nasKah draMa (se-babak)

Judul Naskah Drama "Kebebasan Abadi"
 *NASKAH DRAMA SE BABAK
Prolog -Di sebuah pulau sempit dan tandus terdamparlah sekelompok militer , awalnya mereka berjumlah 10 orang, kini beberapa diantara mereka telah mati ...terkubur. kondisi pulau yang sempit, kering, ditambah kelaparan dan penyakit merubah watak militer mereka, apakah ini karena negeri tercinta, atau sebuah tendensi pribadi salah seorang dari mereka? Saksikan pementasan drama ”kebebasan Abadi”.naskah karya.....C.M.Nas. dengan sutradara...........(tampaklah sersan sedang gusar seorang diri, setelahnya kapten masuk, mata sersan tertumbuk padaknya)

1.Sersan : Sampai kapan kita harus begini ?

2.Kapten : Sampai Angkatan Laut Republik datang., dan bukan lari seperti kita, tapi datang  membawa berita kemenangan penuh !

3. Sersan : Kalau mereka dari seberang tidak datang, apa masih ada harapan?

4. Kapten : Harapan tetap ada ! segala harapan!

5. Sersan : Juga harapan mati? (tukasnya dengan cepat)

6. Kapten : Kau takut?

7. Sersan : apakah kau tidak takut?

8.Kapten : Malah aku menantikannya! Itulah kemerdekaan mutlak! Kebebasan abadi!

9. Sersan : Itu Kebebasan menurut anda sendiri! Kau sebagai pemimpin disini memang bisa mati tenang, karena kau sudah lama hidup, tapi aku...! Aku masih muda, aku belum mau mati...!

10. Kapten : Siapa yang menyuruh mati?

11. Sersan : kau....!

12. Kapten : Aku... ?

13. Sersan : Yah...! Kalau kami mati, maka andalah pembunuh kami.

14. Kapten : Sediakan saja saksi-saksimu, kalau-kalau suatu waktu kelak kita sempat menginjak pengadilan tentara!

15. Sersan : Kita semua tahu, bahwa andalah yang memberi komando menembak tembus lunas perahu. (jelaskan dengan gestur)”Sebaiknya kita mendarat di sini(meniru karakter kapten). Itu yang menyebabkan kematian kita semua.

16. Kapten : Maka kita tidak bisa pulang ke bumi yang terjajah maksudmu?

17.Sersan :Barangkali negara kita sudah merdeka dan kita disini tersiksa.....terbuang..! karena kecerobohan anda sebagai pemegang komando .

18.Kapten : Tapi kalau Belanda masih berkuasa, artinya aku yang membawa dan menyelamatkanmu ke tanah yang merdeka ini. Kalau untuk itu aku dihadiahi tembakan 12 butir peluru sebagai ganti balas jasa, kembali aku rela mati penuh ketenangan haha..ha..ha...(kapten pergi meninggalkan gelak gemuruh –hingga dibawah panggung), dan seterusnya..............

Yahudi dibantai sebanyak 28.000 di Vinnista : sejarah
____________
Pilihan naskah drama lainnya : 


rama "Kebebasan Abadi"
7. Naskah Drama "Penjemput Sahid"

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar