Gelap Tak Selalu Sundal

Jangan takut "gelap", termasuk menulis tentang "gelap", ya  gelap itukan benar bisa dianggap hitam, buruk, tidak jelas, tapi juga bisa di anggap " geliat",  yang mengharapkan perubahan,  atraktifnya kita  tidak berdiam diri dalam melihat sebuah ketimpangan.

Tiba-tiba saja terpampang foto-foto gelap, semisal tema "Memotret Lorong Gelap Perempuan", gambarnya asyik-asyiklah, ada ibu tunawisma sedang menyuapi anaknya dengan ditemani singa di sampingnya. gambar lain juga tampak ibu sedang menggendong anaknya menaiki tangga yang cukup tinggi dan kelihatannya ibu tersebut tampak cukup berani.
Sang baco dengan banyak sisi gelap

Peristiwa gelap-gelapan sekali itu terdengar,  ketika 
seorang prajurit menumpahkan sisa peluru pada istrinya sepulang dari perang penanganan OPM di Papua. tindakan pak kapten suami ibu dosenku itu, hal yang “gelap mata” dan sastra  me-sinonimkan dengan : rindu tak tertahan.

Efek gelap mata tersebut  berakibat nyonya  lepasan Tri Sakti itu  kini hamil, ia tampak berdiri di hadapan mahasiswa/i nya, kelihatan tetap bugar ketika mengajar kami dengan sisa tenaga menjelang tunggu masa melahirkan.

Peristiwa gelap oleh industry music melenakan Indonesia dengan sepenggal lagu dangdut berikut,  “mati lampu… aduh gelapnya,  gelap-gelapan jadinya seperti siluman…”, music dan syair lagu ini pula mengherankan kelompok band Slova Moskow pihak KBRI , lagu dengan penggalan “gelap” tadi pernah nge-hits tahun 2000an, wawancara pula dengan kelompok Boy's Band mancanegara mepaparkan bahwa “lagu ini  sangat diminati dalam pertandingan unique disco di negeri paman sam”.ya.. gelap demikian merajalela.

falsafah tak selesai menerangkan bahwa, gelap justifikasinya pasti buruk

Dalam kosmologi gelap, dianggap suatu energi yang kerapatannya mengisi ruang alam semesta, dan atas keberadaan energi gelap ini dalam bentuk apapun menunjukkan adagium yang di sebut "massa yang hilang,
segala tampak satu warna saja”, dan sebab gelap pula maka warna lain menjadi jelas bagimu.

Kata Rusli Anwar (seni rupa jebolan IKIP  dulu/ sebelum UNM), mengatakan  "bagaimana mungkin melukis tanpa warna gelap sedang puting africa haruslah lebih gelap dari warna keseluruhan kulit tubuhnya ?".

Sekali tendensi gelap pernah terharapkan di timur tengah ketika seorang nabi menganjurkan pada pengikutnya di riwayatkan oleh  Jabir bin Abdullah, bahwa “Matikanlah lampu-lampu di waktu malam jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian.”(*).

Konsep Islam yang menyuruh tidur dalam keadaan lampu dimatikan ini sejalan dengan hasil penelitian ilmiah tentang mekanisme yang sehat jika seseorang tidur dalam keadaan gelap. medis menyebutnya banwa tidur dalam keadaan gelap tak sekedar bikinmu nyenyak juga  menguatkan imunitas

benar-benar gelapkah ini ?, sebab kadang kita tertegun di gelap malam, terlebih dalam gelap-gelapan 

_Sang Baco _09.14.19 " gelap malam"
_____
(^) Ibu dosen Pong Paliu dan siklus perkuliahan (dulu) di stkip maros.
(*) HR. Bukhari no. 6296 dan Muslim no. 2012)

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar