ANTI KEMAPANAN : JJ ROUSSEAU

Seberapa banyak kita berkomunikasi sedemikian itupula keintiman kita cipta, atau adakah komunikasi itu tak dipahami demikian ?. JJ. Rousseau, seorang tokoh dunia yang merupakan anomaly untuk teori fsikologi, Katanya “kalau ada anak yang tidak mendapat kasih sayang orang tua yang mamadai, ketika orang tua menelantarkan mereka maka masa depannya adalah kehancuran, ia akan mengalami kemunduran dalam prestasi akademik, dia akan menjadi anak yang di marginalkan, dan dalam hatinya akan ada pemberontakan dalam sistim social _ Tampaknya JJ Rousseau : orang YANG menolak keseluruhan tentang teori ini,

Bagaimana tidak, ia anak yang dilahirkan yatim, sebab Ibunya meninggal dunia, lalu bapaknya menikah lagi, sejak itu ia jadi gelandangan dari Austria sampai ke Jerman, lalu mengembara ke swis hingga ke-Prancis, ia menjadi anak yang di tolak dari panti asuhan satu berpindah ke panti asuhan lain, ia boleh dikatakan sebagai anak yang “broken home”.


Tetapi orang ini kemudian menjadi peletak dasar dari revolusi perancis, penyusun buku filsapat pendidikan pertama, seorang, filosof paling berpengaruh abad 18 di dunia, ia menciptakan beberapa karya besar, ia dianggap tokoh romantisme dalam filsafat Barat.

Adapun filsafat aliran romantisme secara sederhana dipahami dengan, "lebih baik menjadikan perasaan sebagai andalan kebenaran ketimbang pemikiran yang berasal dari otak", perihal yang dapat diterima dari segmentali hal tersebut, sebab makin banyak kita menemukan orang pandai hari ini, semakin sulit aku menemukannya orang yang bisa dipercaya, dengan indikator bahwa seringkali kepandaian itu dijadikan alat untuk menipu, mestinya lebih percaya pada orang yang perasaanya tajam ketimbang orang yang lebih pintar.
________

Putnote:
Anomaly : ketidaknormalan; penyimpangan dr normal; kelainan; 2 Ling penyimpangan atau kelainan Mengapa sebab latar belakangnya ,

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar