Atraksi Cerita Rakyat : Blogger Sengkang

Selasa, Februari 14, 2012

Atraksi cerita rakyat state blogger Sengkang merupakan progres 
pembelajaran "Go-Blog Kreatif" item kegiatan bulanan KBM pimpinan Ansari meretas di bumi Puang Ri Maggalantung Wajo Sengkang, Apresiasi awal kegiatan mengenalkan content kearifan budaya sebagai bagian penguatan eksistensi diri bagi siswa sma blogger wajo
________________


Nilai moral dlm cerita rakyat (blogger Wajo ) pengenalan content pembelajaran go-blog pada siswa strata sma, item pilihan sekali itu apresiasi bercerita dalam penguatan artikulasi, sebab terkait dengan penulisan, pula sedang menarik nilai moral sebagai perlawanan atas era zaman yang menggerus nilai moral dan kearifan kepribadian. Wajo mengenalkan tokoh budaya Puang Ri Maggalantung, ia hadir ketika aksara kearifan perlahan di bangun dan menjejakkan nilai demokrasi pada generasi setelahnya. Puang ri Maggalatung menandai apresiasi pada siswa sma di wajo oleh pemateri crew KBM "bahwa setelah pemerintahannya perjanjian dengan rakyatnya terikrar mencerahkan zaman. . Amanah rakyat Wajo kepada Puang ri Maggalatung dijalankan dengan baik. Memimpin secara demokratis, jujur, dan adil menjadi ciri dalam pemerintahannya. Keberhasilan pun di raih.....dst" 


Penanaman nilai terhadap anak didik diyakini akan melekat sampai dewasa, hal ini berkaitan dengan salah satu manfaat pemelajaran sastra dalam membentuk watak peserta didik, cerita rakyat bagi masyarakat lampau kab Maros, menyebutnya dgn istilah "Paupau Rikadong", sebuah keinginan dari pelaku/penutur cerita untuk mengekpresikan gagasan, ide-ide, juga sebagai sarana penting untuk memahamkan dunia kepada orang lain, menyimpan, mewariskan gagasan dan nilai-nilai tersebut dari generasi ke generasi berikutnya. 

Dalam aspek ini Kearifan lokal adalah sikap, pandangan, dan kemampuan penutur dalam mengelola lingkungan rohani dan jasmani pendengarnya, yang memberikan kepada komunitas itu daya tahan dan daya tumbuh di dalam wilayah dimana komunitas itu berada.

Dengan kata lain kearifan lokal adalah jawaban kreatif terhadap situasi geografis-geopolitis, historis, dan situasional yang bersifat lokal (Saini KM, 2005) keberkembangan elemen ini penting untuk memperkuat kohesi sosial di antara warga masyarakat.

Salah satu cara untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur bangsa adalah dengan memperkenalkan budaya lokal kepada anak didik kita. Nilai-nilai budaya lokal ini adalah jiwa dari kebudayaan lokal dan menjadi dasar dari segenap wujud kebudayaan di daerahnya. Memperkenalkan cerita rakyat dalam bentuk mendongeng sebelum tidur misalnya merupakan budaya bangsa kita dahulu, yang pada masa kini sudah mulai meluntur seiring berkembangnya zaman. Cerita merupakan salah satu sarana penting untuk mempertahankan eksistensi diri. Cerita tidak hanya digunakan untuk memahami dunia dan mengekpresikan gagasan, ide-ide, dan nilai-nilai, melainkan juga sebagai sarana penting untuk memahamkan dunia kepada orang lain, menyimpan, mewariskan gagasan dan nilai-nilai tersebut dari generasi ke generasi berikutnya. (cerita rakyat warisan budaya indonesia

Budaya lokal yang beraneka ragam merupakan warisan budaya yang wajib dilestarikan. Ketika bangsa lain yang hanya sedikit mempunyai warisan budaya lokal berusaha keras untuk melestarikannya demi sebuah identitas, maka sungguh naif jika kita yang memiliki banyak warisan budaya lokal lantas mengabaikan pelestariannya. Ibarat kata pepatah ”menggapai burung terbang sementara punai di tangan dilepaskan”. Beberapa hal yang termasuk budaya lokal misalnya cerita (dongeng) rakyat, ritual kedaerahan, tradisi kedaerahan, kreativitas (tari, lagu, drama, dll.), dan keunikan masyarakat setempat.

menyampaikan pesan pada ananda dalam tradisi budaya mappacci
 Beragam wujud warisan budaya lokal memberi kita kesempatan untuk mempelajari kearifan lokal (local genius) dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi diera ini dengan mengambil kesederhanaan dan kearifan masa lalu itu, demikian salah satu pandangan hidup yang kita mesti coba koneksikan dengan berbagai strategi keilmuan yang berkembang ini, sebuah kohesi dan konstruksi social yang me-baru-kan : kukira
________
kaimuddin mbck " warisan budaya Indonesia, dalam cerita rakyat  .
*Nurgiyantoro (1995: 164) 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images