Kisah Inspirasi Kopi Jembatan Dg Te'ne Maros

Selasa, Agustus 28, 2012

Kisah inspirasi kopi, mengenalkan sungai dan jembatan Maros, Di tepian sungai dan jembatan al-kisah kopi Dg Te'ne Maros mengerang dan sedikit bangsat. Bagaimana tidak ?", sebab, tak sekedar kopi-mu hitam pekat, tapi menjanjikan cita rasa unik, jangan buatmu kecanduan," lihatlah apresiasi ketiga orang blogger maros ini, ia : Ansari, Ical dan Uak Sena, membayang lumuran wajah dengan sugesti kafein. Maaf..cinta memang selalu demikian.

Sebab ngopi tampaknya bahwa segala sesuatu kembali harus diberi ruang, diberi makna. Menyeruput kopi sambil sambil nge-blog, mengulas sungai jembatan dan pohon mangga tempat nangkring di teras warkop dg. te'ne.

"Seruput kopimu anak muda, nikmat-kan dengan bijak, siapa sangka banyak  manfaat bagi kesehatan". Sebuah kalimat yang menganjurkan atas minum kopi dan tetap menjadi terapi atas kesenangan anda berlama-lama di warkop bersama sahabat, teman sekomunitas Blogger atau sekumpulan pemain catur.Inspirasi Kopi Jembatan Dg Te'ne Maros seolah menjelajahi ujung bantaran sungai hingga daratan keseluruhan-nya, ya.., segalagala terasa hidup, fisik, ruh juga kelamin.

Mengenal kopi sebelum mendunia, pada awalnya ditemukan seorang pakkampi/ gembala di dataran Timur Tengah,  diamatinya binatang tsb saat/ usai makan biji-bijian itu, bilangnya "binatang itu berubah   menjadi agresif", dari situ ia mencoba memakan bijian itu pula (kopi) dan merasakan hal yang beda, kemudian disebarluaskan pengalaman tersebut. (Sebagaimana hasil penelitian manfaat kopi, dengan pongah oleh Harvard Women’s Health. sedang Arab sebagai original penemu menyebutnya “qahwah” yang arti harpiahnya disandingkan dengan “kekuatan”. Kata qahwah ini kemudian berubah dalam berbagai bahasa menjadi “kahveh , "ada-ada saja, katakan "ini kopiku, mana rokokmu", celoteh jembatan sungai Maros.

......segar dan harumnya kopi, juga
manis dan pahitnya, sungguh genit......
bilangmu, "nih aroma sering mengagetkan.., badai...!".

tempat inspirasi di warkop
Di warkop yang bukan cafe, tak perlu menimbang apakah kita berbakat atau tidak, juga tak perlu tafsir tebas -tipis kantong juga tak butuh irama yang mendayu-dayu, mengalirlah diam-diam,  seperti riak sungai Maros, Sebelum inspirasi melemah, serupa lampu jalan di jembatan yang mulai redup, kata-kata seolah gerak nan asyikan menggali-gali sendiri. 

Hari ini berhentilah berpikir dan biarkan waktu yang berasumsi sendiri menandaimu. Inikah  inspirasi kopi itu ?, sedang waktu menua hingga ubanan di bawah pohon mangga, serupa minuman kaleng dalam kulkas yang berani beku sendirian.

*secangkir kopi pekat ini mengingatkan hidangan kopimu dulu yang kemanisan, bilangmu "dengan ini kau akan lebih manis, dikit bang". Setua ini dan pengaruh kopimu membuatku tetap manis ?, "lemparkan saja aku kelaut", bilangku.




jika di warkop, maka tanpa diminta pelayan nyedia-in kopi plus roti bakar juga kentang goreng, sangat simple. Kata Dg Lira" ini ngemil sederhana dan tanpa memicu kolesterol". Berbeda jika jika di warung makan, kita di suguhi ayam goreng atau gulai ayam, keterusannya bikin gemuk dan obesitas, stop cerca warung..!

Tapi di sini pelayannya, manis seperti : tebu, nenas, susu juga madu, sedang warung makan kita di kerumuni asap dan aroma makanan bakaran seperti bau dari dapur umum. Selain di sini Kopi Jembatan Dg Te'ne Maros, jangan kemana-mana, untuk terus on line ketemu teman dunia maya juga ada live music bisa nyanyi-nyanyi dan ngebuat ketemuan : "itu..".
" Sebegini pahit kopimu, tapi kau keterusan rindu, ada apa ya ?


Kisah Inspirasi Kopi Jembatan Dg Te'ne Maros, adalah ruang tafsir hitung-hitung isu pilkada, tempat menggoreng program top teks postingan maya, juga tempat pagi nongkrong komunitas sepeda tua ontel Maros_ta. Di sini, jangan mengusik trans estetik, komposisi juga harmonisasi sebab nikmat kopi telah demikian. Waktu demikian singkat, hancurkan rasamu di "Kopi Jembatan Dg. Te'ne".

: Ujung gelas kopi, bibir-mu, bangku panjang, sungai dan jembatan, serta hujan berlarian,ya..,  aku di antara gelas gelas kopi, di bawah segimbal daun mangga berteduh, Dunia manalagi, sebab semua tempat adalah jelajah, adalah peristiwa.


Manfaat Kopi :
Ungkap Harvard Women’s Health, "Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi. Penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama. Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein. ....

konsumsi kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak. Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%.

Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa. Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar. Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
____
Sangbaco.web.id. Maros_28|08|12
Kisah Inspirasi Kopi Jembatan Dg Te'ne Maros

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images