13 Kebiasaan Buruk Cuci Muka dan Kebiasaan buruk lainnya

Rabu, Juli 08, 2020

Kebiasaan Buruk Cuci Muka ? : Merupaka kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci muka,
Mencuci muka mungkin tampak seperti ritual yang sederhana, Anda hanya merasa perlu membasuh wajah dengan air, mengantarainya dengan sabun cuci muka, kemudian membilasnya. Namun faktanya, untuk mendapatkan hasil maksimal, cara anda mencuci muka juga harus diperhatikan.

Meski termasuk kegiatan sederhana, mencuci muka ternyata memiliki banyak manfaat. Namun, walau terbilang mudah dilakukan, ternyata masih banyak yang salah melakukannya. Jika dilakukan terus menerus, mencuci muka secara sembarangan dapat berpotensi merusak kulit wajah dan mengakibatkan munculnya jerawat. Lalu, dimana buruknya kebiasaan mencuci muka,  Penasaran  ?














13 Kebiasaan Buruk Cuci Muka 

Kebiasaan buruk |1. Lupa mencuci muka sebelum tidur
Mencuci muka pada malam hari adalah peraturan yang tidak boleh dilupakan untuk merawat kulit, terutama saat Anda menggunakan makeup. Pada siang hari, minyak dan keringat akan menumpuk di kulit, yang jika tidak dibersihkan, akan menyebabkan iritasi, peradangan, dan jerawat.

Kebiasaan buruk | 2. Sembarangan pilih produk
Jangan asal pilih pembersih muka hanya dengan alasan rekomendasi teman atau tergoda iklan di televisi. Kenali jenis kulit wajah Anda dan apa masalah utama yang Anda hadapi, supaya Anda tahu produk pembersih seperti apa yang tepat untuk Anda.

Kebiasaan buruk | 3. Terlalu sering mencuci muka
Cuci muka berkali-kali dapat membuat wajah menjadi lebih bersih? Salah. Semakin sering Anda mencuci muka justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih (sebum). Batasi ritual cuci muka cukup 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Jika Anda hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bilas muka dengan air hangat di malam hari.

Kebiasaan buruk | 4. Mencuci muka dengan air panas
Basuh muka dengan air panas untuk membuka pori-pori, kemudian bilas dengan air dingin. Mungkin Anda sering mendengar “petuah” ini, atau justru rutin melakukannya? Sebenarnya, pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup. Air panas justru akan membuat kulit kering dan iritasi. Tinggalkan kebiasaan ini dan ganti air panas dengan air hangat untuk membersihkan wajah.

Kebiasaan buruk | 5. Menggunakan pembersih wajah untuk menghilangkan makeup
Pembersih wajah mungkin tidak cukup untuk menghapus makeup. Gunakan air, micellar water, dan penghilang makeup berbahan minyak.

Kebiasaan buruk | 6. Menggunakan tisu khusus wajah untuk membersihkan makeup
Faktanya, membersihkan makeup dengan tisu khusus wajah tidak cukup maksimal. Tisu diformulasikan dengan banyak bahan pengawet, sehingga kemungkinan besar tetap akan meninggalkan banyak residu makeup di wajah Anda.

Kebiasaan buruk | 7. Terlalu sering exfoliasi
Ketika kulit wajah Anda sedang bermasalah, rasanya wajar untuk “menyerang balik” dengan sederet perawatan kulit agar wajah kembali mulus dan cerah. Salah satunya dengan exfoliasi atau pengelupasan kulit. Exfoliasi memang perlu dilakukan secara teratur sekitar 1 sampai 3 kali seminggu. Tapi ingat, jangan berlebihan. Sembarangan menggosok scrub atau exfoliant dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, peradangan, dan bahkan infeksi.

Kebiasaan buruk | 8. Melewatkan ritual pembersihan pada pagi hari
Bukan hanya malam hari, ritual pembersihan juga harus dilakukan pada pagi hari. Kuman yang menempel di sarung bantal bisa menempel pada wajah. Bahkan bakteri dan minyak rambut juga bisa membuat wajah dan mata Anda kotor.

Kebiasaan buruk | 9. Membilas terburu-buru
Sama halnya dengan mandi kilat yang tidak membuat Anda merasa bersih dan segar, terlalu terburu-buru mencuci muka juga tidak efektif dalam menyingkirkan kotoran dan minyak. Untuk mendapatkan kulit wajah yang selalu terlihat prima, luangkan waktu setidaknya dua menit untuk mencuci muka. Konsentrasikan pijatan di daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak.

Kebiasaan buruk | 10. Kebiasaan menggosok
Apapun jenis kulit Anda, penting untuk berhati-hati ketika mengaplikasikan pembersih, masker, atau exfoliant. Jangan menggosok pembersih terlalu kencang sehingga kulit tertarik. Jangan pula menggosokkan handuk ke wajah saat mengeringkan muka. Kedua hal ini akan mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih.

Kebiasaan buruk | 11. Menggunakan pelembap saat kulit sudah telanjur kering
Langkah terakhir ini mungkin salah satu tahap yang paling penting dalam rutinitas perawatan wajah. Moisturizer alias pelembap akan menyegel kelembapan alami kulit Anda dan bertindak sebagai penghalang terhadap racun, radikal bebas, dan partikel asing yang berbahaya bagi kulit. Oleskan pelembap segera setelah cuci muka saat wajah masih terasa lembap, dan pijat wajah dengan lembut. Selalu pijat dalam gerakan ke atas untuk menghindari kulit tertarik.

Kebiasaan buruk | 12. Melewatkan face oil
Banyak yang menganggap bahwa minyak adalah musuh utama untuk si kulit berminyak. Ahli kecantikan dan dermatologis mengatakan sebaliknya. Minyak sangat bersahabat bagi semua jenis kulit, karena pada dasarnya, minyak akan larut jika bertemu dengan sesama minyak. Minyak akan memecah kotoran dan bakteri penyebab jerawat yang menempel di kulit. Minyak juga membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga menyeimbangkan kadar pH kulit wajah.

Kebiasaan buruk | 13. Jangan menggunakan handuk mandi 
Tentu Anda tidak ingin menyebarkan bakteri dari tubuh ke wajah, bukan? Sebagai gantinya, cobalah kain terpisah untuk mengeringkan wajah dan tubuh.

Sangbaco Maros _
Kenali  13 Kebiasaan Buruk Cuci Muka,
dan 23 tambahan kebiasaan buruk lainnya.
Efek kebiasaan buruk

Kebiasaan Buruk yang dapat Menggangu Kesehatan 

Penting, demi kesehatan, bacaan artikel kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan tanpa sadar, lantaran dampat negatif dan mengganggu kesehatan Anda. Berikut, Materi  tambahan  kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan Anda: By dr : thitta. Semoga bermanfaat
Simak, tambahan  23 kebiasaan buruk berikut

Kebiasaan buruk | 14. Tidur dalam keadaan terang
Walaupun sudah beraktivitas seharian, terkadang Anda masih merasa kesulitan untuk tidur yang kemudian menghidupkan televisi untuk memberikan rasa ngantuk pada mata Anda dan tidur dalam keadaan televisi menyala. Ataupun, ketika Anda merasa ketakutan tidur dalam keadaan gelap gulita membuat semua lampu pada kamar tidur dalam keadaan hidup dan situasi yang terang benderang. Kebiasaan buruk seperti diatas akan mengganggu kualitas tidur Anda. Penilitian membuktikan bahwa tidur dengan keadaan lampu menyala akan menurunkan kadar melatonin, mempengaruhi suhu tubuh, kadar glukosa dan tekanan darah. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat keadaan kamar tidur dalam keadaan gelap sebelum anda terlelap.

Kebiasaan buruk | 15. Begadang
“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”. lantunan lirik lagu dari penyanyi kondang Rhoma Irama ini ada benarnya. Walaupun Anda memiliki seribu satu alasan untuk begadang, kebiasaan buruk ini akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan kurang fit di hari berikutnya.

Kebiasaan buruk | 16. Telat makan
Menunda waktu makan akan menyebabkan asam lambung Anda naik serta dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Ketika telat makan, Anda akan merasa lebih lapar di waktu setelahnya yang mengakibatkan porsi makan bertambah. Kadar asam lambung yang meningkat secara terus menerus juga akan merusak kondisi dinding lambung. Selain itu, telat makan (baca: kebiasaan buruk) akan membuat tubuh Anda kekurangan gizi yang akan dicerna untuk menjadi energi, sehingga akan membuat Anda sulit untuk fokus disaat beraktivitas.

Kebiasaan buruk | 17. Kecanduan media sosial
Di jaman sekarang yang serba digital membantu Anda untuk menemukan informasi yang dibutuhkan secara cepat. Terutama, untuk urusan media sosial, setiap postingan terakhir atau pesan dari teman, sahabat, atau idola kita sangat cepat untuk Anda dapatkan. Akan tetapi, seringnya mengecek ponsel akan mempengaruhi aktivitas fisik dan kesehatan mental Anda seperti membuat anda menjadi anti sosial secara nyata terhadap orang – orang disekitar.

Kebiasaan buruk | 18. Terlalu lama duduk
Seperti artikel sebelumnya, aktivitas duduk dalam waktu yang lama dan secara terus menerus menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes hingga penyakit serangan jantung. Oleh karena itu, bagi Anda yang merupakan pekerja kantoran yang terbiasa untuk duduk selama 8 jam, cobalah untuk berjalan ataupun stretching beberapa menit sekali untuk mengurangi kebiasaan buruk ini.

Kebiasaan buruk | 19. Kurang tidur
Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik dan sama juga halnya dengan sesuatu yang kurang. Kurangnya istirahat / tidur dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, peradangan dalam tubuh, penyakit jantung, depresi, diabetes obesitas hingga mengurangnya fungsi otak. Sebagai solusi mengatasi kebiasaan buruk ini, Anda dapat menjadwalkan waktu tidur secara teratur dan melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidue serta memastikan area tidur dalam keadaan yang bersih dan nyaman.

Kebiasaan buruk | 20. Menggigit kuku
Rasa grogi ataupun bingung akan membuat beberapa orang untuk menggigiti kuku jari tangan. Bakteri dan kotoran yang terdapat di bawah kuku akan membuat Anda rentan terinfeksi penyakit. Kebiasaan buruk ini akan mengganggu pertumbuhan kuku normal dan menyebabkan kerusakan pada lapisan luar gigi. Tidak hanya dari sisi kesehatan saja yang tidak baik, menggigit kuku juga merupakan hal yang tidak baik dipandang mata. Untuk mengatasinya, potonglah kuku setiap sekali seminggu atau 2 kali seminggu, sehingga kuku tetap dalam keadaan pendek.

Kebiasaan buruk | 21. Mendengarkan musik keras – keras
Umumnya di saat merasa bosan, Anda akan tergiur untuk menggunakan headphone untuk mendengarkan lagu kesukaan. Akan tetapi mengaturnya dengan volume penuh akan menyebabkan kerusakan pendengaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik genre pop-rock melalui headphone selama 60 menit dengan volume 50 -100 persen akan menyebabkan kerusakan pendengaran temporer. Jika keseringan, kebiasaan buruk ini akan menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen.

Kebiasaan buruk | 22. Menggendong tas berat
Bagi anak – anak sekolah menggendong tas yang berisi banyak buku dengan beban yang berat setiap hari akan menyebabkan kerusakan pada tulang belakang. Penyakit lordosis, kifosis ataupun skoliosis dapat dirasakan pada saat menjelang dewasa. Oleh karena itu, usahakan untuk menyimpan buku di loker sekolah atau membawa tas beroda.

Kebiasaan buruk | 23. Tidur tanpa membasuh wajah
Sebelum tidur, akan sangat baik jika Anda membersihkan anggota tubuh, terutama bagian wajah. Kotoran ataupun sisa make up pada wajah akan menyebabkan pori – pori tersumbat, sehingga dapat membuat wajah Anda berjerawat. Tidak mau kan hal ini terjadi. Sahabat healthcare, oleh karena itu segera ganti kebiasaan buruk anda dengan kebiasaan yang lebih membangun dan bermanfaat tentunya.

Penilitian | membuktikan semua keadaan, kebiasaan buruk di atas menurunkan kadar fungsi zat dalam metabolisme tubuh, dan hal ini melemahkan imunitas. jadi cam-kanlah.wassalam, semoga berguna artikel ini. referensi : Ulasan dilansir dari Hello Sehat & self.com & Artikel dr Thitta.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images