Penelitian Manfaat "Pelukan"

Jangan memeluk sebab pelukan tidak sekedar pertautan fisik bahkan menyimpan arti lebih dalam. Bagi wanita bersuami untuk langsing juga ingin turun berat badan tak perlu minum obat cukup menggalakkan suami memeluknya. Pelukan berarti melepaskan hormon Oksitosin (1) dari benak yang memicu munculnya perasaan positif bikin fresh, tidak stres. Jurnal penelitian Psychosomatic Medicine, membenarkan bahwa "pelukan hangat dapat melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian. Hormon tersebut akan menekan hormon penyebab stres yang awalnya mendekam di tubuh". Dan ungkapan serupa dari penelitian di Chicago menyatakan, "pasangan yang secara teratur dan spontan saling memberi kasih sayang non-seksual, seperti pelukan, akan merasa lebih puas dengan hubungan mereka".

Dr Karen Grewen, peneliti asal Universitas North Carolina mengumpulkan 38 pasangan dalam satu tempat. Ke-38 pasangan tersebut diminta untuk membicarakan hal-hal bahagia yang pernah mereka alami. Mereka juga diminta untuk menonton sebuah film romantis selama lima menit kemudian berpelukan selama 20 detik. Sebelum semua kegiatan di atas dilakukan, Dr Karen dibantu rekan-rekannya melakukan pengukuran terhadap tekanan darah, tingkat stres dan jumlah hormon oxytocin. Hasilnya, tingkat stres semua orang yang diteliti berkurang. Bukan hanya itu berpelukan dengan teman, mungkin pula hewan peliharaan punbisa meningkatkan jumlah hormon oxytocin dan ini tentu suatu hal yang positif, untuk mengatakan bahwa pelukan nggak selalu harus didapat dari pasangan. Buat Anda yang jomblo alias single, pelukan dengan teman atau kucing kesayangan juga bisa mengurangi stres.

Hormon penyebab stres, cortisol dan norepinephrine, sebab pelukan menurun jumlahnya karena tergantikan oleh hormon oxytocin. Dan hasil akhirnya bisa memberikan kontribusi dalam membantu pola tidur yang sehat, memberi semangat juga untuk kesehatan jantung Anda. Penelitian tersebut juga menunjukan jika wanita lebih responsif untuk memeluk pasangannya. Menurut Dr Karen, hal itu terjadi karena oxytocin lebih memiliki hubungan dekat dengan hormon estrogen yang diproduksi wanita. Dalam kehidupan nyata hormon oxytocin ini bisa tercipta di sebuah perkimpoian yang sehat. Artinya pernikahan tersebut bukanlah pernikahan yang sering diwarnai percekcokan bahkan kekerasan.

Penelitian manfaat pelukan dikatakan oleh pakar motivasi menambahkan bahwa, "bahwa pelukan erat kaitannya dengan Hormon endorfin (sejenis bahan kimia semula jadi yang bertindak sebagai penahan sakit dan mengurangkan keresahan. Jelasnya, selain mempunyai kesan positif dari segi saintifik dan kesihatan sentuhan, pelukan dan gurau senda antara suami dan isteri juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Tambah beliau, ada kajian di Amerika Syarikat (AS) juga mendapati pelukan suami dapat mengurangkan tahap kolesterol dan meningkatkan kesihatan isteri".

Dr. Mohd. Fadzilah Kamsah (pengobatan Perspektif Islam Universiti Malaya di Hotel Sheraton Subang ) berkata, fakta berdasarkan kajian oleh seorang pakar di Jerman mengenai hubungan antara sentuhan dan tahap kesehatan. "Seseorang itu boleh panjang umur jika memeluk isterinya setiap hari kerana pelukan dan sentuhan boleh menyebabkan tubuh manusia mengeluarkan pelbagai hormon termasuk endorfin yang baik untuk kesihatan tubuh."_juga bahwa memberi syarahan bertajuk 'Perkahwinan dan Seks: merupakan Penawar dan Rawatan Bagi Banyak Penyakit. 

Bahwa tanpa hubungan seks dan hanya pelukan penuh rasa kasih sayang juga dapat membantu pasangan untuk awet muda dan berketerampilan menarik. Wanita yang mempunyai kehidupan seks yang baik dan bahagia akan lebih cenderung untuk menghiasi diri," kata Fadzilah.

Tambah beliau, ada kajian di Amerika Syarikat (AS) juga mendapati pelukan suami dapat mengurangkan tahap kolesterol dan meningkatkan kesihatan isteri.Dr. Mohd. Fadzilah Kamsah berkata, fakta berdasarkan kajian oleh seorang pakar di Jerman mengenai hubungan antara sentuhan dan tahap kesehatan. "Seseorang itu boleh panjang umur jika memeluk isterinya setiap hari kerana pelukan dan sentuhan boleh menyebabkan tubuh manusia mengeluarkan pelbagai hormon termasuk endorfin yang baik untuk kesihatan tubuh."

Berhenti bertanya mengapa memeluk ?!!, sebab dengan memeluk kau membiarkan dirimu lebih rileks secara fisik dan emosional, sedang pelukan bisa menjadi tolak ukur kesehatan seseorang hingga memperpanjang umur
_______________
Literasi  / penjelas
1. hormon oksitosin. Oksitosin bertanggung jawab memancing apa yang disebut para ilmuwan dengan ‘sepasang ikatan’. Artinya, pelukan membuat pasangan merasa lebih dekat dan intim.
2. Dr. Nieca Goldberg, asal American Heart Association.

Perihal Terkait Manfaat : Manfaat minum Kopi. manfaat dan seni mendengar, Manfaat pegagan suplemen otak /daya pikir, manfaat perhitungan musim hujan kemarau, manfaat pemelajaran sastra (skripsi) , manfaat : dialog tuntas respek mencintai suami orang, dahsyat manfaat sperma untuk kecerdasan, manfaat toilet bagi selebriti

 Baca juga tentang kesehatan atas manfaat (serial : Hembing Wijaya Kusuma)
*




{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar