Kiamat : Malam Versus Siang

Minggu, Oktober 07, 2012

Kiamat adalah gambaran akhir yang mengantarmu pada segala ketiadaan, dan seluruh isi alam  merebus dirinya sendiri sedang kata berakhir di sini. Kiamat adalah waktu  ditiupnya sangkakala, sebagai awal dahsyatnya kekacauna dan hancurnya alam semesta.

Kiamat adalah malam di bangkitkan kembali manusia dan mahluk lainnya yang telah mati untuk digiring menuju mahsyar. selanjutnya adalah hitungan pasti bahwa  yang jahat akan mendapat kesengsaraan, dan yang baik memeroleh surga indah. Kiamat adalah siang, nan serba jelas dimana penceritaan secara jelas terbuka, tentang penyakit manusia saat hidupnya, juga tentang syafaat, hisab, serta diakhiri dengan menceritakan kenikmatan yang dirasakan oleh penduduk surga atas pahala amal baiknya ketika masih hidup di dunia.

Kiamat perspektif pribadi dalam pengertian masih belum terjadi di dunia pada saat manusia masih hidup dan baru akan terjadi saat manusia mengalami kematian), atau disebut Hari Akhirseseorang, Kiamat  yang tanpa kata, tanpa detak jantung, dan menandai mati dengan selamat, ketika hidup sebelumya adalah koneksitas panghambaan murni ?, murni pada pemilik segala sesuatu yang tunggal, dialah Allah SWT, dalam bahasan agama di sebut "Tauhid".

Sufi dan Hikayat Malam

....Malam tanpa remang dan penuh ke-khawatiran
adalah waktu yang menarikmu kembali dalam perhitungan

             kau sendiri adalah  saksi yang mengapit lenganmu, sekali itulah  lidahmu keluh, matamu belalak 

bisu, lalu ledak dalam hitungan detik....


Sebelum kiamat adalah malam tentang pemaknaan hayati yang menegaskan sebab juga proses kehidupan dalam titik koordinat, kita mendapati diri  dengan laku tak seimbang, malam resap kiamat sesungguhnya cermin nan merasakan getaran kesungguhan dari sang maha_ di gurun nun jauh di sana, apakah rasamu adalah getar dalam sejuk Cahaya, atau mati dalam hening tanpa pelita.

Malam ini bulan masih berenang dalam ruang semesta, tampak bintang-gemintang masih setia bergelantungan sangat hening, dari arah desir angin terdengar suara berbisik.

Seperti bentuk dalam sebuah cermin, kuikuti suara itu, pahamlah bahwa Tuhan menampakkan dan menyembunyikan sifat-sifat-Nya, agar segala makna terpahami, bahwa segala malam adalah khusyu yang berasal dari Lautan-Nya.

"Malam adalah makhluk Allah yang sangat spesial. Malam bukan sebatas kumpulan waktu atau bergulirnya gerak alam. Tapi, geraknya malam yang mencipta senyap menjadi hidup. Dan alam berotasi dalam gerak zikir membesarkan Yang Maha Pemilik"
______________

Malam.... dan Rintik Hujan Jatuh Bagai Bola Salju

pada pohon ramadhan dengan daun rimbun khusyu,
ada yang selalu ingin kupandang atau kukecap sebelum lebaran ini,
saat sebuah cahaya tegak bagai menara, dan orang orang mendaki diketinggian,
malam ramadhan ketika rintik hujan jatuh bagai bola salju, aku detak jam yang merenung, tentang mengapa bergerak dan mengapa kini diam

secepat gemerisik angin pada doa dan senyum yang melambung ke angkasa, aku tak sempat berkata apapun, ketika malam gelap mencipta sendiri bulan dangkal di atas savana dan bumi tiba-tiba berkabut dan beku,
entah tubuhku disudut mana, tapi…. rahasia sungguh jauh dari terjemah
__________
kaimuddin mbck, Maros,ramadhan: 27,11.


Malam Laknat

Dalam alam imajinasi bumi ini terdiri dari berbagai larutan 
adalah larutan gerak yang mencipta angin bertiup dan laut bergelombang. 

pula larutan yang mencipta malam dengan warna elegan, dengan permulaan yang menjelma Senja dan mampir di ruang kalbumu.


Versus Kiamat
Kabut menghambur ke gurun
semua tertidur dan malam pun rebah dalam khusyu , 

Dsawq yang berkeras kita nikahi
: aku belajar duduk, mencerna juga bersila. 
dan masih....perih doadoa kurapal, aku penuh ampun
 
Dan malammalam melingkar, boleh jadi aku masih meraba luka ini, dan
seperti melipat parasut tempat tanah rata menempa kaki, slalu saja begini : kita terus di bumi dengan selokan bau juga dengan katakata maaf tiada henti.
ya Allah...dipintumu kuberdiri malu
-----------------------------------------------------
kaimuddin mbck, maros ramadhan 2011
 Kiamat adalah malam versus siang

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images