info dan trik persiapan Ujian Nasional dan sekolah

Info by  Badan Standar Nasional Pendidikan (diknas pusat ): kelak 15 april 2013, ujian nasional-sma senasional serentak, dengan waktu  ujiannya  lebih cepat setengah jam dari sebelumnya > yaitu aturan menghendaki pengawasnya datang lebih pagi yaitu jam 6.30 , sedang siswanya jam 07.00 dah ngisi biodata, tata tertib tidak banyak berubah, kecuali waktu  lebih cepat setengah jam. Pun telah jadi ketentuan tepat serentak  tanggal 25 mei 2013 adalah pengumunan lulus, sistim atau metode pengawasan ujian yang sama dengan tahun lalu. Sedang tambahan kelanjutan terkait area kuliahan /nge- kampus : kaitan sma dgn UMPTN > 30 persen dari jumlah siswa yg lulus dengan urut dari rangking teratas , berkesempatan memeroleh ...(bidik misi / semacam beasiswa)_ dialog Rapat Persiapan Ujian Nasional siswa/i SMA Neg Bontoa Maros : dari info BSNP, wilayah sulawesi selatan.


serius dan tetap santai
Persiapan ujian nasional maka terbayang soal – soal yang harus kita kerjakan sebagai latihan untuk meningkatkan kemampuan ?, yang terpikir adalah belajar mati – matian siang malam, malam siang, pagi sore dan sore pagi. Terus Bisa dibayangkan begitulah selalu yang ada di benak setiap siswa tatkala mendengar kata ujian nasional, maka keterusannya adalah siswa peduli pada pemetaan dan pembenahan menghadapinya, yang menegas kemudian adalah “TRIK PERSIAPAN UJIAN NASIONAL”, padahal tidak semua persiapan ujian nasional harus diidentikkan dengan latihan beribu – ribu soal dengan waktu belajar yang tak kenal waktu apalagi dengan tidak ada istirahat dan jalan – jalan dengan teman, wah… kalau gitu sich pasti banyak siswa yang bakal masuk bangsal Rumah Sakit Jiwa, seolah  ujian sekolah adalah momok mengerikan…terus tidak ada lagi yang mau sekolah jika masih ada ujian nasional, haha...ha... Sederhananya adalah mari siapkan diri menghadapi ujian nasional dengan sebuah trik

Kekeruhan lainnya (dan bukan pada sekolah anda) baik dari sisi persiapan maupun dari pelaksanaan yang tidak semua sekolah siap dalam persiapan Ujian Nasional karena memang tidak tersedianya fasilitas maupun sumber daya guru. Banyak sekolah di daerah yang tidak mempunyai buku untuk belajar dan guru yang mengajarpun sangat terbatas, ditambah banyak guru yang memang bukan lulusan keguruan sehingga lengkap sudah penderitaan sekolah tersebut. Tapi tinggalkan persoalan itu ke trik persiapan ujian nasional. Untuk melakukan ujian dengan baik, mula-mula kamu harus mempelajari dan melakukan review materi sebelum ujian. Berikut adalah beberapa teknik untuk memahami materi ujian dengan lebih baik:


Belajar Metodik- Pasca Belajar
1. Berdoa lalu belajarlah (petakan segala yg belum jelas dan terlupa)
2.Ikutlah Bimbingan Belajar Intensif Ujian Nasional
3.Buatlah jadwal untuk latihan soal ujian Nasional
4.Luangkan lebih banyak waktu untuk mempelajari pelajaraan yang anda anggap paling sulit.
5.Cobalah untuk mengikuti Try Out UNAS (Ujian Nasional)
6.Carilah soal-soal Prediksi UNAS (Ujian Nasional)
7.Download soal-soal UNAS (Ujian Nasional) tahun-tahun sebelumnya
8.Banyak berdoa dan beramal
9.Mintalah ibu mendoakan demi sukses-mu, sebab harapannya (ibu) tak terbatasi pada tuhan.

Dengan usaha-usaha yang kita lakukan, tentunya mudah untuk menembus batas minimal kelulusan Ujian Nasional. Manfaatkanlah internet untuk memperoleh tambahan soal dengan download soal ujian Nasional SMA. Caranya mudah, cukup tulis “Download Soal UNAS” di Google/ Yahoo/ search engine lain. Dengan cara itu, maka lulus ujian nasional bukanlah hal yang sulit dicapai. Singkat kata, dengan kondisi yang menuntut kita untuk menjadi siswa yang mampu lulus ujian nasional, hendaknya kita mulai mempersiapkan diri kita dari sekarang. Ikutlah berbagai Try Out ujian Nasional, Bimbingan Belajar/Kursus Intensif Ujian Nasional, atau dengan mendownload soal-soal Ujian Nasional.Dan tambahan kesiapan lain

Trik tambahan persiapan Pra ujian nasional
 Review catatanmu segera sebelum masuk ujian,  kelas.  Review catatanmu dengan singkat sebelum masuk kelas kembali.  Jadwalkan waktu yang agak lama untuk review catatan tersebut setiap minggunya Review  Atur catatan, teks dan tugas-tugasmu.  Perkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan review.  Buatlah jadwal review yang terdiri dari waktu dan bahan materi.  Ujilah dirimu sendiri dengan materi tersebut.  Selesaikan belajarmu sehari sebelum ujian dimulai.dan Perhatikan catatan Les.

 Lihat juga:   revolusi cara belajar (2) tuntas  |  pelajaran : Menulis Cerpen (2 contoh cerpen  |  kesan siswa berhadapan dengan lembaran soal (ngawas UAS)  |  demi jejak surga ajarkan sastra pada anak-anakmu  |  skripsi "Nilai-Nilai Budaya Lokal dalam Pemelajaran Sastra di Sekolah"  |  catatan, "mencuri dengar bincang nak SMA tentang cinta"  |

Hal penting juga selain (Trik trik tadi adalah memetakan informasi Masalah mental dan motivasi juga merupakan salah satu faktor gagalnya peserta didik dalam Ujian Nasional. Banyak peserta didik yang punya prestasi di dalam proses pembelajaran mendapat nilai yang kurang baik bahkan tidak lulus dalam Ujian Nasional. Sehingga hasil dari Ujian Nasional tidak dapat dijadikan ukuran untuk melihat kualitas hasil belajar baik di sekolah, daerah maupun skala nasional. Ujian Nasional merupakan hajat bagi Bangsa Indonesia yang ingin melihat peningkatan prestasi dari para peserta didik.

DOA MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI SEKOLAH
Berikut adalah doa yang insya Allah MENGANTAR pada kesuksesan, PUN DI INGATKAN BAHWA kita  jangan hanya berdoa saja TETAPI DIBARENGI dengan usaha sebagai ketercukupan ridha allah atas keberhasilanmu, tidak mungkin kesuksesan akan tercapai jika hanya usaha saja atau berdoa saja, kedua hal tersebut harus kita lakukan untuk tiba pada keberhasilan /  kesuksesan yang maksimal

Doa ketika menghadapi Ujian 
*Allahummaj'allumi wal imtihanaati minannasihiina, 
artinya : Ya Allah jadikanlah belajar & ujianku berada dalam keberhasilan.

*Bismillah, Allaahumma ‘allimnii bimaa 
yanfa’unii wanfa’nii bimaa ‘allamtanii innaka antal ‘aliimulkhabiiru
“Ya Allah, ajarilah aku akan segala hal yang bermanfaat bagiku dan berilah manfaat semua pengetahuan yang telah aku pelajari. Sungguh Engkau Zat Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana ”
 
dan doa lain yang secara umum di lafaskan / kita laksanakan:
 Membaca Al-Fatihah , Istighfar , Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Falaq dan Ayat Kursi,

Adapun adab-adab menghadapi ujian nasional sebagai tambahan yaitu
1. Setelah Shalat maghrib kita dan kedua orangtua kita membaca surat Al-Ikhlas sebanyak banyaknya.
2. Sebelum berangkat ujian kita meminta maaf dan meminta doa restu kepada kedua orangtua kita dan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak banyaknya.
3. Saat Ujian baca surat Al- Fatihah 1x yang ditunjukan kepada guru mata pelajaran yang diujikan.

Trik persiapan ujian nasional kami akhiri dengan anda mengindahkan prasangka baik kepada Allah, sebab Allah berfirman dalam hadits qursi bahwa, "saya (Allah ) tergantung pada persangkaan baik hambaKu", demikianlah lebih dan kurangnya mohon di maafkan. wassalam by www. sang baco.com ( kaimuddin mbck ) dalam pemetaan ke ujian nasional.

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar