Hantu Makassar

Sabtu, Februari 18, 2012

Hantu Makassar cerita sosok gaib dan mistis, meruang di benak, menerawang di pelupuk mata, ia bisa jauh dapat pula dekat, dan tersenyum, adalah telusup perbincangan yang setelahnya adalah penampakan, hantu nan hadir di ruangmu gaib ia membuai cemas,  dan anak-anak kitapun  tak terkecuali  terdengar jeritnya.  Mistik di Sulawesi Selatan dengan ciri khas dan budayanya, termasuk mitos-mitosnya dan cerita rakyat yang tersebar luas. Meremang salah satunya adalah nuansa mistis makhluk halus trans di resap memorimu yaitu Hantu Tujua yang paling seram,  bahkan masih tabu jika di cerita, henti membacanya sedang kami posisikan hantu tujua pada no 4.

Cengkeraman mistik menerawang dalam catatan  hantu Makassar, menandai nama nama hantu di Provinsi Sulawesi Selatan serupa: parakang, tujua, sumiati, cambeua, poppo pacokko tau dll.

Telusur lacak jejak hantu mengantar sampai desa kampung pulau hingga  ke-tempat pembuangan hantu, dimana hantu di kerangkeng dengan perjanjian rahasia, bulu kuduk meremang dan punggungmu menebal sungguh mistis....dingin..

Sejumlah orang mengaku pernah melihat hantu, hingga bikin bulu kuduk berdiri. Ada yang mengatakan tiba-tiba melihat bayangan melintas, mendengar suara aneh, atau merasa diawasi saat sendiri. Terlepas dari kepercayaan tentang hantu, adakah penjelasan ilmiah yang bisa menerangkan kenapa sebagian orang mengaku bisa melihat hantu?

Salah  seorang mencoba menjawab pertanyaan ini adalah Usman . (telah kami paparkan sebelumnya 2 artikel mistik liputan Usman) katanya :  "Saya sudah menyelidiki banyak rumah, penginapan, bioskop lama tak terpakai, kuburan, , penjara tua, hingga gedung kantoran, saya mo bilang bahwa sebanyak apapun di daratan tapi di laut jauh lebih banyak, sebab disana alam / tempat kerajaan hantu" katanya_ Berikut ulasan Usman tentang hantu hantu di Makassar.

2. Hantu Bombo Makassar
Bombo adalah jenis hantu yang suka menakut-nakuti manusia, ia beserta angin dingin jika kau melintas, meskipun hantu ini tidak memangsamu. Masyarakat Sulawesi Selatan percaya bahwa hantu bombo ini merupakan penunggu tempat keramat. ia berada di pohon besar atau di gundukan semak dan kau mengira ular yang bergerak. Hantu bombo sering muncul dalam berbagai bentuk, seperti tangan atau kepala yang sedang terbang. ia melintas dan kadang diam bahkan kau menyangka itu buah buah-buahan, seperti pisang atau kelapa terbang. jangan menunggunya ia selalu melintas...

3. Hantu Batitong Makassar

Batitong / Patitong  adalah sosok manusia yang menjelma menjadi hantu. Batitong bisa muncul pada malam hari dan bisa pula pada siang hari. Namun, hantu ini lebih sering terlihat pada malam hari. 
Patitong sering muncul di daerah yang kotor, seperti tempat pembuangan sampah. Mereka kerap terlihat menggaruk-garuk sampah atau muncul di tempat pembuangan kotoran manusia. atau saksikanlah ia di tempat pemotongan hewan tepat maghrib ia mengelus tulang-tulang dengan lidahnya...

 Pada malam hari, patitong berjalan dengan menggunakan cahaya yang dari lubang hidungnya. Cahaya itu terlihat bola api kecil yang keluar masuk dari hidung. Hantu batitong juga dikenal sebagai pemangsa ganas, terutama pada orang sakit yang sudah sekarat. selalu waktu ia cium bial waktu kau tak berdaya...hupss.

4. Misteri hantu Makassar Tujua,
 Adalah tujuh arwah yang tidak diterima akhirat , . Cerita hantu Tujua ini adalah yang paling menyeramkan untuk dicerita rakyat yang beredar di Sulawesi Selatan, dan ceritanya melegenda hingga kini. Konon, Tujua ini adalah 7 arwah yang tidak diterima di akhirat, dalam artian sampai saat ini mereka gentayangan antara alam dunia dan alam akhirat. 7 arwah ini dikubur di lapangan Karebosi yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Makassar. Bahkan tak jarang 7 arwah ini digunakan oleh para dukun untuk menyantet orang meski dengan jarak jauh rumahmu ia hinggap.

 Kuburan Tujua di lapangan Karebosi Makassar. Dari 7 arwah Tujua ini, menurut cerita yang beredar luas di masyarakat, arwah ke-7 atau si bungsu yang paling ampuh untuk menyantet orang, si bungsu ini katanya sumbing dan bisu, ia diam dan hanya menatapmu lehermu....

Konon, ketika para petugas atau pemain PSM Makassar latihan, banyak dari mereka yang tidak berani berkeliaran ketika malam karena arwah Tujua sedang berkeliaran.

Sekali itu ngeri di salh satu kampus dekat karebosi, anak terlambat pulang  menyimpan cerita menakutkan Seorang kakek duduk diam disamping makam Tujua. Kakek itu diam dengan suara mendesah serak "tujuh kuburan Tujua ini, sudah sejak sebelum lapangan Karebosi ini ", mungkin maksudnya sejak abad ke-10, sebelum masa kerajaan Gowa-Tallo_menurut sumber..

 Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang percaya akan keberadaan Tujua dan mengunjungi lokasi tujuh kuburan tempat Tujua dimakamkan, Jika ingin tahu lebih banyak cerita tentang arwah Tujua ini, Anda bisa mengunjungi langsung kuburannya di lapangan Karebosi dan bertanya kepada ...kepada penunggunya....

Poppo ini sering digambarkan sebagai wujud wanita cantik yang berambut, panjang dan sangat ringan atau bisa terbang, suaranya khas terdengar "pok pok.." sekali penampakannya tertawa  seperti meringkih. Poppo ringan bisa terbang sebab bukan manusia dengan badan yang utuh, jika singgah di bubungan rumah atau diatas pohon besar, sungguh nyaring suaranya terdenger pok..pok...,pok..." seperti suara orang tercekik dan hendak membalas dendam, entahlah.....

Hantu di Makassar dikenal pula bernama pacokko / suka sembunyikan anak kecil atau dikenal juga dengan istilah "nenepakande", hantu ini muncul ditandai jeda pergantian siklus antara sore kepetang atau antara malam kepagi, menangkal..maka seorang pawang hantu biasanya dengan menyisipkan daun atau rumput di daun telinga. dan jika telah terlanjur menyembunyikan seorang anak bocah maka kebiasaan penduduk setempat membuat ribut atau bising di tempat dimana hantu nenepakande tersebut tercurigakan berada, misalnya belakang rumah ada pohon besar, sawah dan bahkan lapangan juga di hutan dan bebukitan.

7. Hantu Makassar dikenal pula Cambeu

hantu bayi (anggapan) hantu ini hasil aborsi lalu di buang di sebuah perbatasan kampung atau di buang ke sebuah jurang< misalnya. cambeu ini menganggap orang yg kebetulan sedang di ganggunya sebagai orang tua-nya, memeluk dengan cengkraman yang sangat kuat, atau seolah bermain dengan menggelitik si orang (obyek penderita tersebut) yang berada di hutan-hutan. di perbatasan kampung atau di jalan lintas daerah yang sunyi semacam di (hutan lindung karaenta maros), Diyakini sering mengganggu pejalan kaki dan mengakibatkan kaki korban bengkak tidak bisa berjalan. Lokasi diduga sering ditemukan : hutan dan lapangan,

8. Longga Hantu  Makassar
hantu ini  sangat tinggi dengan ketinggian seolah kepalanya menyentuh awan, biasanya mengganggu pejalan yang hendak pulang ketika waktu masa maghrib atau petang. Banyak jenis hantu di makassar... Telusur hantu di Makassar maka info tawaran atas keumuman pandangan menyebutkan bahan anti hantu semisal : bawang dengan siung tunggal, merica, belut bagi parakang , garam bagi hantu pallipa garusu, kacang ijo bagi tuyul, parakang dan ranting kayu baiduri, dan lain-lain...

9. Hantu Labuang Baji
Selain kuburan, rumah sakit juga sangat lekat dengan kata horor. Tidak terkecuali rumah sakit "Labuang Baji'", yang sudah berdiri sejak tahun 1938 ini. Makhluk gaib yang sering menampakkan dirinya di rumah sakit ini yaitu sosok pocong, mitos yang beredar sosok pocong ini adalah arwah seorang gadis yang meninggal secara tidak wajar di rumah sakit tersebut. Kamar yang terkenal angker di rumah sakit ini yaitu kamar 2 VIP A UGD RS Labuang Baji yang merupakan kamar di mana gadis tersebut meninggal.Serem kan? Buat kamu yang suka berkunjung ke tempat-tempat horor wajib mencoba 7 tempat di atas!

Di Makassar dan di kabupaten dalam provinsi Sul-Sel, sungguh banyak jenis hantu yang tidak kita ketahui, telusur jejak kesekian kali ini kami coba mengungkapnya satu persatu. dari episode sebelumnya  misalnya ada yang berbentuk setengah hewan dan setengah manusia, parakang, setan sumiati , Poppo, Longga, cambeu, tampakoro' dll. Kali ini dalam


  "Hantu -hantu Makassar", lihat pada


10. Kuntilanak Rumah Karunrung
Rumah yang terletak di jalan Karunrung ini sebenarnya adalah rumah kosong,yang sudah lama ditinggalkan pemiliknya sejak tahun 2003 silam,setelah terjadinya kasus pembunuhan satu keluarga. Karena sudah terlalu lama kosong dan orang-orang yang melewati rumah ini sering mengalamikejadian-kejadian aneh, oleh warga sekitar rumah ini disebut-sebut sebagai rumah angker.Warga sering kali mencium bau anyir yang berasal dari sumur. Sumur tersebut menjadi tempat ditemukannya mayat-mayat keluarga yang menjadi korban pembunuhan. Sosok perempuan menyerupai kuntilanak dan anak-anak kecil yang bermain di halaman rumah itu kerap kali dilihat olehwarga sekitar.

11. Gedung RRI Makassar
Sampai saat ini Gedung RRI Makassar masih aktif digunakan. Gedung ini didirikan oleh tentara Jepang ketika pertama kali mengambil alih kota Makassar. Menurut warga dan para pekerja di tempat ini sering kali melihat penampakan yang konon katanya sebagai penghuni gedung RRI Makassar. Sosok itu ialah seorang kakek dan anak-anak yang suaranya sering terdengar dari salah satu ruangan. Di zaman modern di mana kehidupan masyarakat diatur oleh teknologi canggih, bahkan jika kita belum pernah membaca Studi hantu atau syetan_ Mereka makhluk gaib, hantu itu berada di alam lain. Tak mampu berbuat apa pun).
_____
Sangbaco.web.id
dalam item judul "Hantu Makassar"_Februari.18.2012

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images