Prasangka Baik merupakan Ibadah Batin

Minggu, Maret 15, 2015

Item prasangka baik, yang langsung terasa bahagianya dengan prinsip keyakinan bahwa Allah Maha Mengetahui, juga bahwa "ia Zat yang merubah taqdir karena (dengan) doa, dan ia pula Zat yang berkehendak dan tak ada selain-Nya"_Inilah hal sederhana dalam nikmat hidup, ya dengan cara memupuk "prasangka baik" pada Allah, hal ini merupa jalan lurus menuju kedamaian hidup, ketenangan jiwa  ketentraman batin, mengapa ?, 

: Sebab kita akan terbebas dari gangguan pikiran yang membebani, mengotori nurani bahkan (mungkin) me-lelah-kan fisik, dengan bersangka baik maka saat itu pula Allah SWT menolong, memudahkan. 

Sebuah realita akan terjadi dikemudian hari, sedang Allah SWT adalah Al-Iradah / ia Zat Yang Maha Berkehendak, sebaliknya jika buruk sangka, maka buruk pula realita yang akan kita jumpai. Karena Allah akan selalu mengikuti prasangka hamba terhadap- Nya.

Aku menuruti prasangka hambaku terhadapKu, maka silahkan untuk
berprasangka sesuai apa yang dikehendaki.(Ad-Darimi) 


Dengan ini pula doa mudah dikabulkan, Ibadah mudah dijalankan dan tanpa mengeluh, karena Syarat doa dikabulkan ialah berprasangka baik, yaitu keyakinan hati bahwa Allah SWT akan mengabulkan dan memberikan yang terbaik. sungguh bahwa orang yang baik dan berbaik sangka pada Allah, akan mendapatkan balasan, sedang Allah tidak akan mengingkari janji.

Aku menuruti prasangka hamba terhadapKu, jika Ia berprasangka baik terhadapKu, maka baginya kebaikan, maka jangan berprasangka terhadap Allah kecuali kebaikan. ( HR-Bukhori)

Dalam baik sangka resapkanlah energi positif yang merubah beban berat menjadi ringan, problema yang sulit akan teratasi. iman ber-emulsi dengan kuat, sehingga kegamangan hidup akan berubah menjadi sebuah kedamaian yang tiada batas, hingga kekentalan keyakinan (kelak) tidak tercampur keraguan, persangka baik pada Allah merupakan kebenaran Syariat-Nya, hingga seorang Muslim akan ridha dengan segala ketentuan-Nya.

 Janganlah salah satu diantara kalian mati, kecuali berprasangka baik terhadap Allah. (HR-Muslim)

Semoga Allah SWT memberikan kita hati yang mudah berprasangka baik terhadap-Nya, Aamiin Yaa Robbal 'alamiin._perihal sebaliknya diingatkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam dalam sabda: 

"Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan,  Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi".

(diriwayatkan oleh Al-Bukhari hadits no. 6064 dan Muslim hadits no. 2563 [2] dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara [3]. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari hadits no. 6064 dan Muslim hadits no. 2563.

Macam-macam prasangka baik
Ikhlas segala ketetapannya sebagai keputusan yang terbaik buat kita karena yakin bahwa Allah akan selalu memberikan yang terbaik bagi hambanya jika ia berprasangka baik, tetapi jika ia berprasangka buruk, maka allah pun akan memberikan keburukan kepada nya,

Allah berfirman :" Aku mengikuti sangkaan hamba-hambaku jika ia berprasangka baik, maka kebaikanlah baginya, dan jika ia berprasangka buruk, maka keburukanlah baginya". (HR. Ahmad dan Ibnu hiban)

Contoh efek Prasangka baik pada Allah : Allah akan kabulkan doa-doa hambanya, Allah ampuni dosa-dosa kita, Allah akan selalu memberi petunjuk, Allah selalu memberi rizki, dan bangunan prasang baik ini merupakan ciri keimanan dan insyaallah ia akan beribadah dgn baik, juga prasangka baik Terhadap Sesama Manusia. sebagaimana firman Allah :" Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara karena itu damaikanlah anatara. Kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat".
(QS. AL-Hujarat :10)

Baik sangka pula Terhadap Diri Sendiri
Berfikir positif terhadap diri sendiri. Tidak boleh terlintas di dalam fikiran bahwa dirinya lemah, bodoh, miskin dan lain-lain, yang akan membuat lemah dirinya. Karena melalui sikap seperti inilah seorang muslim bisa menghadapi hidup dengan penuh harapan dan tidak pernah putus asa, karena putus asa itu adakah sifat orang kafir orang yang beriman itu hidupnya selalu optimis karena ke imanannya itu merupakan modal yang sangat besar untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Hikmah prasangka baik pada Allah
0rang yang selalu menjaga hubungan dengan Allah dan hubungan sesama manusia dengan husnudzan, maka banyak hikmah yang akan di peroleh antara lain:
1. Akan semakin mendekatkan diri kepada allah sehingga rajin beribadah.
2. Banyak kerabat dan teman yang semakin akrab dan simpati padanya.
3. Akan banyak mendapat pertolongan dan petunjuk dari allah dan dari sesamanya jika menghadapi keulitan.
4. Akan selalu di segani dan di hormati serta rizki-Nya murah
_
Ambisi Diri Hambatan Prasangka Baik 
Keinginan kuat terhadap sesuatu atau  ambisius, merusak ibadah batin sebab tujuan bagi orang ambisius bisa mengorbankan banyak hal, termasuk kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan diri sendiri dan orang lain. Para pecandu ambisi cenderung sudah memikirkan bahwa sesuatu akan selalu sukses, sempurna, dan membuatnya bahagia. fakta bahwa orang ambisius pun tak selalu sukses dan mendapat hasil sesuai keinginan. Ini bisa menimbulkan kecemasan, panik, dan neurotik atau gangguan pada urat saraf. Bahkan, Anda berisiko alami depresi bila menghadapi kegagalan. 

 Orang ambisius juga hanya tertarik pada hasil daripada proses, sehingga membuat mereka bekerja sangat cepat, terburu-buru, mudah marah pada orang lain, dan menjadi sangat sibuk. Tak jarang, Anda pun merasa iri bila orang lain lebih sukses atau melakukan sesuatu lebih baik, apalagi ketika pesaing tampak lebih baik, sungguh dampak semua sangat "merusak persangkaan baik dan menjauhkan dari sukses mersakan nikmat ibadah batin." Ambisi diri kontan  terasa melelahkan, merusak tubuh dan pikiran, selalu gelisah, sering merasa harus bertarung, menimbulkan stres, bahkan meningkatkan risiko serangan jantung atau strok. wassalam semoga bermanfaat_
____
Sangbaco.web.id_maret|14|2015
Prasangka Baik merupakan Ibadah Batin_Judul.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images