sebelum, gelap dionani

Gelap tak berarti nista demikian pula gelap mata terlebih gelap-gelapan, Mengapa ?_
Ramai terdengar kabar ketika seorang prajurit menumpahkan sisa peluru pada istrinya sepulang dari perang penanganan OPM di Papua, tindakan pak kapten suami dosenku itu, hal yang “gelap mata” dan penyair me-sinonimkan dengan : rindu tak tertahan, efek gelap mata tersebut  berakibat pada ibu dosen lepasan tri sakti yang  kini hamil, ia tampak berdiri di hadapan mahasiswa/i nya, kelihatan tetap bugar ketika mengajar kami dengan sisa tenaga menjelang tunggu masa melahirkan.” O’owww…bulatan yang indah…”, decak kagum dari teman seperkuliahan.(^)

Peristiwa gelap banyak pula diungkapkan dalam syair,  pernah industry music melenakan Indonesia dengan sepenggal lagu dangdut berikut,  “mati lampu… aduh gelapnya,  gelap-gelapan jadinya seperti siluman…”, music dan syair lagu ini pula mengherankan kelompok band Slova Moskow pihak KBRI , lagu dengan penggalan “gelap” tadi pernah nge-hits tahun 2000an, wawancara pula dengan kelompok Boy's Band mancanegara mepaparkan bahwa “lagu ini  sangat diminati dalam pertandingan unique disco di negeri paman sam”.ya.. gelap demikian merajalela.

falsafah tak selesai menerangkan bahwa," gelap mata dapat menjadi tekanan negatif bahkan secara kualitatif...", sedang kosmologi gelap, merupa suatu energi yang kerapatannya mengisi ruang alam semesta, dan atas keberadaan energi gelap ini dalam bentuk apapun menunjukkan adagium yang di sebut "massa yang hilang, segala tampak satu warna saja”, dan sebab gelap pula maka warna lain menjadi jelas bagimu. Kata Rusli Anwar (seni rupa jebolan ikip dulu) "bagaimana mungkin melukis tanpa warna gelap sedang puting africa haruslah lebih gelap dari warna keseluruhan kulit tubuhnya ?".

Sekali tendensi gelap pernah terharapkan di timur tengah ketika seorang nabi menganjurkan pada pengikutnya di riwayatkan oleh  Jabir bin Abdullah, bahwa “Matikanlah lampu-lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian.”(*). Awalnya sunnah-sunnah tersebut dibuat demi keselamatan setiap orang sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran dan pengamanan diri dari tindakan yang mengundang niat jahat orang lain untuk memasuki rumah tanpa izin penghuninya. Namun ternyata, konsep Islam yang menyuruh tidur dalam keadaan lampu dimatikan ini sejalan dengan hasil penelitian ilmiah tentang mekanisme yang sehat jika seseorang tidur dalam keadaan gelap. Ya gelap tak hanya membuat nyenyak, TAPI dengan kegelapan  maka tubuh menerima rangsangan penambah kekebalan tubuh

“Gelap sebelum tidur dan jangan meremehkan hal ini“

      Seorang ahli biologi, J Roberts, tanggap korelasi antara nilai tidur dan gelap  mengungkapkan “melakukan pengukuran kadar hormon melatonin (*1) di dalam tubuh saat tertidur dalam kegelapan,  menemukan fakta bahwa jumlahnya makin bertambah, disertai bertambahnya daya tahan tubuh terhadap penyakit. Maka Roberts pun berkesimpulan bahwa cahaya lampu (termasuk pancaran dari layar televisi) dapat menyebabkan penurunan kadar hormon melatonin di dalam tubuh akibatkan tubuh menjadi lemah.

kurang tidur dan kurang gelap ?, maka dipastikan anda akan memiliki kadar melatonin yang rendah sehingga mengalami gangguan perasaan atau kurang mood, seperti mudah gelisah,  lelah, mudah marah juga pertanda kurangnya pula rasa sayang.., “What ?!”

Kekuatan gelap dalam  mengukur usia bumi dalam sejarah dan pengembangan alam semesta. Mencengangkan…?, bahwa pengamatan ini menunjukkan bahwa alam semesta tidak mengalami perlambatan, yang seharusnya akan terjadi pada alam semesta yang didominasi oleh materi, tetapi justru secara misterius mengalami percepatan. Pengamatan ini dapat dijelaskan dengan membuat postulat tentang adanya sejenis energi yang memiliki persamaan keadaan yang negatif, yaitu energi gelap_
 Uh gelap, dan...... aku menunggumu sejuta gelombang_
___________
(^) Ibu dosen Pong Paliu dan siklus perkuliahan di stkip maros.
(*) HR. Bukhari no. 6296 dan Muslim no. 2012)
(*1) hormon melatonin : Hormon pengatur utama dari seluruh hormon yang berfungsi mengatur dan memelihara,  dibuat oleh kelenjar pineal dan sebagian kecilnya dibuat di usus dan retina mata. Produksi hormon melatonin dipengaruhi oleh tingkat intensitas lingkungan  gelap, namun produksinya akan dihambat oleh adanya rangsangan luar seperti sinar yang terang dan medan elektromagnetik.

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar