penutup
kesungguhan sabar itu dengan tetap tersenyum bahkan  tidak peduli dengan yang luput dari padanya.
dan orang-orang yang ridla dengan yang ditakdirkan Tuhan,  adalah derajat orang-orang zahid.
Semoga Allah yang Maha Pengasih menganugerahkan kepada kita kesabaran. Amin.
__________
kaimuddin mbck .Kefitrahan Sifat sabar.

{ 2 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Anonim mengatakan...

Bro,... kalo punya artikel yg panjang begini, sebaiknya di potong postingannya, agar lebih ringkas tampilan dan efeknya mempercepat pembacaan loading script blogta

Sang Baco mengatakan...

ya...makasih sarannya...

Posting Komentar