Rahasia Cinta : puisi

Waktu adalah rahasia yang lebih lembut dari udara petang, lebih lintas dari penglihatan batin, tapi sedemikian itu, mungkin aku..."bukan lagi orang yang sama saat kamu menyadarinya".  Karena waktu  telah  mengeras di pojok tikungan, demikian cepat Rahasia dari Surat Cinta,mungkin saja adalah kabut 

Penelitian terhadap rahasia cinta di otak manusia mengungkapkan mengapa cinta seringkali membuat seseorang bertindak irrasional, (pakar mengungkapkan misteri dan rahasia cinta di otak manusia ? > dokter, ahli saraf, Peneliti, Profesor dan ahli Biologis membahasnya di catatan kaki   


Puisi cinta adalah jelajah yang mendaki bukit-bukit, lalu memeluk dengan kata, sepertinya sebuah rahasia dengan ombak yang memukul perahu,  dengan ketukan yang mengenalkan isarat
ya puisi cinta Waktu yang lebih lembut dari udara petang



rupa rahasia cinta


catatan kaki

Pencatatan saraf  dengan Teknologi yang semakin canggih saat ini, telah mulai mengungkapkan misteri dan rahasia cinta di otak manusia, mengapa cinta seringkali membuat sesorang hilang kontrol, lupa diri dan bahkan kerap melakukan tindakan yang tidak masuk di akal.

Dilansir oleh Daily Mail, para dokter ahli saraf telah memetakan perubahan-perubahan kimia yang terjadi di otak manusia, kala seseorang sedang jatuh cinta yang kerap membuat gelisah dan tidak stabil ketika orang tersebut berhadapan dengan orang yang dicintainya.

Peneliti Profesor Semir Zaki, pakar neuro-estetika  dari University College London, mengatakan, “Ketika anda melihat seseorang yang anda sukai, beberapa area otak menjadi aktif,” katanya. Namun sebaliknya, sebagian besar otak yang berperan dalam menilai seseorang justeru tidak diaktifkan akibat pengaruh cinta.

Prof. Zaki meyakini bahwa perilaku otak ini adalah sebagai jalan untuk ‘Tujuan Biologis’ yang lebih tinggi, kemungkinan besar adalah kebutuhan reproduksi dan berkembang biak. Menurut dia, seseorang yang sedang jatuh cinta masih mampu membuat keputusan besar lainnya dalam hidup mereka, seperti membuat keputusan bisnis dan sebagainya.

Selain itu pemindaian otak juga menunjukan bahwa wilayah otak yang mengontrol emosi negatif, rasa takut, ketertutupan itu menjelaskan mengapa orang tersebut merasa sangat bahagia serta tidak takut berbuat salah ketika perasaan cinta datang padanya.
tersirat rahasia cinta-mencintai yang sangat dalam ketika memakaikan cincin sebagai mahar pertama kali terhadap istri

Rahasia Cinta adalah obat semua penyakit
Penelitian lanjutan juga menunjukan otak akan memproduksi hormon dopamine pada level tertinggi ketika sedang jatuh cinta. Dopamine adalah zat atau hormon yang mempengaruhi perasaan senang, sakit, kecanduan serta euforia. Rahasia cinta di dalam otak inilah yang membuat perasaan seseorang ketika sedang jatuh cinta akan bersikap maju terus pantang mundur dan sulit untuk menyerah.

Sementara itu pengujian lebih lanjut juga menunjukan pemakaian obat sejenis opioid seperti kokain juga memiliki efek yang sama pada hormon dopamine sebagai cinta. Namun perlu diketahui, ketika peningkatan dopamine terjadi hal sebaliknya, hormon serotonin yang berperan pada suasana hati atau mood dan nafsu makan akan mengalami penurunan

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar