8 Khas Bahasa Indonesia

Rabu, Agustus 15, 2012

Arti yang lebih luas daripada sekedar kata-kata, itulah bahasa. Dalam beberapa kasus, tarian juga menyampaikan bahasa, bahkan diam juga bisa menjadi sebentuk bahasa tertentu. Sekali ini mari pada segala pesan coba ditafsir-kan oleh bahasa. Khas bahasa indonesia fundamental dasar unsur bahasa indonesia berasal dari Bahasa Melayu adalah salah satu akar bahasa Indonesia yang sekarang digunakan sebagai bahasa persatuan. Bahasa Melayu klasik adalah bahasa yang menggantikan Bahasa Melayu Kuno. Peralihan ini dikaitkan dengan pengaruh agama Islam yang semakin mantap di Asia Tenggara pada abad ke-13. Setelah itu, bahasa Melayu mengalami banyak perubahan dari segi kosakata, struktur kalimat, dan tulisan. 

Kaidah Konteks memahami bahasa merupakan kausalitas dari peristiwa hidup. yang lebih luas yang tentunya melibatkan peristiwa-peristiwa itu seolah-olah hidup dalam rangkaian teks-teks lainnya secara terbatas. Ini adalah salah satu kriteria untuk mendapatkan pemahaman yang tepat, atau membebaskan dirimu dari perasaan bersalah. 

apresiasi khas bahasa indonesia praktek

1. Perubahan pengucapan terjadi Bahasa Indonesia baku
Lihatlah pada kata yang tercipta dari sebuah bahasa pasti ada arti dan makna filosofinya. Termasuk perbedaan satu huruf saja untuk sebuah kata bisa mengubah maknanya. semisal kata-kata yang mengandung huruf "O dan U", coba perhatikan kata-kata berikut ini: (Gua > goa), (Kantung > kantong), (Lubang > lobang), (Mangkuk > mangkok) dll. Pasangan kata-kata tadi mungkin artinya sama. Saya tidak tahu persis mana yang diakui oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia, mungkin banyak dipengaruhi oleh bahasa daerah.

 2. Khas Bahasa Indonesia simulasi dari banyak pengguna oleh suku di indonesia
Indonesia adalah negara keempat yang paling padat penduduknya di dunia. Populasi yang besar jumlah orang yang fasih berbahasa Indonesia dengan cepat mendekati 100%, sehingga membuat salah satu negara yaitu Indonesian satu bahasa paling banyak digunakan di dunia.

Sebagian besar orang Indonesia, selain berbicara bahasa nasional, seringkali fasih dalam bahasa lain regional (contoh termasuk Jawa, Minangkabau dan Sunda) yang umum digunakan di rumah dan dalam masyarakat setempat. Kebanyakan pendidikan formal, serta hampir semua media nasional dan bentuk komunikasi lainnya, dilakukan dalam bahasa Indonesia. 

Di Timor Timur, yang merupakan provinsi Indonesia dari 1975 sampai 1999, Indonesia diakui oleh konstitusi sebagai salah satu dari dua bahasa kerja (yang lainnya adalah bahasa Inggris, di samping bahasa resmi bahasa Tetun dan Portugis)

Bahasa ini dituturkan di seluruh Indonesia (dan Timor Timur), meskipun paling banyak digunakan sebagai bahasa pertama di daerah perkotaan dan biasanya sebagai bahasa kedua atau ketiga di bagian lebih pedesaan Indonesia. Hal ini juga diucapkan oleh tambahan 1,5 + juta orang di seluruh dunia, terutama di Belanda, Suriname, Timor Leste, Filipina, Australia, Arab Saudi, Kaledonia Baru, dan Amerika Serikat. 


Indonesia sebagai dialek modern Melayu telah meminjam banyak dari banyak bahasa, termasuk: Sansekerta, Arab, Persia, Portugis, Belanda, Cina dan banyak bahasa lainnya, termasuk bahasa Austronesia lainnya. Diperkirakan bahwa ada beberapa 750 kata-kata pinjaman Sansekerta dalam modern Indonesia, 1.000 pinjaman Arab, sebagian dari Persia dan asal bahasa Ibrani, beberapa 125 kata-kata Portugis (juga Spanyol dan Italia) asal dan jumlah yang mengejutkan sekitar 10.000 kata-kata pinjaman dari Belanda. 

[6 ] terakhir ini juga terdiri dari banyak kata dari bahasa-bahasa Eropa lainnya, yang datang melalui Belanda, yang disebut “International Kosakata”. Sebagian besar kata-kata Indonesia, bagaimanapun, datang dari akar stok leksikal Austronesia perusahaan (termasuk bahasa Melayu Kuno) warisan.

3.  Bahasa Indonesia jadi bahasa ke2 masy vietnam
Dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam,Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, umumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia.
“Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,” kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta pada Jumat.

4. Khas Bahasa Indonesia bahas terpopuler ke4
Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia*3
Walaupun yang paling efektif merubah citra adalah merubah realitas, namun peran budaya dan bahasa Indonesia dalam diplomasi sangat krusial. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan perbaiki citra .
“Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya,” katanya. Mengambil contoh Australia, Andri Hadi menjelaskan, di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia. Untuk kepentingan diplomasi dan menambah pengetahuan orang asing tentang bahasa Indonesia, menurut Dirjen Informasi dan Diplomasi Deplu ini, modul-modul bahasa Indonesia di internet perlu diadakan, sehingga orang bisa mengakses di mana saja dan kapan saja.

Kepala Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Dendy Sugono yang berbicara tentang Politik Kebahasaan di Indonesia untuk Membentuk Insan Indonesia yang Cerdas Kompetitif di atas Fondasi Peradaban Bangsa, mengatakan, tuntutan dunia kerja masa depan memerlukan insan yang cerdas, kreatif/inovatif, dan berdaya saing, baik lokal, nasional, maupun global. Untuk memenuhi keperluan itu, sangat diperlukan keseimbangan penguasaan bahasa ibu (bahasa daerah), bahasa Indonesia, dan bahasa asing untuk mereka yang berdaya saing global, tandasnya.

Dendy Sugono melukiskan, kebutuhan insan Indonesia cerdas kompetitif itu, untuk lokal meliputi kecerdasan spiritual, keterampilan, dan bahasa daerah . Untuk kebutuhan nasional meliputi kecerdasan emosional, kecakapan, dan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk global dibutuhkan kecerdasan intelektual, keunggulan, dan bahasa asing.

5. Khas Bahasa Indonesia  resap banyak bahasa asing
Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia, Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin.

“Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,”*4 Menurut Ivan, yang sehari-hari bekerja sebagai dosen Information Communication Technology (ICT), Wikipedia Indonesia terus tumbuh pesat. “Kontributor semakin bertambah, demikian juga dengan artikelnya. Isinya juga semakin variatif,” katanya.

Tingginya gairah penggiat ensiklopedia bebas itu juga tercermin dalam lokakarya “Menulis di Wikipedia Indonesia” yang digelar dalam rangkaian acara Indonesia Information Communication Technology (Indonesia ICT Awards) 2007 di Balai Sidang Jakarta. “Tingginya peminat lokakarya ini, membuktikan semakin banyak orang yang tertarik untuk membagi pengetahuannya di Wikipedia,” ujar salah satu pengurus “Wikipedia Indonesia”, Revo A.G Soekatno <*5) di Jakarta, Selasa.

khas bahasa Indonesia di sumpah pemuda
Revo mengatakan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia kini memiliki 69 ribu artikel dengan kontributor aktif sebanyak 30 orang. Termasuk di dalamnya adalah jajaran para pengurus sebanyak 14 orang. Meski mengalami perkembangan yang cukup pesat, ensiklopedia bebas ini beberapa kali bermasalah dalam hal informasi yang dituliskan kontributor. Yakni data dan fakta yang kurang akurat dan adanya konflik antarkontributor karena adanya pebedaan data dna pengertian. Isu tentang politik, agama, dan ekonomi adalah yang seringkali bermasalah dalam hal akurasi informasi. “Tantangan Wikipedia Indonesia kedepan adalah bagaimana meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan publik sebab informasi di Wikipedia Indonesia terus diperbarui setiap saat,” ujar Revo. 

6. Khas Bahasa Indonesia terbanyak di gunakan wordpress
Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress, fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting Wordpress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru Wordpress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.

7. Khas Bahasa Indonesia kuat membahasakan hal psikis 
(karena kau keterusan tanya, walaupun bahasa juga sungguhnya tidak secara tepat /esensial mewakili keadaan, sebagaimana keterbatasan bahasa mewakili hal-hal psikis dari sebuah keadaan, perasaan misalnya, teks dibawah ini sebagai contoh

Adegan Film India (puisi ?)*_
angin mengusik daun pisang, di goyang2kan seluruh daunnya, bunyi truk yang melintasi jembatan menghentak sejenak keadaan itu, angin marah... dipaksanya truk cepat berlalu, kata jembatan...kau menggoyangku begitu keras, aku ini salah apa ? hah..!?.

8. Khas Bahasa Indonesia bawaan original bahasa melayu
(coba berkamuflase) apalagi ya...?, e...pengalaman mengendapkan peristiwa, membuat teks harus ditempatkan dalam konteks yang lebih luas yang tentunya melibatkan peristiwa-peristiwa itu seolah-olah hidup dalam rangkaian teks-teks lainnya secara terbatas. Ini adalah salah satu kriteria untuk mendapatkan pemahaman yang tepat, atau membebaskan dirimu dari perasaan bersalah :tafsir. (kataku dalam hati "cocok ji inikah ), semoga....*kaimuddin MbCk. wassalam .

Dalam segi kosakata, struktur kalimat, dan tulisan. Bahasa Melayu juga punya ciri khas tersendiri. 
a. Kalimat yang digunakan biasanya cenderung panjang, berulang dan berbelit-belit. 
b. Kalimat pasif banyak digunakan. 
c. Istilah-istilah dan bahasa yang digunakan banyak terkait dengan kerajaan dan istana.
d. Paragraf-paragraf dalam karya sastra berbahasa Melayu klasik banyak yang menggunakan kosa kata klasik, seperti misalnya ratna mutu manikam, edan kasmaran (mabuk asmara), sahaya, dan juga masyghul (bersedih). 
e. Banyak menggunakan perdu perkataan (kata pangkal ayat): sebermula, alkisah, hatta, dan adapun. Kalimat sungsang. Banyak menggunakan akhiran pun dan lah.

Catatan kaki dan Referensi :
1*sebab puisi adalah metafora yang coba di bahasakan belajarlah tentang tafsir segala pesan atau membaca teks dengan segala pendekatan sebagaimana dalam perangkat teori sastra

2* sumber ">http://yangcocok.blogspot.com/2010/11/keunikan-bahasa-indonesia.html

3* Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadi mengemukakan hal itu ketika tampil pada pleno Kongres IX Bahasa Indonesia, yang membahas Bahasa Indonesia sebagai Media Diplomasi dalam Membangun Citra Indonesia di Dunia Internasional, Rabu (29/10) di Jakarta.

4* Ivan Lanin, penggiat jumlah bertambahnya jumlah, di Jakarta, Selasa.

5* Pria yang aktif di Wikipedia Indonesia sejak 2003 ini mengungkapkan pada hari pertama jumlah peserta mencapai lebih dari 40 orang sementara jumlah komputer yang disediakan untuk pelatihan sangat terbatas. Setiap orang berhak menjadi peserta tanpa dipungut biaya dan mendapatkan suvenir dari panitia.“

Jumlah yang mendaftar jauh lebih banyak lagi, tapi karena keterbatasan tempat dan perangkat komputer untuk pelatihan, maka pesertanya kami batasi. Bahkan ada banyak peserta yang tidak mendapat komputer pelatihan tetap menyatakan ikut serta,” ujar pria yang kini tengah menyelesaikan studi S-3 di Belanda ini.Dalam pelatihan itu peserta belajar bagaimana menulis, menyunting, atau menambahkan informasi.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images