Dari Kuburan Sumiati ke Hutan Lindung Karaenta Maros

Ruh populer hantu atau setan sumiati dapat saja tetap gentayangan sebab bunuh diri. Dan bunuh diri adalah perihal yang sangat memungkinkan "keadaan Sumiati" dijadikan wadah oleh jin, dan sebab ke-wajar-an lain adalah, demikian jin kafir melihat dan mengetahui keadaan sumiati dengan prosesi kematian-nya yang tidak wajar, inilah sebab ke populer-an Sumiati secara keseluruhan, dan perihal ini silang-kait dengan usia jin yang juga panjang hingga 500 tahun. Hampir dikatakan bahwa "setan Sumiati" legenda mistik abadi sebagai roh atau hantu gentayangan yang keberadaan-nya menelusup seolah sejarah mistik tersendiri di Provinsi Sulawesi Selatan. Dan sebab kewajaran yang lain kepopuleran roh atau Hantu Sumiati karena adanya pahaman jin karin pada tubuh tiap orang, atau semacam kembaran dalam bentuk ruh yang apabila orang yang ditinggalinya mati maka ia bergentayangan sehingga "perihal" itu sangat ber-efek menambah sinya keter-populerar-an setan Sumiati, ya hal yang kompleksitas tapi segalanya sebab peristiwa Sumiati adalah wadah, so pasti pahaman benar nrima sumiati bunuh diri dan jin atau setan ikut ternd dalam ngebuat hantu sumiati itu semakin...ngerresss....kental mistik.....(akhiri hidup dengan bunuh diri maka kau Setan Sumiati kedua......

Hantu sumiati populer di Sulawesi Selatan, rupanya di kuburkan di daerah Beroanging. Hasil terawang mengindikasikan semasa hidupnya Sumiati tinggal sebuah kampung (sekarang Sinassara *menjadi nama salah satu jalan di Makassar),. tidak terlalu jauh dari tempat ia bunuh diri yaitu di sekitar Benteng somba opu. usai mayat Suamiti di lepaskan dari tali yang menggantungnya sebab bunuh diri, mayatnya di antar ke RS Pelamonia lalu di area Beroanging Sumiati dimakamkan atau kuburkan.

Seorang siswi di kampung Labuaja sebelum keanehan terjadi pada dirinya, ia bercerita tentang: cairan hangat yang tersentuh oleh jari-jari tangannya setelah mengelus mata kuda pada asbak patung tersebut. ketika dia memperhatikan wajah patung itu : kaget .....dua mata patung seolah tetesan tetesan air mata. "patung menangis ?" desisnya. Peristiwa aneh ini membuatnya kesurupan lalu menunjuk-nunjuk kearea hutan lindung tersebut, rupanya silang kait dari peristiwa ini tampaknya Hantu di area hutan lindung "Karaenta ", tempat lintasan kendaraan antar provinsi, adalah berita tren topik yang sempat menghiasi dunia maya bahkan ada yang membuat semacam group hantu Setan Sumiati usai penampakan tersebut. Mengapa hantu sumiati ada di karaenta ?.

Karaenta memang kondisi geologis yang sedikit berbeda, yang dalam cerita sejarah asal-muasa tempat tersebut dikenal sebagai "tempat menghadang musuh" atau dalam istilah sejarah disebut "Pangngadangang", cekungan-cekungan jalan raya dan hutan lepas berada pada zona berpotensi melahirkan tekanan mistik, rimbun terjal dan cerita mistik yang memenuh di ruang warkop setelah penumpang singgah sejenak dari melewati tempat tersebut. banyak musuh terkubur di tempat itu, lebih lagi dalam cerita Lontara Attoriolong (naskah scrib sejarah) mengentalkan tempat itu sebagai daerah pawella / bhs Bugis : Perampok. terdapat pohon beringin yang cukup besar dan tampaknya sudah cukup tua, disanalah penampakan hantu sumiati melintas , dan tertangkap kamera. (sebab jarak kami masih mnunggu apload foto tsb), Orang-orang yang berkerumun disana sibuk dengan kamera handphonenya memotret lokasi tersebut dengan harapan bisa mendapatkan penampakan baru, tapi hasilnya..?

area Hutan lindung Karaenta benteng dekat pangngadangang
Sebagai bocah aku merekam banyak cerita tentang hantu/ setan-setan yang berkelindan di bumi "Angin Mammiri " Sulawesi Selatan ini.*** ditelinga masyarakat, banyak sumber terdengar dari rumah degodego, pos kamling hingga warung kopi, mereka menyebut/ membicarakan hantu hantu-hantu yang mereka kenal sejak SD seperti , nenek pakande, Longga (hantu tinggi) dan hantu di rumah sakit “pelamonia”, tetapi yang sangat terkenal dari zaman ke zaman adalah cerita tentang hantu  sumiati".(lebih populer "setan sumiati"), sehingga latar belakang /jejak sosok hantu Sumiati ini, menuai banyak versi.di Punggungmu-pun menebal Hantu Sumiati di dekatmu (2)
__________

* dekat dengan Kaluku Bodoa (nama salah satu jalan di makassar)
Hantu Kuburan Hutan Lindung

{ 2 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

aty_bidam mengatakan...

rumahku kowdong d sinassara, matemi jah....hahahaha :-)

Anonim mengatakan...

Jl. Sinassara no. 18 rmahna hapgahapgapga

Posting Komentar