Sua Akbar XI KPA Katro Maros

Minggu, Agustus 23, 2020

Berita Maros Ags|22|2020 : KPA Katro Maros dalam Anniversary ke XI, pelaksanaan di sebuah sekolah SD di Desa kanjitongang Maros. Terasa muda sebab gabung memenuhi undangan ultah KPA dan memang bersama anak muda kreatif Kelompok Pencinta Alam terasa suatu kehormatan, rasanya saya ikut berbagi nasib dengannya, tentu ini bagian menguatkan silaturrahim, solidaritas dan integritas atas kerja-kerja sosial kepemudaan. "Salam Lestari....."

Malam sua akbar yang di buka dengan sari tilawatil Quran, lalu gelar aksi panggung "Mancak Budaya" semisal gerakan pencak silat dengan debut 3 pemain adu ketangkasan saling serang dalam keindahan gerak pencak silat. Sambil nikmati suguhan menu tradisional "sarabba, ubi dan pisang goreng".

Tampaknya komunitas PA Katro ini wadah berkumpulnya beberapa pemuda dusun, dan di paparkan oleh sang ketua KPA Katro dalam sejarah berdirinya katanya " bergabung pada saat itu cuman 11 Orang dan saat itu pula langsung membentuk Struktur dengan Asri Coly sebagai Ketua Umum, M. Adil sebagai Wakilnya, Nasrun (Ellung) sebagai Sekretaris Umum, Gapur sebagai Bendahara Umum dan selebihnya sebagai anggota diantaranya : Imansyar, Syukur, Hamzah, M. Irpan (Wapo’), Abd. Haliq, M. Kahar dan Kibar.

Menyentuh hati atas keinginan mereka terhadap pemeliharaan alam dan kerja sosial atas paparan Kegiatan wajib diantaranya, Memperingati Hari Lingkungan Hidup, Peringatan Hari Besar, Berkegiatan di Bulan Ramadhan.

Yang menghanyutkan ucapan selamat dari puluhan KPA di maros, Seperti Komunitas Biker SUBUHAN, KPA OI Maros juga Mapala Green Pish dan KPA Bone, KKT (Komunitas Kita Peduli) serta komunitas pelajar lainnya dari STAI DDI Maros dan Pemuda Pancasila. Serasa alunan hidup yang menyeret saya pada suatu gunung pendakian kemah dan makan bareng-bareng dengan menu indo mie telur dan sedang "di tengah lerar alam yang hijau juga sungai yang memanjang", mungkin, ya sebuah metafora.Tapi tidak di sana sebab di sini halaman sekolah SD di Kanjitongang Maros, dengan sarabba pisgor dan alunan musik akustik hiburan dgn 2 lagu balada dari komunitas warkop SS (Saudara Sengopi) mengisi panggung hiburan. Saya seperti kembali di rumah sendiri, ketika 'ibu' membukakan pintu, saya disambut ramah, dipersilahkan duduk, dan segera secangkir minuman hangat di seduh.

KPA memang intim dengan ucapan borong-borong dan sapaan hangat seperti saudara sedarah, padahal baru kenal pada saat itu juga, serasa menelusup dalam rimba liar nan rimbun tanpa bisa melihat langit di puncak rinjani Meratus, Kalimantan, juga seonggok negeri yang memang benar-benar di atas awan, mungkin sebab hanya melihat album dakian dan kembara mereka dari proyektor, dalam memorial kegiatan pendakian.


Rilis sejarah di paparkan ketua KPA Katro .katanya, “ Keberadaan kelompok ini sebelum 2015 menanggapi tanggapan miring masyarakat kampung, hingga akhirnya kelompok ini menjadi pencinta alam kampung tiang rimba solidaritas disingkat "KATRO" dan berlangsung di rumah Abd.Rahman (Tokoh Masyarakat) . Ulas Asri Coly ( Ketua Umum)


Cita-cita luhur dengan inisiatif awal mengembangkan kemanpuan cara pikir pemuda yang baik di Kampung tersebut. Setelah membuka forum Asri Coly memulai percakapan “Perkumpulan apa yang bagus kita buat untuk desa kita?” namun tak yang bersuara “kalau saya rencana mau bikin sebuah kelompok yaitu kelompok pencinta alam” Ujar Coly hampir semua diruang tersebut sepakat. dan Ditahun 2015 komunitas ini kepanjangannya dirubah menjadi Kelompok Pencinta Alam Kampung Tiang Rimba Solidaritas dengan alasan anggota sudah yang bergabung diluar dusun Kanjitongan. yang bergerak dibidang Lingkungan, Bersahabat dengan Alam dan Berpetualang di Alam Bebas.

Ucapan doa dan selamat dari peserta kepada KPA Katro menandaskan tentang alam haruslah di jaga, sama seperti alam menjaga kita_ Tulis Kaimuddin mbck

~~
Sangbaco.web.id_Ags|22|20
Judul : Sua Akbar XI KPA Katro Maros, Item Anniversary ke XI

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images