Ujian Nasional dan kiat sukses 2013

Prosesi Ujian negara tahun ini, aturan menghendaki pengawasnya datang lebih pagi yaitu jam 6.30 , sedang siswanya jam 07.00 dah ngisi biodata, tata tertib tidak banyak berubah, kecuali waktu yg lebih cepat setengah jam. Ujian Nasional (UN) positif digelar senin 15 April 2013 mendatang, sedang kisi-kisi soal pada akhir bulan Nopember, oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud menargetkan akan menyelesaikan kisi-kisi soal ujian nasional sebulan lebih awal. Hal itu dilakukan dengan pertimbangan bahwa Ujian Nasional 2013 akan menggunakan 20 paket soal, sehingga menuntut persiapan yang lebih. Namun tidak serta merta Balitbang dapat mensosialisasikan kisi-kisi soal itu setelah selesai nanti, karena mereka harus mendapat “restu” dari BSNP yang merupakan badan yang bertanggung jawab besar pada pelaksanaan UN 2013. Karena, secara teknisnya Kemendikbud hanya berwenang memberikan konsep atau draft kisi-kisi UN 2013 saja. Setelah disetujui BNSP, nantinya masyarakat dapat mengunduh atau download kisi-kisi soal Ujian Nasional 2013 di situs Kemdiknas.



Ketua Dewan Pendidikan Jatim Zainudin Maliki mengungkapkan,usaha pemerintah dalam pelaksanaan UN kali ini bukan merupakan perbaikan,melainkan pengetatan. Sebab, dari seluruh mekanisme yang ada, seperti naskah soal berbeda tiap peserta merupakan usaha untuk memperketat. “Kalau perbaikan dan ingin melatih kejujuran,kenapa tidak disamakan dan peserta mengerjakan tanpa harus ada pengawasan,”.

Paparan persiapan Ujian Nasional
Selain itu, pengamanan pengiriman soal juga dilakukan seperti pelaksanaan tahun-tahun lalu. Lebih lanjut profesor yang mengajar Universitas Negeri Yogyakarta menjelaskan, terjadi beberapa perubahan pada teknis UN mendatang.Perubahan itu antara lain,tiap peserta dalam satu ruang ujian menerima naskah soal berbeda, sanksi diberlakukan tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi pengawas. Selain itu, LJUN yang melekat pada naskah soal, dan soal cadangan UN terdapat satu per ruang kelas.

Dengan demikian, LJUN ini tidak mungkin tertukar dengan naskah soal lain.Selain itu,jika ada naskah yang rusak, pengawas bisa segera menggantinya. “Tapi kalau ternyata yang rusak lebih dari satu, pantia nanti dapat mengambilnya dari ruang kelas berbeda.Bahkan jika dari beberapa kelas dalam satu sekolah tidak cukup untuk mengganti naskah rusak,maka panitia bisa mengambil dari cadangan sekolah lain,”terang Djemari.

Namun,ucap dia,ada sedikit keresahan yang sedang dibahas ditingkat pusat, yakni pengiriman soal untuk daerah-daerah kepulauan. Sesuai rencana, pengiriam soal di daerah-daerah terpencil akan dilakukan secara khusus.Artinya,soal-soal untuk daerah kepulauan akan dikirim lebih dulu.“Kemungkinan dicetak lebih dulu,tetapi soalnya beda dengan cetakan terakhir,” terang Djemari.

Selain itu, BNSP saat ini sedang menggodok usulan daerah- daerah untuk mencetakan soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) didaerah masing- masing. Nantinya akan ada rayon-rayon lokasi percetaan di provinsi.“Usulan daerah ini akan kami sampaikan ke pusat. Percetakan di Jatim juga bisa direalisasi,”ungkapnya. Kombes Pol Puji Astuti mengatakan, pihaknya belum bisa menentukan jumlah personel yang akan diturunkan.

Pasalnya, hingga saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI belum memberikan petunjuk yang jelas.Polda, ungkap dia,masih menunggu kepastian rencana yang akan dilakukan kementerian.“ Kita masih menunggu rencana pemerintah,sekarang kita tidak bisa melangkah,”katanya. Puji menuturkan,dari hasil pengalaman tahun-tahun lalu, potensi kebocoran soal terjadi saat pengiriman, bukan pada saat proses mencetak soal.

Untuk itu, aparat kepolisian akan disiagakan melakukan pengawasan dengan baik. Bahkan, ada kewajiban bagi aparat yang kebagian jaga untuk melaporkan kondisi soal selama 2x24 jam.“Kami akan melakukan antisipasi, tetapi soal jumlah personel kami belum bisa menentukan,” papar mantan Kepala Humas Polda Jatim ini. Sementara itu,Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Harun menyatakan, daerah masih kebingungan dengan kebijakan yang diterapkan pemerintah.

Meurut dia, ketentuan yang diterapkan saat ini banyak kelemahannya.Diantaranya jumlah soal cadangan yang hanya diberi satu paket saja.Padahal,dalam pengiriman kemungkinan lembar soal salah sangat besar,apalagi percetakan yang dipergunakan jauh dari daerah.“Dengan pengiriman soal jarak jauh, kemungkinan rusak banyak, kenapa hanya satu paket soal cadangan,” tanya dia.

Dalam aturan,ungkap Mantan Kepala Disbudpar Jatim ini, kekurangan soal bisa di fotokopi, tetapi yang perlu diketahui tidak semua daerah tersedia fotokopi,misalnya di daerah kepulauan. Didaerah tersebut belum tentu tersedia fotokopi.“ Apa ini juga diketahui oleh pusat.Kondisi daerah kan berbeda-beda,”papar Harun.

Berikut adalah catatan by : http://catatan-harian-fathan.blogspot.com/2013/01/tips-sukseslulus-menghadapi-ujian.html

Tips dan trik kiat sukses lulus ujian nasional 2013.
Persiapan Beberapa bulan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional 2013:
  1. Sebelum waktu ujian di mulai nanti, alangkah lebih baiknya kita mempersiapkan diri anda baik itu secara fisik dan mental. dan juga tak lupa Jaga kesehatan dan motivasi diri Anda untuk sukses dalam Ujian.
  2. Atur dan tingkatkan metode belajar Anda dengan lebih giat lagi dalam belajar. Jadwalkan waktu belajar Anda dan cari metode belajar yang cocok untuk Anda. Anda dapat belajar bersama teman atau kelompok belajar atau ikut les seperti (PRIMAGAMA, GANESHA OPERATION, CERMAT INSTITUTE,) atau kursus untuk meningkatkan kemampuan Anda.
  3. Cari tahu format Ujian Nasional dan Carilah copian ujian nasional yang lalu. Anda boleh gunakan Internet untuk memilih dari begitu banyak contoh-contoh soal UN.
  4. Latihlah diri Anda menjawab soal-soal ujian dan uji kemampuan Anda dengan mencocokkan dengan jawaban yang benar.
Persiapan Beberapa Hari sebelum Ujian Nasional 2013:
  1. yang kedua yaitu Persiapan Beberapa Hari sebelum Ujian Nasional 2013, dalam hal ini Persiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan dalam proses ujian termasuk alat-alat tulis, kartu ujian, pakaian seragam dan sebagainya.
  2. Cari tahu pasti kapan dan di mana ujian Anda dilaksanakan.
  3. Istirahat yang cukup setiap malam, agar Anda bisa Fit pada hari ujian.
  4. Gelar doa bersama demi kelulusan.
Pada Saat Ujian Nasional 2013 berlangsung:
  1. Alangkah lebih baiknya kita datanglah lebih awal ke tempat ujian, sehingga Anda tidak tergesa-gesa dan punya waktu cukup untuk memulai ujian serta bisa mempersiapkan segalanya.
  2. bersikap Tenang dan jangan tegang/Panik, berdoa solusinya sehingga dapat membuat Anda lebih siap menghadapi Ujian.
  3. Bacalah terlebih dahulu instruksi atau perintah ujian dan tanyakan kepada pengawas jika ada yang kurang jelas.
  4. Dahulukan mengisi soal-soal yang lebih mudah, agar Anda dapat menggunakan waktu ujian yang diberikan dengan efisien.
  5. Isilah Lembar jawaban dengan hati-hati, agar menghindari kesalahan pengisian yang dapat membuang waktu Anda.
  6. Jika masih ada waktu setelah Anda selesai mengisi soal, periksalah kembali jawaban Anda untuk mengoreksi jika masih ada yang salah.
Setelah Ujian nasional 2013 selesai:
  1. Tutup waktu selesai Ujian nasional 2013 dengan doa, karena Anda telah berusaha, selebihnya serahkan kepada Yang Maha Kuasa yang berkehendak.
  2. Jika Anda berhasil lulus Ujian, Selamat!
  3. Jika tidak sesuai apa yang Anda harapkan, Ingat bahwa ini bukanlah akhir dari hidup Anda. Jika ada kesempatan mengulang, tingkatkan usaha dan kemampuan Anda!
searing persiapan ujian nasional di sma negeri 6 bontoa kab.Maros
DOA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SEKOLAH
Berikut adalah doa yang insya Allah MENGANTAR pada kesuksesan, PUN DI INGATKAN BAHWA kita  jangan hanya berdoa saja TETAPI DIBARENGI dengan usaha sebagai ketercukupan ridha allah atas keberhasilanmu, tidak mungkin kesuksesan akan tercapai jika hanya usaha saja atau berdoa saja, kedua hal tersebut harus kita lakukan untuk tiba pada keberhasilan /  kesuksesan yang maksimal

Doa ketika menghadapi Ujian 
*Allahummaj'allumi wal imtihanaati minannasihiina, 
artinya : Ya Allah jadikanlah belajar & ujianku berada dalam keberhasilan.

*Bismillah, Allaahumma ‘allimnii bimaa 
yanfa’unii wanfa’nii bimaa ‘allamtanii innaka antal ‘aliimulkhabiiru
“Ya Allah, ajarilah aku akan segala hal yang bermanfaat bagiku dan berilah manfaat semua pengetahuan yang telah aku pelajari. Sungguh Engkau Zat Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana ”
 
dan doa lain yang secara umum di lafaskan / kita laksanakan:
 Membaca Al-Fatihah , Istighfar , Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq dan Ayat Kursi,

 berikut download : Kis-Kisi UN untuk tahun 2013, selamat mempersiapkan UN semoga ... di >
 Mungkin hanya itu yang bisa saya smpaikan mengenai info pendidikan, motivasi seputar Tips Sukses,Lulus menghadapi Ujian Nasional(UN) 2013. semoga info ini bermafaat___

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar