"Kesadaran Histiografi__

oleh Sang Baco pada 30 Juni 2011
Kesadaran histiografi itu karena rekaman peristiwa lampau, simbol berupa  gambar yang menunjukkan reflika 2 dimensi relief, atas sebuah naskah kuno  kesejarahan yang tertuang dalam bentuk materi tradisional, tetapi hasil tulisan atau naskah tersebut tentu sedikit banyaknya  dipengaruhi oleh alam pikiran penulis naskah atau masyarakatnya dalam simbol gambar dan paparan masa lalu mereka akan keberadaan perahu layar tersebut. Juru bicara Candi menyampaikan bahwa semangat bahari yang terpahat 2 dimensi tersebut dan terlihat dalam 2 gambar, mungkin saja (budayawan lokal pula menjelaskan demikian) adalah salah satu hal tempahan laut mengantarai keberadaan   masyarakat Bugis Makassar yang dengan  unsur-unsur kepercayaan dan mistik yang dimiliki masyarakat ini tentang dunia bahari. by candi borobudur (ket:sementara)


Simbol sejarah ini adalah bagian terpenting bagi pembentukan sebuah peradaban. Melaluinya manusia diajak untuk sejenak mengembalikan ingatan dalam rangka menghadirkan nilai-nilai sebuah peristiwa yang melingkupinya. ”Siapa yang menguasai sejarah, menguasai masa depan, yang menguasai masa kini menguasai sejarah”, demikian kata George Orwel. Ungkapan ini menyadarkan kita semua betapa pentingnya peran sejarah dalam membangun peradaban bangsa ke depan.


Masyarakat Indonesia, seperti pernah dikatakan Soedjatmoko, memiliki kesadaran sejarah yang rendah. Rendahnya kesadaran sejarah ini dapat dilihat dari cara bagaimana mereka memandang masa lalunya. Masa lalu seringkali hanya diingat sebagai barang antik yang dianggap tidak ada gunanya. Oleh karenanya masa lalu hanya dijadikan dongeng menjelang tidur yang tidak ada relevansinya sama sekali dengan kehidupan nyata di hari ini.
Histiografi kesadaran sejarah ini mengembalikan ingatan kita akan kekuatam masa lalu itu (kekuatan ilmu palaq, analisis bahari dan bentukan ketangguhan prajurit laut) sebagai bentukan peradaban awal, hal yang dalam banyak sejarah akan keterkaitan kerajaan2 (dahulu) luar dan dalam terlibat erat peran bugis makassar dalam  kancah hegemoni emosional peperangan. "mereka dengan perahu pinisi merambah mancanegara hingga ujung dunia dan tiba di madagaska, pengendara selengkapnya di >

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar