Hantu Terbang atau "Poppo" dari Makassar

Sabtu, Maret 09, 2019

Misteri mistik hantu terbang Poppo dari Makassar, menurut kisahnya, merupakan manusia jadi-jadian yang terbang dengan hanya kepala dan usus yang terburai, tanpa badan dan kaki, karenanya ia ringan maka bisa terbang, kenanglah maka ia di dekatmu. Ia hantu terbang poppo awal keluar dari rumahnya, melalui bubungan rumah, dengan kekuatan bagai separuh kelelawar memangsa buah-buahan matang juga mengisap darah ternak seperti sapi.


Keterangan : buah matang seperti mangga yang telah di hisap sarinya oleh hantu terbang ini, menyisakan buah seolah utuh yang tergelatak di tanah namun tersisa hanya kulit dan bijinya saja. Sedang sapi juga kerbau akan menjadi kurus, dan merupakan gangguan bagi peternak yang menyimpan sapinya di kolom rumah atau di mana kandang kerbau berada.

Katanya " kami benar-benar ringan dalam melintasi pohon ke pohon hingga ke-bubungan rumah. jangan alihkan perhatianmu, sebab :Poppo". Demikian masyarakat Makassar Sulawesi Selatan menyebutnya, poppo ini bisa terbang, memang setengah manusia dalam setiap saatnya, saat berbaur dengan masyarakat lokal setempat.

kisah hantu makassar poppo terbang

"pog..pog..pog.." demikian suaranya  resap terdengar,  dan gerayangan ketika malam angin bertiup dingin dan menggoyang seluruh daun, sangat khusyu alam lain mengantar malam larut, seruang lolongan anjing yang aneh dan panjang, lolongan serupa pekik serigala bahkan lolongannya lebih dari ke-dalaman terdengar, dan anjing semisal ini, masyarakat menyebutnya dengan "Asu Panting" (bahasa Bugis terjemahnya: lolongan pencabut bulu kuduk), serupa sugesti..., tak tertahan, bulu kudukpun merinding di sekujur tubuh dan sebab ketakutan ini, para penghuni rumah spontan memeriksa kunci pintu dan menutup jendela, doa doapun digelar dan dzikir_

Berselang kelam asu panting /lolongan anjing misterius yang terdengar itu melemah dan perlahan, namun jangan menapikannya, sebab kesekian kalinya usai lolongan tersebut, terdengar langkah mengendap-endap mengantarai desah terdengar jelas ..., tiba-tiba sebuah jerit, nyawapun mengerang…..dan sebuah tubuh terbujur kaku, terdengar tawa memecah sunyi.., seakan membongkar segala pintu yang baru saja terkunci rapat, tapi awaslah...mungkin ia ada di bubung rumahmu, (membaca /mengingat hal ini biasa terjadi) terlebih ketika instingmu mengatakan demikian..!!, ia benar suka "maddokko" /bertelekan di tiang atap bubung rumah

Poppo dalam penjelasan keadaan : seseorang dengan hanya kepala disertai usus yang dipenuhi darah segar dan terbang melintasi pohon juga kadang tampak melesat di luar jendela, dan sesekali singgah seolah berkuda-kuda tepat di atas bubungan rumah bagian depan, atau dalam teks Bahasa Bugis,

" luttui nennia mitti-mittiI' darana, nakko leppangi coppo bolae nattujui, nagongko mettoi bolae, makkinnyarang ri coppona, nakko diolliI' no, naia kia dipau aseng si tongengtongenna , mattuddui nappa lokka, nasaba siri'.

 ( terjemahnya : bila malam hari manusia poppo ini akan terbang mencari buah-buahan atau mangsa lainnya. Dan sebelum terbang, dia menyimpan jeroannya di pammakang (lantai atas rumahnya/tempat menyimpan padi).

Ada 2 macam manusia aneh poppo, pertama manusia poppo sallang, jenis poppo ini berbahaya karena sangat dan bisa memangsa orang-orang yang sedang sakit juga suka makan jabang bayi atau bayi yang baru lahir bersama dengan ari-arinya, dan yang kedua adalah poppo mandala, jenis ini tidak berbahaya, karena yang ia cari hanyalah buah-buahan pada malam hari, hasil buruannya, kami temu saat mencari mangga jatuh dan hanya menemu buah mangga dengan kulit utuh tapi tanpa isi.

 kisah misteri hantu terbang poppo makassar

*Asbab tabu karena Poppo/ manusia terbang, Sebab keberadaan poppo inilah sehingga masyarakat sulawesi Selatan, menganggap tabu jika sebuah rumah tidak mempunyai timpa laja, dalam bahasa Bugis, dan disebut timba sila dalam bahasa Makassar, atau penutup bubungan rumah berbentuk segitiga, (daerah tertentu terdapat sebuah perkampungan Poppo di Sulawesi Selatan, (menghindari fitnah identitas nama kampung tidak dapat kami sebutkan) : berdasarkan hasil penelusuran jejak minggu ini, ketika seseorang telah menutup mata dengan perut tanpa usus, menyemarakkan bahan penelusuran kami tentang poppo, hal ini sangat banyak kami temukan sumber/referensi dengan dialog keterangan yang sama. Penyebab awal mengantarai keberadaan makhluk gentayangan ini adalah penerimaan sebuah ilmu salah yang (perkiraan sementara) seolah dikait-kaitkan dengan pahaman animisme atau istilah bahasa daerah sering di identikkan dengan attoriolong.

Poppp bukan manusia dengan badan yang utuh, jika singgah di bubungan rumah atau diatas pohon besar, sungguh nyaring suaranya terdenger "pok..!pok...,pok..."seperti suara orang tercekik dan hendak membalas dendam, manusia aneh yang disebut dengan Poppo ini adalah seseorang yang mempunyai kemampuan bisa terbang ke udara. Kemampuan ini dimiliki karena orang tersebut menguasai ilmu Poppo dan biasanya dipelajari berdasaran turun temurun, juga karena keterikatan keturunan yang harus mewaris atau menjadi poppo__penulis kaimuddin mbck_2004

~~~~
Terawang hantu Poppo /manusia terbang_ "Poppo " dari Makassar Sulawesi Selatan
Original content blog sangbaco.web.id.

You Might Also Like

8 comments

  1. saya orang bugis enrekang,, tapi sekarang menetap di Jayapura,, sering saya mendengar tentang makhluk ini,, dan sekitar kompleks yang saya tinggali sering terdengar suara 'pok..pok..',, bisa kasih ciri2 keseharian orang yang punya ilmu ini ?? Supaya lebih waspada saja..

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. menurut yang saya ketahui anda taburkan garam ka poppo tersebut....insya allah dia akan lari

    BalasHapus
  3. ada yang tau dimana bisa temukan poppo' atau alamatnya sekalian

    BalasHapus
  4. Halo, maaf ya anonymus. Aku perempuan umurku (17) sekolah: sman 3 plp. Aku besar di jakarta, tp harus pindah ke palopo krn tugas ortu. Udh 1 tahun menetap di plp, rasanya agak aneh mendengar cerita, sejarah di daerah ini. Mau tdk mau saya hrs percaya. Sudah 15 thn saya besar di jakarta. Pasti saya susah beradaptasi apalagi kota kecil ini. Jujur, saya prnh dengar suara pok..pok..pok.. Menjelang subuh (sblm azan)kala itu saya haid pertama. Saya sedang di kamar mandi. Tdk lama setelah saya membersihkan, saya dengar suara itu. Tolong bisa anda sarankan bagaimana menghindari hal tsb. Thanks:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Al-fatiha ayat kursy, (al ikhlasal falaq annas dibacakan terus ditiupak ketangan kmudian usapkan keseluruh tubuh).. jika anda muslim.. sya sudh buktikan sendiri waktu ngeruqyah orng yg nganut ilmu ini.. Perlindungan Allah ga bisa d tembus sama ilmu apapun

      Hapus
    2. Ayatul kursi, al fatihah, al ikhlas, al falaq, an nas dibaca lalu ditiupkan ke 2 tapak tangan lalu diusapkan ke sekujur tubuh di malam hari. Perisai ini ajaran Rasulullah SAW dan tdk bisa diganggu dan ditembus oleh ilmu hitam maupun jin dan syaitan.

      Hapus
  5. Bagaimana ciri" popo pada saat jadi manusia??

    BalasHapus
  6. Bgmna ciri ciri Poppo saat jd manusia utuh kembali

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images