Kisah Kota IT dan Transit | Maros Sul-Sel

Selasa, Juni 27, 2017

Menyusuri kota kabupaten yang beberapa tahun terakhir cukup pesat pembangunan fisik ini, sebut saja Kabupaten Maros, dahulu disebut "Marusu", dalam kurun waktu abad XV sampai abad XVI telah berdiri sebuah kerajaan dengan Raja pertama bernama Karaeng Loe ri Pakere,  kerajaan dengan wilayah yang cukup luas,  dan diapit oleh dua Kerajaan besar yaitu Gowa dan Bone, sebabkan Marusu pada masa lalu merupakan daerah urban, atau sebuah tempat yang sering disinggahi atau kemudian juga di jadikan sebagai tempat untuk tinggal. Telisik salahsatu kausalitas perihal ini, meminjam salah satu nama wilayah dusun dekat kota inisial "Betang". Sebelumnya atau lampau di sebut "Abbetang" artinya "target ramai ke-sana", semisal dengan "ramai-ramai ke Maros". 

Kata veteran Dg Subhu Desang Dg Ngerang "Maros, tempat banyak pendatang, dari Bone, juga dari luar daerah Sul-sel". Anak-anak muda bahasakan Maros itu tempat yang asyik, terasa pedesaan juga kota, jika hendak ke lebih ramai ya ada Pare-pare dan pula sebelah selatan ibu kota provinsi  yaitu Makassar. Sebutan daerah ini oleh anak muda gaul katanya "Maros cakep, tempat yang mudah membuatmu jatuh hati". Demikianlah hingga era kini mayoritas penduduk Kab.Maros adalah sibgah /percampuran dua daerah tersebut, dengan bahasa masyarakatnya Bugis dan Makassar.

Menumpang pesawat dengan rute perjalanan jarak jauh, kegiatan transit terkadang tak bisa dihindari. Ketimbang tak ada kerjaan menunggu waktu transit di bandara, sesungguhnya transit bisa dimanfaatkan sebagai kesempatan menyisipkan destinasi tambahan. Misal : Wisata Alam Bantimurung (LinK Terkait :Wisata Maros Bantimurung Sul-Sel) . Dan bagi pencinta kuliner, menjadi pilihan yang wajib dikunjungi untuk menyicipi kuliner khas menu lokal Klik : Wisata Kuliner PTB Maros.

Berdiri sebagai  kota penyanggah Makassar, Maros termasuk kota dengan pertumbuhan ekonomi yang baik,  budaya kontemporer, sejarah dan tujuan wisata yang terus populer di sepanjang tahun., terutama jika suka jejak sejarah dan situ semisal Klik : Ikhtisar Budaya Zaman Batu Leang-Leang  dan Wisata alam kars dan jelajah sungai Klik Selengkapnya di Wisata Rammang-Rammang Maros dan banyak tawaran lain dalam ragam kegiatan dan lokasi wisata yang tak boleh terlewatkan.

10- hari sebelum lebaran, dengan pesta nuansa religi yang begitu banyak, mesebar di daerah kabupaten ini, memungkinkan masyarakat maros di perantau-an kembali pulang, tak semalampun terlewatkan, ajang /kompetisi yang memicu kreatifitas masyarakat maros kian menjadikan daerah ini terasa California haha...ha....(istilah bego si penulis) daerah ini terasa seperti negara bagian dengan penduduk yang sangat aktif tumbuh berbudaya dan berseni, (malam lebaran yang bising suara knalpot dan debu pengunjung PTB, tak terkecuali). segala terlihat sangat bebas dan merdeka.

3- hari setelah lebaran, susuri kota dan warkop yang kebanyakan tutup, tak perlu jalur panjang hanya dari arah Makassar lalu lintasi jembatan Butta Toa, mata kita tersuguhi silih berganti papan nama warung kopi dengan WiFi dan warnet-warnet. Nama-nama sarana rehat ini bermacam-macam, mulai dari bahasa lokal, bahasa Indonesia, bahasa asing, nama pemilik, sampai berbagai akronim dan pelesetan yang tidak semata-mata mengemban makna, tetapi sekadar unik. Ya.. wifi cukup pesat sekitar 5 tahun terakhir ini. sedang setahun lalu sempat menikmati jaringan bebas petebe (PTB) Wisata Kuliner, mungkin ini upaya blogger maros memotivasi pemerinah setempat U/ mejadikan "Maros kota Cyber", wow.


Mengenang  Maros dari idiom Marusu , dengan tafsiran Marusung /suatu keadaan yang sederhana baik individu maupun sebagai kelompok masyarakat, Jika kata tersebut menjadi kata berulang A rusung rusung, akan bermakna paa hal yang menunjukkan pada seseorang yang mempunyai keahlian dan kelebihan dalam membawa diri, dan jika bertekad ia tak menyerah sebelum menggapai sesuatu itu, sebutlah itu semisal  cita-cita, atau teguh pada tercapainya ide-ide.

Sangbaco.web.id (corner | SMK Kebangsaan  Maros).
Item destinasi dan budaya Maros judul : Tulis Maros Kota Transit_semoga manfaat. trims dah mampir.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images