Kisah : Eksplorasi Kecantikan Putri Kerajaan

Selasa, Januari 07, 2014

Kisah eksplorasi atas kecantikan ulasan tentang putri kerajaan dalam legenda cerita rakyat, kisah perempuan-perempuan bangsawan nan memiliki kecantikan tak berbanding, berparas cantik, harum, berkulit putih serta halus, adalah beberapa ciri-ciri yang sering digunakan untuk menggambarkan kecantikan para putri-putri kerajaan. Tat kala hajat akan digelar perias indo botting menyemai putri dengan hasil hias dandanan bak sulapan menghadirkan bidadari dari surga. Tersebutlah permaisuri  dari kerajaan Bone yang oleh raja memerintahnya untuk berdandan habis sebelum menggunakan  mahkota permaisuri untuk memamerkan kecantikannya pada tamu kerajaan, mungkin kesempurnaan kecantikan seorang permaisuri merupakan gengsi sebuah kerajaan. Kisah : Eksplorasi Kecantikan tentang bagaiman hidup mereka dan apa  rahasia di balik kecantikan putri-putri zaman kerajaan, simak cerita berikut, trims telah mampir 












Kisah : Eksplorasi Kecantikan 

kisah : kegilaan atas kecantikan  mengulas legenda kecantikan Bissudaeng dalam cerita "Toakala"Maros dimulai pada zaman dahulu ketika sebuah desa bernama Pattiro tempat Bissudaeng tinggal dan kecantikannya terkenal hingga keseluruh pelosok kerajaan, dan kisah tersebut dalam banyak sumber menegaskan bahwa karena kecantikan Bissudaeng, ular monyet dan binatang lainpun sangat menyayanginya. 

Ketakjuban Sang Toakala dari kerajaan seberang, mengemas semangat cintanya yang harus bertaruh antara berhasil mempersunting sicantik Bissudaeng, atau gagal memenuhi permintaan sang puteri dan menjadi monyet. ya sebuah kisah legend yang sangat traumatis. Kisah selengkapnya~ Toakala dan Bissudaeng.

Upaya gila atas kecantikan lebih jauh terjadi, ketika Tahun 1790 hingga 1830 periode raja Mataram, tersebutlah Sri Sultan Hamengku Buwono II dalam upaya pembuktian kecantikan yang diterapnya dengan menggunakan tanaman herbal dan keadaan ini bersimbiosis dengan tersertakan pula ritual kecantikan atas  keluarga bangsawan, sebuah istilah kecantikan dalam ramuan herbal yang terkenla hingga kini yaitu "Serat Centhini (1814) yang berisikan ramuan jamu-jamuan.

~~~~~~~~~>>>*<<<~~~~~~~~~




















Eksplorasi Ramuan kecantikan 

Peracik ramuan kecantikan kerajaan indo botting mengungkap, "Ramuan alami digunakan oleh bangsa Indonesia untuk kesehatan dan kecantikan setidaknya ratusan tahun silam, dapat dicatat pemanfaatan akar bahar kayu welerenge (jenis tumbuhan purba), daun dan akar rimpang, termasuk  akar rumput bahan pengharum untuk pupur bedak musim tropis dan dan kayu dari berbagai tanaman berkhasiat diolah secara tradisional untuk mempertahankan kecantikan wanita.

Eksplorasi atas kecantikan sejak dahulu memang tak setengah hati, lantaran cara pembuatan jamu pula, sudah terlukis pada dinding candi Hindu dan Budha, seperti pada candi Borobudur, tampak pada relief candi tersebut ada: lumpang, pipisan, dan ulesan untuk membuat dan meracik jamu dan herbal baik untuk kesehatan maupun kecantikan. tak selesai hingga di sini petugas informan candi menambahkan bahwa "bahan yang tampak ini dan itu telah menjadi tradisi dengan membuatnya menjadi bedak dingin, tapel, pilis. dengan cara direbus atau dikeplak, dirajang lalu diminum..."

Upaya untuk cantik telah membudaya sejak periode kerajaan Bugis-Makassar juga Hindu-Jawa. Terdapat kebiasaan alami para putri-putri  raja semisal  Bissudaeng yang punya kebiasaan mandi di je'ne taesa yang dingin, tips ini tak lain yang dengan air dingin tersebut dianggap bermanfaat untuk menghaluskan kulit atau mengecilkan pori-pori kulit, dan hal lain diungkapkan, "ramuan cantik menggunakan Mangir untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, supaya kulit baru terlihat dan cantik, sekaligus untuk memutihkan dan mencerahkan. Biasanya dilakukan dua minggu sekali," Ungkap Nenek Nawi Dg.Cora (istri veteran Subhu Desang Dg Ngerang).

Katanya menambahkan "mangirika nipasitumbuki anjo tammua ni pasiagang pole kunyi..." terjemah "tumbuklah  mangir tersebut bersamaan dengan temu giring dan kunyit , hal ini kami gunakan untuk persiapan sebelum appacci pada gadis yang dikenai lamaran atau akan menikah sebentar lagi"_bersambung..

Terimakasih 
by Original content Sangbaco.web.id.
dalam Kisah : Eksplorasi Kecantikan Putri Kerajaan

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images