Tes Uji Batu Permata Gemology

Minggu, Maret 31, 2013

Di kedalaman bumi tersimpan sebuah batu mulia, bahkan keberadaanya tersertakan urutan dan karakter atau khas yang menyertainya dari tiap negara. katakanlah semisal safir yang memiliki warna/i, selain biru atau merah maka batu itu dinamakan “fancy sapphire”. Warna yang paling ideal buat batu safir adalah biru langit dan birunya tidak boleh terlalu kental atau terlalu keputihan karena akan ngaruh dengan harga ?. Upsss..., pembeli wisatawan domestik kurang suka akan adanya keretakan ini di karenakan kurang menarik dan mengganggu kekuatan refraktif (pantulan cahaya dari dalam batu). Padahal yang asli seperti ini nih yang harganya mahal dan sangat di sukai oleh wisatawan luar negeri. Namun pembeli atau konsumen dari negara kita sendiri nih kurang suka akan adanya keretakan hal ini mungkin di karenakan sudah sangat ter-obsesi dan sudah terbiasa dengan pembelian harga murah tanpa melihat kualitas.
batu safier yellow imitasi dengan tanda bulat (gelembung) pada bagian dalam batu tersebut

Kukira lebih menarik jika mengoptimalkan kepengenalan / uji tes batu mulia permata. Dalam dunia perdagangan batu mulia sudah tidak heran lagi jika kita mendengar kekecewaan para pembeli batu mulia sebab kesalahan identifikasi dan tak punya pengetahuan akan hal tersebut, mari memulainya_


lihat fenomena yang ada pada batu permata berikut ini. Misalnya Star atau Bintangnya, hanya tampak pada bagian atas dan sangat rapi, terlebih batu safier biru yg bawah, juga pada batu merah tersebut bukanlah star karena alam, sedang biasanya pada batu safir atau ruby terdapat star yang jelas seolah berasal dari keseluruhan batu tersebut

 
batu imitasi palsu dengan nama American star
batu-batu permata semisal mirah, safir (saffier), dan lain-lain dengan
 susunan kimia tertentu dapat pula dibuat mirip dengan aslinya. Batu yang memenuhi syarat susunan kimianya disebut batu permata sintetis karena baik keras, berat jenis, dan lain-lainnya serupa dengan yang dihasilkan oleh alam. Orang dapat membedakan batu permata sintetis dengan batu permata asli hanya dengan mikroskop.

tapi secara umum Berat batu menunjukkan keaslian sebagian batu, bandingkanlah batu asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu. tetapi ada juga yang palsu lebih berat sekarang ini.???

Selain ada batu-batu permata sintetis (kunsmatige edelstenen), ada lagi semacam batu-batu permata tiruan yang dinamakan batu-batu permata imitasi. Batu-batu ini tidak mengandung susunan ilmiah seperti tampak pada batu-batu sintetis, melainkan dikerjakan pertama kali oleh pekerja-pekerja gelas (beling) di Mesir kuno. Bahannya terbuat dari gelas. Batu-batu imitasi ini sangat berbeda dengan batu-batu sintetis. Batu-batu sintetis mempunyai sifat fisik dan kimia yang sama dengan batu yang asli. Tetapi batu-bata imitasi tidak, yang mirip hanya warnanya saja.

Moissan Hannay  dan Noble berhasil membuat intan dalam ukuran kecil. Bukti-bukti ini mula-mula tak dapat dibantah. Akan tetapi, pada waktu sekarang dengan pesatnya ilmu pengetahuan dalam bidang kimia, optik modern, dan sinar X, hasil tersebut tidak sesuai lagi. Lebih-lebih lagi, semua percobaan yang dilakukan pada waktu itu untuk menciptakan intan tidak berhasil. Jadi, hingga saat ini belum ada suatu pendapat bahwa intan dapat dibuat dalam laboratorium. Namun, berbahan gelas yang juga suatu bahan keras yang dihasilkan oleh peleburan acidic oxide dengan beling. Tetapi acap kali dengan suatu oxida biasa pada suhu-suhu tinggi. Selanjutnya didinginkan dengan perlahan-lahan untuk mencegah formasi kristal-kristal yang mungkin dapat dilihat, demikian cerdas mesin mengolah batu sintetis, Batu-batu imitasi sangat murah jika dibandingkan dengan harga batu permata sintetis. Lebih-lebih dengan batu yang asli. Peniruan intan (berlian), zamrud, dan mirah asli dapat dibuat dengan cara dublet.


batu hasil masakan dengan ciri warna yang tidak dominan, sebagian biru kental sebagian biru lemah
Uji Tes Jenis Batu Permata PALSU
Tahun 1990 kita tetap dijajah oleh jepang sekaitan dengan beredarnya batu permata intan imitasi yang hampir memenuhi seluruh pasaran di Indonesia, menurut ahli permata dari pelbagai macam intan imitasi itu yang dianggap paling gawat ialah jevaliet. Batu ini demikian sempurnanya sehingga tampaknya sama benar dengan intan asli. Untuk jenis batu yang demikian, pemeriksaan sering tidak cukup dengan menggunakan kaca pembesar saja seperti yang lazim dimiliki oleh toko perhiasan.

contoh  Batu permata masakan dengan ciri tanpa serat namun tetap Kristal, /proses  sintesis, buatan pabrik

Perhatikan pula Berat Jenis, Batu permata umumnya  besar dan 
tidak terikat perhiasan, kita dapat menguji keasliannya dengan mencari berat jenisnya, berat jenis dapat membedakan batu yang satu dengan yang lainnya. Atau Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.


Mengantar membedakan  batu asli atau bukan mari mengenal  istilah berikut seperti Natural, Sintetis dan Imitasi.
Natural :Adalah batu permata yang terbuat secara alami oleh Alam, batu ini diperoleh secara alami kemudian dibentuk sebagai batu permata. Sintetis :Adalah batu permata yang dibuat secara Laboratorium, bahan materialnya sama dengan batu yang Natural atau origin. Berat jenis maupun karakteristik fisik nya sama. Ada juga batu Sintetis yang berasal batu Natural yang kurang bagus kemudian dilebur dipadatkan lagi menjadi batu permata. sedang  Imitasi yaitu jika batu Imitasi berbeda sama sekali dengan yang Asli, batu ini hanya tiruan saja. misalnya meniru warnanya. Kadang-kadang juga terbuat dari plastik. Dengan mengetahui kriteria di atas kita dapat membedakan bahwa batu tersebut apakah Asli / Natural / origin atau hanya Sintetis atau bahkan Imitasi. 

Ada beberapa cara untuk membedakan nya: Mengenal batu permata: alam , proses/sintesis, Imitasi. dipastikan bahwa : batu asli ada beberapa punya serat dan , Batu kristal asli sebenarnya tidak mempunyai serat, kecuali dia berasal dari fosil binatang atau pepohonan dll. Bila, misalnya, kristal terbentuk oleh udara (corundum — safir dan ruby), karbon (diamond) dan yang sejenis terjadi yang dalam bahasa Inggris disebut “fraction”, yaitu keretakan. Keretakan ini sering terlihat seperti serat-serat. Keretakan itu ada yang bisa dilihat dengan mata telanjang, dengan pembesaran (loupe) 10 kali pembesaran, juga ada yang hanya bisa dilihat dengan pembesaran 40 kali pembesaran atau lebih. Batu asli yang mempunyai keretakan tertinggi adalah diamond (kata orang Banjar intan atau berlian). Bila ada berlian bersih lagi transparent tanpa ada keretakan sebab kita hanya melihat dengan loupe 10 kali pembesaran, tapi kalau kita dengan 40 kali pembesaran atau lebih akan terlihat banyak keretakan di dalamnya.

Batu permata Asli diketahui dengan melihat serat-serat di dalamnya. Serat-serat inilah yang merupakan ciri khusus batu, Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat.
Perhatikan foto batu Safir dibawah, serat-serat batu safir akan kelihatan seperti sidik jari. Ciri ini yang biasanya untuk menentukan batu Asli safir atau Ruby.

Blue Saphire

safir
429554_3000980397127_1640843564_2791528_1677433737_n
Star Pada Saphire
Kembang pada Kalimaya


Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli***
Semoga Bermanfaat
 

Pandangan

Mengenai serat-serat pada batu permata, ini kebiasaan orang Banjar, Martapura, yang dalam bahasa Inggris disebut fibre, dalam menentukan batu permata asli atau tidak. meski demikian mancanegara kebanyakan tidak suka batu permata retak-retak, sebab mengganggu kekuatan refraktif (pantulan cahaya dari dalam batu). 

Banyak batu permata yang sangat-’sangat transparen yang dianggap batu sintetis (bisa jadi: dengan metode HPHT –high pressure high temperature atau Cultured atau ada teknologi yang terbaru), sebab dianggap tidak berserat (berarti palsu). Padahal sebenarnya asli, nah banyak yang dilarikan keluar negeri dan berharga mahal sekali.


Susunan ilmiah dari intan sudah diketahui, yakni dari zat arang atau kolstof. Lalu orang berusaha menyulap kolstof menjadi intan dengan bermacam-macam cara. 

Saat ini ada orang yang membuat batu mulia palsu dengan dilapis (double). Setelah diikat rapi, tampak bagus seperti gambar diatas. Dilihat dari atas dan samping tidak bisa terlihat sambungannya (lemnya). Banyak orang tertipu dengan cara ini, disengaja atau tidak hanya Tuhan yang mengetahuinya.

Merampungkan pengenalan anda dalam uji tes batu mulia permata : ketahuilan ciri, lurik ada pula yang menyebutnya akar /urat dari identitas tiap2 batu di setiap negara. 







Gbr A

Bagian atas adalah yang asli: Bagian tengah adalah lem perekat kaca atau lem yang berwarna gambar A, lem tersebut ditandai dengan garis hitam tebal. Bagian bawah adalah beling atau kaca, zircon atau bahan batu asli baik yang berwarna atau tidak. Dengan demikian, terciptalah berlian sintetis.

Gbr B
Tidak hanya berlian. Tetapi juga untuk segala macam batu mulia sintetis. Keaslian berlian dapat juga diperiksa dengan meneropong suatu titik hitam di atas kertas putih melalui berlian itu pada jarak tiga sentimeter. Bila batu itu asli, titik hitam diatas kertas akan tampak jelas, tetapi bila tampak sebagai lingkaran titik-titik, maka berlian itu palsu. Lihat gambar di bawah ini.

Perbedaan terpenting antara batu sintetis dan batu mulia asli adalah bahwa pada batu sintetis orang tidak dapat menciptakan kehidupan dan kejiwaan, seperti yang dimiliki oleh batu asli. Dengan sendirinya, khasiat yang dipercayai pada batu asli tidak ada pada batu sintetis. Perasaan hidup dan berjiwa tidak terciptakan dalam batu sintetis. 

terjelas ciri batu imitasi

BATU MASAKAN ATAU SINTETIS ATAU PROSES
Banyak batu permata yang sangat transparent seperti contoh gambar diatas di anggap sebagai batu sintetis , tidak berserat dan di anggap barang murahan serta gampang di produksi, namun banyak konsumen mengatakan batu ini palsu : mengenai perihal bahwa batu ini tetap asli batu namun telah melalui beberapa proses diantaranya HPPT. Beberapa di antaranya ada batu sintetis yang harganyapun tidak terlalu berbeda dengan yang batu asli, natural di karenakan semakin canggih tekhnologi pembuatan batu sehingga tingkat kekerasannya mendekati batu asli. Ingat, istilah sintetis BUKAN berarti batu tidak asli .

Bagi orang yang kurang memahami batu permata mulia, memang sulit membedakan tiga jenis batu permata itu, yaitu asli, sintetis, dan imitasi. Sebaiknya jika masih ragu-ragu, dapat menghubungi ahli emas intan yang dapat dipercaya. maaf jika terdapat kesalahan, tak lain kecuali (hanya) karena ingin berbagi_wassalam_
____________
Sumber: 
*Pouw Kioe An/ Han Sam Kay. Rahasia Batu Permata.Mandira.Semarang 1994
*Mineralogy oleh Cornelis Klein dan Cornelius S. Hurlbut, Jr, atau A Course of Mineralogy oleh V. Agol 
*International Gemological Laboratory (IGL) merupakan laboratorium gemology pertama yang didirikan di Indonesia pada tahun 1979.

You Might Also Like

24 comments

  1. tolong hub.081323797432
    saya ingin menguji keaslian batu kristal yg saya dapat dari alam, tepatnya jauh di atas gunung/hutan di daerah sulawesi tenggara..
    bentuknya seperti kristal taw intan..
    sangat bening..
    jika hasilnya positif, maka saya siap tuk memasarkannya...
    tolong infonya...

    BalasHapus
  2. Benar sekali gan sy setuju...banyak pedagang nakal walaupun tdk semua ...yg mengatakan batu permata asli natural dibilang sintetis.bagi para pemilik batu permata yg dikatakan sintetis jgn percaya dulu..uji terus batu permata anda..serat"/inklusi dpt anda temukan di internet dikeluarkan oleh swisslab gem ..inclusions for sapphire atau yang lain. Boleh jd permata anda itu origin tpi dikatakan sintetis krn pedagang akan mengambil keuntungan yg sebesar besarnya. Ingat artikel" yang memuat bahkan harga" yang dicantumkan kebanyakan menyesatkan..carilah informasi yg bisa dipercaya. Uji LAB pun demikian carilah yang bisa dipercaya. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. saya mau tanya,batu american star tergolong sintesis atau imitasi?

    BalasHapus
  4. Saya punya batu intan kerucut tapi saya tidak tau asli atau palsu .jumlahnya lumayan banyak ada 80 butir, yg jelas cirinya sama dgn yg asli di tempel kepipi terasa dingin dan bisa potong kaca, pantulan cahaya merata, warna bening bergaris seperti pisau dan ada bintik seperti garam . tolong kasih masukan batu intan yg saya punya asli atau sintetis atau pula palsu. Dan kalau ada yg mau saya mau menjualnyahp 082114992304

    BalasHapus
  5. Bakar or panaskan batu tersebut kemudian celupkan ke air dingi .kl batu asli tidak akan terjadi perobahan..jk batu sintetis maka batu tersebut akan retak..semoga bermamfaat

    BalasHapus
  6. wah....
    batu aslipun bila dipanaskan lalu didinginkan tiba2 akan pecah... :D
    hati2...

    BalasHapus
  7. Susah membedakan sintetis dan natural , mungkin dengan intuisi orang yang punya bakat supranatural. Bagaimanapun, batu asli itu umurnya dah jutaan tahun menghuni bumi dan tidak berubah kecuali secara alamiah, sehingga pasti akan memberi "nuansa" tersendiri bagi pemakainya...

    BalasHapus
  8. Sy punya batu wrn kuning jernih berserat sedikit, kt teman sy namanya yakut kuning atau safir kuning, apa bener penyebutan antara yakut kuning dan safir kuning itu jenis yg sama..! mohon info & pencerahannya

    BalasHapus
  9. banyak yang sok tau tentang batu, baca di website sono beda, di sini beda, lebih enak uji lab. tapi skrg tukang lab-nya juga bisa di sogok, pesenin batu yang diuji bisa jadi asli, akhirnya keluar sertifikat aslinya... jadi mendingan gak usah tanya batu asli ato kagak... ambil pribadi masing2 aja, mao retak, mao pecah seribu mao duaribu, mao ada bersinar2 kayak bintang enam-bintang tujuh, kalo situ pake cincin-nya enak, yaa pake aja... kalo nanti dihina2 orang gara2 pake batu palsu, biar aja... mau yang asli mah jgn pake batu, beli berlian beneran aja... di africa--- nonton dulu film nya leonardo di caprio, "Black Diamond" jadi kita tau berlian itu kayak gimana. mohon maaf kalo ada salah2 kata... salam sukses pake batu cincin... yang jelas website ini amat menarik..

    BalasHapus
  10. Ya, betul banget koment nya mau asli atau tidak kalo yang punya batu senang pake aja, biar orang mau katain apa aja. ok! Punten bilih nyinggung kana manah dulur-dulur sadaya.

    BalasHapus
  11. Gak semua batu natural punya serat .
    Aku sering dapat bongkahan bening tanpa serat walau dizoom 60×

    BalasHapus
  12. Setelah aku susah payah kubentuk cincin..mereka bilang sintetis,, sialan!!!
    LEBIH BAIK PARA PENGUJI BATU jgn asal-asalan ... Jgn cuma cari serat batu/ kekerasan batu/ atau gelembung pada batu..
    (Kecubung natural juga ada gelembung)

    BalasHapus
  13. jual batu jahanam loloda 500 ribu sekilo berbentuh bongkahan seukuran bungkus rokok dan macam2 batuan dari haltim yang berbentuk bongkahan setengah jadi atau rough. hubungi margono 085257962196 atau pin bb 54291AA5

    BalasHapus
  14. lagian batu mulia tergantung selera pemakai walau mahal tp aku gak suka mau kenapa? walau murah tp aku cinta ama tuh batu kenapa juga,,,? kalo ada yg hina batu aku tonjok aja emang kenapa? perkara batu aja jadi pd sotoy hehehe

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Blue topaz termasuk batu apa

    BalasHapus
  18. JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA)

    Daftar harga sebagai berikut;
    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta 200 Ribu
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ BACAN PALAMEA DARI HALMAHERA (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 200 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 200 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Hasil tambang sendiri
    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
    – Kualitas super kristal, sudah tembus
    – Sudah tembus
    – Beberapa titik sudah ada yang kristal
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    No.HP 082189042547
    PIN BB: 53DD0682

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    No.HP 082189042547
    PIN BB: 53DD0682

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan

    BalasHapus
  19. *JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI DARI MALUKU UTARA*
    (Chrysocolla chalcedony,Living Stone,Gem silica)
    galian tanjung gulau (pulau kasiruta) halmahera selatan,maluku utara

    No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

    *BACAN DOKO SUPER*
    ================
    *Berat 1 ons Rp 500.000
    *Berat 5 ons Rp 1.250.000
    *Berat 1 kg Rp 2.500.000
    *Berat 2 kG Rp 4.250,000
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    *BACAN PALAMEA*
    ==============
    *Berat 1 ons Rp 500.000
    *Berat 5 ons Rp 1.000.000
    *Berat 1 kg Rp 2.000,000
    *Berat 2 Kg Rp 4.000,000
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    KONDISI BATU
    ============

    * Natural (no treatment) asli bukan sintetis
    * Bahan tua galian tambang sendiri
    * Keras & Padat
    * Siap Gosok
    * Full daging tanpa kapur
    * Kualitas super krystal
    * Mineral (chysocolla chalcedony)

    Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
    Kami juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
    Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungi/sms

    No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86


    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:

    No Hp : 082347225054 ==###== PIN BB : 2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan.

    BalasHapus
  20. Jual bongkahan batu bacan asli dari ternate,barang udah tembus cahaya dan keras dan padat semua tidak ada yang luntur ,mudah di bentuk ,kami menjual bacan doko super kristal dan palamea
    hub;082337053753
    pin BB:21E2B4FF
    Bongkahan Batu Bacan Asli Ternate

    Doko
    Super Keristal
    Palamea

    1 Ons Rp 750rbu
    5 Ons Rp 2,5juta
    1 Kg Rp 5,7juta

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung hubungi
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara
    kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di
    luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman
    seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,jika barang sudah kami kirim,kami berikan
    no.resi pengiriman barang yang anda pesan

    BalasHapus
  21. 12345qwerAJUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images