Bantimurung Wisata di Sulawesi Selatan Indonesia

Bantimurung sebuah nama yang mengikat ruang wisata dengan estetika dan kawasan sejarah yang terus tumbuh penuh pesona.

Adapun penataan awal ke perintisan jalan merupakan sejarah panjang di balik namanya yang kini terkenal “benti merrung ”, sebab dialektika kini menjadi “Bantimurung”, jika bukan tentang eksplorasi keindahan alam, mengapa berhasil membius berjuta turis domestik juga mancanegara untuk atraksi menakjubkan pada setiap liburan, uh…., LUPA-kan Bantimurung sebab kita selalu gagal untuk tidak terpikat dengan keindahan yang maha dahsyat ini.

Teks sejarah : “terlaksananya pembuatan jalan melintas Kerajaan Simbang, demi mobilitas dari dan ke daerah-daerah di sekitarnya menjadi lancar”, Kalimat zaman lampau ini menunjukkan kemudahan untuk anda berhenti sejenak dan sangat mudah , pada obyek  wisata terkemuka dan terbaik di Provinsi Sulawesi Selatan ini.

Bantimurung wisata terbaik di sul-sel
Bantimurung, sebuah lembah bukit kapur/karts yang curam dengan vegetasi tropis yang subur dengan rimbunan pohon dan kelak kelok sungai bersumber dari air terjun yang spektakuler, Air terjun ini berasal dari luapan air yang mengalir jatuh dari atas, merambah batu cadas dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dari permukaan tanah. Air terjun ini bergemuruh sepanjang hari. Juga sebuah habitat yang ideal bagi pengembangan berbagai species kupu-kupu, burung dan serangga yang langka dan endemik, Di kawasan ini juga terdapat beberapa Gua, salah-satunya yaitu Gua Mimpi dengan panjang lorong 1500 m, dan memiliki ornamen-ornamen yang menakjubkan, sungguh pemandangan mewah, hijau dengan iklim yang menyenangkan dengan membuat liburan anda penuh takjub pada kekuatan alam natural.

Kata orang bijak dalam "Pau-pau Rikadong"* tentang catatan Bantimurung

”Ruh yang menarik kita pada alam sakral, yang melukis tubuhnya sendiri dengan lanskap, rimbun pohonya adalah baris keteguhan yang menjamu derasnya hujan, tebingtebing yang rapat selalu jujur gemanya menjawab kemarau, suara ngengat dan air terjun riuh.., ramai… , ciptakan kerajaan toale bagi putri dan pangeran berkasih-kasihan. kakek menyebutnya benti merrung*.

Tidurlah nak, sebab ada yang terus bercerita, katanya “seikat janji itu adalah ruh yang tumbuh menjadi alam, bermula ketika aku toakala menyusun batubatu jadi tubuh bagi air yang mengalir deras, kupahat “gua Mimpi”, tempat citacitaku kau semai, pada nafasku yang lembab, kuterbangkan kalubampa* sepanjang hilir sungai yang berkelak-kelok demi sejuk matamu”( tapi, ada yang tibatiba menguap (seolah bangun dari tidur), ia berbulu... dan sangat besar..!! /Toakala*)
: “kelak, seikat janji itu  mengantarku kembali dari maut, jangan pernah sia-siakan alamku.

Kabupaten Maros area wisata Bantimurung, sebagai wisata unggulan Sulawesi Selatan, terletak disebelah utara Makassar dengan keberadaan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, mempunyai peranan yang sangat vital, baik yang sifatnya lokal, regional maupun internasional, dengan dukungan kelengkapan sarana dan prasarana berstandar internasional, karena itu, sudah sewajarnya bila fungsi dan peranan Kabupaten Maros sebagai kota persinggahan para wisnus dan wisman dipertegas sebab keanekaragaman hayati, ekosistim, kekayaan fenomena alam serta keragaman seni dan budaya yang dimiliki lebur dalam wisata potensial Bantimurung, sebagai tempat liburan anda penuh takjub dengan kekuatan alam natural.Uhh....LUPA-kan Bantimurung sebab kita selalu gagal untuk tidak terpikat dengan keindahan yang maha dahsyat ini_
___________________________________________
Kaimuddin Mbck, catatan tentang "Aktualisasi Wisata Alam Terbaik, Sul-Sel"
  
Keterangan teks:
Paupau Rikadong*  :cerita rakyat
Toakala*                  : monyet besar penghuni Bantimurung
Benti Merrung*        : bhs Macassar kuno yang berarti "air bergemuruh".
Kalubampa*            : bhs Macassar kuno yang berarti "kupu-kupu".

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar