Istilah dalam Musik dan seni Vokal /suara

Senin, Mei 20, 2013

Istilah yang menjelaskan tentang unsur vokal dan  musik, catatan ini kami kumpulkan saja dari istilah yang sering kami gunakan secara intern pada band kalimaya aqustik saat prosesi latihan, terharapkan memberi pengembangan dan penerapan dalam metode juga penguatan akan analisis keterkaitan antara notasi musik dan pembawaan bermain musik. sedang vocal sering kami identikkan sebagai : alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia_ sedang istilah yang sering kami gunakan dlm pengertian  Melodi maksudnya  (adalah) urutan nada dan jangka waktu nada. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut). Melodi terbentuk dari sebuah rangkaian nada secara horisontal. Unit terkecil dari melodi adalah Motif. Motif adalah tiga nada atau lebih yang memiliki maksud atau makna musikal. sedang TEKNIK VOCAL adalah : Cara memproduksi suara yang baik dan benar, sehingga suara yang keluar terdengar jelas, indah, merdu, dan nyaring.

 Seni Musik > berikut ini beberapa istilah dalam komponen bermain musik yang sering kami gunakan dalam prosesi latihan.
1. Interlude : melodi yang dimainkan ditengah lagu
2. Intro : melodi pembuka sebelum lagu dimulai
3. Interlude : melodi yang dimainkan ditengah lagu
4. Bending note : Nada yang meliuk ( ciri khas dari musik blues )
5. Bar : Pengelompokan ketukan-ketukan dalam hitungan genap atau ganjil.
6. Ballad :- Lagu bercerita, - Lagu yang berirama lambat.
7. Rest : Tanda istirahat , semua instrument musik tidak di mainkan.
8. Root : Nada pertama scale atau nada dasar chord.
9. Rubato :Tehknik memainkan melodi tampa mematuhi nilai nada-nada agar dapat bermain dengan penuh perasaan.
10. Syncopation : Irama yang ditandai dengan aksen-aksen kuat pada nada-nada yang semestinya ber-aksen lemah.
11.  Improvisasi : usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya

       Musik dalam nada sebagai ketentuan  bunyi adalah irama yang beraturan, yaitu memiliki  frekuensi tunggal tertentu. yang memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan.

Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Perbedaan tala antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dalam teori musik diatonis barat diidentifikasikan menjadi 12 nada yang masing-masing diberi nama yaitu nada C,D,E,F,G,A dan B. Serta nada-nada kromatis yaitu Cis/Des, Dis/Es, Fis/Ges, Gis/As, dan Ais/Bes. Istilah "nada" sering dipertukarkan penggunaannya dengan "not", walaupun kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti.

Beberapa Teori musik diatas merupakan cabang ilmu dalam cakupan  untuk menganalisis maupun menggubah musik, sedang teori tentang istilah dalam seni suara  mencakup se-misal Suara

Seni Suara Vokal : Teori menjelaskan bagaimana suara dinotasikan atau dituliskan dan bagaimana suara tersebut ditangkap dalam benak pendengarnya. Dalam vokal /suara manusia, gelombang suara biasanya dibahas tidak dalam panjang gelombangnya  maupun  periodenya, melainkan dalam  frekuensinya. Aspek-aspek dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam  tala  (Inggris:  pitch, yaitu tinggi nada), durasi (berapa lama suara ada), intensitas, dan timbre (warna bunyi) atau nada

Vibrato : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
Alto : Suara tinggi pria yang tidak umum
Resonansi : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
Phrasering : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar
Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Artikulasi : cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas
Ambitus Suara :luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Improvisasi : usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian notasi lagu dengan profesional, tanpa merubah atau tanpa ganjil terdengar dari nada dasarnya
________
Sumber > (mengumpulkan sari dari istilah yang biasa kami gunakan dalam proses latihan pada intern "Kalimaya Band"_ sebagai tambahan saja berikut  Profil Band “Kalimaya Aqustic”

Warna / genre music : Bossas, jazz, Blues, pop rock hingga regge, serupa filosofi dari banyak warna/i sebuah batu mulia yang bernama “Kalimaya/ Oval “, keadaan crew dalam factor usia rata-rata berumuran 40-an kecuali player drum yang berumuran 34-tahun, “ada dalam kelompok band” atau keberadaan “kalimaya Aqustic”, pada awalnya hanya mempertemukan perspektif dalam rasa seni bermain music, dan dalam proses konstalasi perkembangan terakhir telah menyelesaikan sejumlah volume 7 jam lagu dalam setiap tawaran pementasan dengan se-jumlah lagu 27 (sementara) dari segala jenis genre music yang kami sebutkan tadi dengan para Seniman : Vokalis sebanyak 4 pria dan 2 orang wanita (Sang Baco, Azzam, Jum, Yanti, Ivan, Anchi ), sedang Player Bass pada Dizho, Drum Sandy , Gitaris A’al dan Ubin serta Okem dan Iwan pada Kybord.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images