skripsi Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Agama Islam

Rabu, September 04, 2013

Dalam pendidikan agama Islam, maka tanda keberrhasilan tarbiyah ketika pembelajar me-prioritaskan dirinya untuk kehidupan akhirat, dan ia memandang sebagai mana hadits : bahwa hidup ini penjara bagi kaum mukminin dan surga bagi kaum kafirin. Apakah Allah SWT tidak tahu atau suka jika kau sangat mencintai dunia ?. Implemetasi " Tunjukkanlah saya jalan yang lurus....dst". maksudnya bagaimana kamu hidup hati2 dengan terus merasa di awasi dan bersandar pada Allah SWT, dan istiqamah menggunakan segalanya pikiran dan tenaga untuk kehidupan akhirat. Camkan ini...


_______
Fak/Jurusan : Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Agama Islam
Judul Draft : Hubungan antara Motivasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar siswa di SD NO

KOMPOSISI BAB
BAB I  PENDAHULUAN
        A   Latar Belakang Masalah
        B   Rumusan Masalah
        C   Hipotesis
        D   Pengertian Operasional
        E   Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Tinjauan Tentang Motivasi Orang Tua
1. Pengertian Motivasi Orang Tua
2. Jenis-jenis Motivasi
3. Bentuk-bentuk Motivasi Orang Tua
B. Tinjauan Prestasi Belajar Siswa
1. Pengertian prestasi belajar
2. Faktor – Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak
C. Hubungan antara Motivasi Orang tua dengan Prestasi Belajar Siswa
1.               Menumbuhkan Anak Berbakti Pada Orang Tua
2.               Menumbuhkan Prestasi Belajar Yang Efektif
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Populasi dan Sampel
B.  Instrumen Penelitian
C.  Metode Pengumpulan Data         
D. Teknik Analisis Data
BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Penutup
DAFTAR PUSTAKA


ABSTRAK 

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Karakter Religius Siswa Di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Ali Maksum, NIM. 1721143275. jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata kunci: Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan yang hanya mengutamakan potensi ranah kognitif saja, tetapi lemah dari segi afektif dan psikomotorik. Dampak hal ini diantaranya peserta didik pandai tetapi belum tentu memiliki perilaku yang mulia. Pembentukkan karakter religius sangat penting diimplementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya di sekolah untuk merubah perilaku peserta didik yang kurang baik menjadi baik atau mempunyai akhlak al karimah. Untuk mewujudkan perilaku yang baik dan mulia dalam diri peserta didik, maka di sekolah perlu diadakan pembentukkan karakter religius. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap karakter religius siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap cinta damai ? (2) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap toleransi ? (3) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap ikhlas ? (4) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap cinta damai, toleransi, ikhlas ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan dengan populasi seluruh siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, yang terdiri dari 1123 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 168 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sedangkan variabel terikatnya adalah Karakter Religius siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenita dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 19.0. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap cinta damai siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap toleransi siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung.(3) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap ikhlas siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (4) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap cinta damai, toleransi, ikhlas siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Semuanya ditunjukkan oleh hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Keseluruhan download / search > http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8256/

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images