Analisis Sastra mistik dan religi

Dialog (1),sebab sastra mistik religi juga adalah keteladanan yang memerdekakan hamba ke jalan surga, bila kau menulis senyum orang yang menguatkannya ke surga, subhanallah...= Sastra mengungkap mistik “Saya kira, kita tahu bahwa Tuhan datang ke kesadaran kita itu sebagai teks, sebuah bentuk huruf. Tuhan sendiri kan tidak kita ketahui, kecuali yang kita ketahui melalui teks/huruf tentang Tuhan. (belajar, tanpa timbangan kausalitas, , dalam sastra segala sesuatu adalah teks atau seolah lumbung yang siap "kun fayakun..." atas keterwakilan atau simbol sesuatu apapun kebaikan yang terjelma dari para pekerja sastra religi, ya..sastra sebagai teks masih lebih terpercaya mewakili segalanya....dan kata Afrizal Malna "bahwa dunia ini adalah proyek raksasa atas teks sastra"

Kecerdasan Instalasi Sastra
Mistik mengungkap religi : “Tapi teks atau kata tidak berarti ukuran dalam bentuk tertulis saja atau mengalami premis. Tetapi kata dimensi religi kepijatan dalam pengembangan mediasi antara kita dan Tuhan yang menyentuh link kesadaran dalam teks keperilaku kesadaran (serupa dengan kitab2 samawi yang diturunkan dari langit, perihal ini di tandai dengan kesadaran kita tentang Dia. Dia/Tuhan. Jadi setiap orang baik ia kuat meneladankan teks ke pembaca walaupun hanya obyek sumber metafora juga insting, maupun penyair misalnya. Perihal Mistik Religi > Bukanlah selamanya ia dalam kemasan tampak bergulat dengan Tuhan sebagai tampilan tapi adalah melalui teks dan mengenalkan bahkan menenerjemahkan kemudahan , keluarbiasaan dimensi psikis itu semisal :akhirat surga ada neraka juga bidadari, segala demi sebuah sebab akan keterbahasan religi (da'wa) ke dalam bahasa, link berikut adalah analisis timbangan / neraca yang membangun sense  >

lukisan religi mistik : metafora keindahan dalam ciptaan tuhan yang mengenalkanmu keseimbangan antara alam hewan dan manusia dalam habitat hidup
Masih samar tentara mistik religi  ungkapan berikut,“ penunjukan rasa dan sikap atas penerjemahan teks tuhan itu dalam mistik dengan memberinya premis atau implementasi lebih pada rasa (syukur dan ketabahan yang indah juga melakukan perintah langit). Semisal tuhan itu : Ada, hidup terus menerus , mengawasi, tak tidur juga tidak lupa, termasuk ketika kata (pasukan lain )yang tiba-tiba datang memberi bantuan bagi mujahidin di Palestina. Riil peristiwa ini sebab Israel sendiripun mengakui keberadaan sosok berseragam putih tersebut. Hal ini yang kita sebut sebagai Tuhan sebagai bantuan atas segala kemahaan dan iradahnya/kehendaknya (bukan sekedar berakhir pada ketertutupan /tanpa metafora pada kata tadi. (ketika Tuhan hadir dalam setiap napas kita. link terkait ..


analisis Kaidah Sastra mistik dan religi : pengertian itu tidak bisa disampaikan dalam bentuk konsep tetapi tawaran pada pemecahan persoalan, mereka juga kita kemudian berbeda dalam merumusnya. Yang kita hayati dalam gerak alami sebagai tangkapan dasar dari kata atau teks yang membentuk keindahan melaksanakan religi sebab penguatan kausalitas dunia dan akhirat, (* sebatas yang mungkin kita mengerti sebagai olahan pikiran kita. Kita tidak berlepas dari sejarah, asbabun nusul, asbabun wurud sebab jika tidakdemikian atau tanpa kekuatan history maka kita terjebak dalam alam pikiran sendiri, alam yang di dalamnya tersimpan lalai, tidur, juga ketergesa-gesaan, sebagai layak makna sama antara manusia dan hewan. Sedang tuhanpun ada dalam teladan perkembangan peradaban manusia"
____________
kaimuddin mbck, ya tulis-tulis saja cuma sedikit ngerres juga "Sastra, mistik dan religi 

Rangkaian Kata Hikmah Dalam Sastra Religi/ Petuah Dari Buya Hamka

Oleh: Era Findo el-Faqih
Dari buku Di Bawah Lindungan Ka'bah

* Kejadian yang mendukakan hati dan menerawankan pikiran.
* Kehidupan itu laksana lautan: " Orang yang tiada berhati-hati dalam mengayuh perahu, memegang kemudi dan menjaga layar, maka karamlah ia digulung oleh ombak dan gelombang. Hilang di tengah samudera yang luas. Tiada akan tercapai olehnya tanah tepi".
* Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman, bagaikan lentera di tangan pencuri (dari buku yang lain).
* Tali tempat bergantung telah putus dan tanah tempat berpijak telah terban.
* Masa itu daun sedang rimbun, bunga sedang kembang dan buah sedang lebat.
* Tentang penulisan pada surat yang berbau cinta muda-mudi:
" Walaupun di dalam surat itu kita berusaha menghilangkan kata-kata yang rancu, namun tentulah pada akhirnya salah satu kata dalam surat itu terpaksa jua membawa arti lain. Sebab dalam perkara yang halus-halus anak perempuanlah yang amat dalam penyelidikannnya".
* Cinta itu adalah jiwa. Antara cinta yang sejati dan jiwa tak dapat dipisahkan. Cinta pun merdeka sebagaimana jiwa. Cinta itu terkadang mustahil. Tetapi kemustahilan itulah yang kerap kali memupuk rasa cinta.
* Seseorang yang terkena penyakit cinta, maka ia (seolah-olah) takut akan terkena cinta itu. Itulah dua sifat dari cinta. Cinta itulah yang merupakan (menyerupakan) dirinya menjadi sebuah ketakutan. Cinta itu kerap kali berupa putus harapan, takut, cemburu, iba hati dan kadang-kadang berani. (Namun) terkadang cinta itu hanya menurutkan perintah hati, bukan perintah otak.
* Emas tak setara dengan loyang. Sutra tak sebangsa dengan benang.
* Karam rasanya bumi ini saya pijakkan. Gelap tujuan yang akan saya tempuh.
* Bahwasanya air mata tiadalah ia memilih tempat untuk jatuh. Dan tak pula memilih waktu untuk turun.
* Dahulu diriku telah berduka, sekarang berduka cita. Dan kelak agaknya akan terus berduka hati.
* Cinta itu adalah persaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia. Ia (cinta itu) laksana setetes embun yang turun dari langit. Bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlainan menerimanya. Ada kepada tanah yang tandus atau gersang. Dan ada pula kepada tanah yang subur.
* Bahwasanya cinta yang bersih dan suci (murni) itu, tidaklah tumbuh dengan sendirinya.
* Untung dan bahagia sejati adalah jika kita tahu bahwa kita tidak hidup terbuang di dalam dunia ini. Tetapi ada orang (lain) yang mencintai kita (yaitu: Allah SWT, nabi SAW dan kedua orang tua kita).
* Hanya menumpahkan air mata itulah kepandaian yang paling penghabisan bagi seorang wanita.
* Satu hati lebih mahal dari pada senyuman. Satu jiwa lebih berharga dari pada sebentuk cincin.
* Tidak ada seutas tali pun tempat saya bergantung selain dari pada tali Engkau ( ya Allah). Tidak ada satu pintu yang akan saya ketuk, lain dari pada pintu Engkau (ya tuhanku).
* (Wahai bundaku): " hidupmu yang tiada mengenal rasa putus asa. Kesabaran dan ketenangan hatimu (dalam) menanggung sengsara. Dapatlah kiranya menjadi tamsil dan ibarat kepada kami".
ý Dari buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck:
* Bukit putus rimba keluang
Di rendam jagung dihangusi
Hukum putus badan terbuang
Terkenang kampung kutangisi
* Ilmu apakah yang saya dapatkan disini, negeri ini begitu sempit, dunia terbang akhiratku pergi.
* Pepatah orang Makassar: " Anak lelaki tak boleh dihiraukan panjang. Hidupnya ialah untuk berjuang. Jikalau perahunya telah ia kayuh ketengah, ia tak boleh bersurut pulang. Meskipun bagaimana besar gelombang. Biarkan kemudi patah, biarlah layer robek. Itu lebih mulia (baginya) dari pada membalik haluan pulang.
* Pantun-pantun Buya Hamka:
Pulanglah kapal dari Mekkah
Penuh muatan orang haji
Awas-awas engkau melangkah
Memetik bunga dalam duri
Hendak tahu dibaik orang
Tanyakan kepada kawannya
Hendak tahu diburuk orang
Tanyakan kepada lawannya
Kupas dasun di dalam belanga
Rama-rama bertali abuk
Upas racun kiranya dunia
Makin lama makin memabuk
Pulau pandan jauh di tengah
Di balik pulau Angsa dua
Hancur badan dikandung tanah
Budi adik terkenang jua
* Anak kandung jangan menangis. Orang penangis lekas rabun. Orang penggamang mati jatuh. Orang pemarah tanggal iman dan pehiba hati lekas tua.

Dari buku Kenang-kenangan Hidup, Jilid 3.
Kata Hamka saat ia menyampaikan perkataan Bung Karno:
Membangun tanah air, sesudah mencapai kemerdekaan, akan lebih sukar dari pada semasa revolusi. Segala lapangan akan memerlukan banyak orang. Sedang kemerdekaan tanah air adalah jembatan emas (untuk) menuju cita-cita.
putus tali layang-layang
robek kertas tentang bingkai
hidup nan jangan menyepalang
tidak kaya berani pakai
wahai diriku teruslah maju
di tengah jalan jangan berhenti
sebelum ajal janganlah mati
keredhaan Allah itulah tuju
 hati yang luas tak bertepi
cinta yang dalam tak terajuk
kau minta permadani
padaku hanya tikar pandan
awan berarak kabut berserak
di bunga yang mekar pagi
di bayang fajar menyingsing
di embun menyentak naik
* di ombak memukul karang
di riak menghempas diri
di oleng biduk nelayan
di layer perahu jauh
* di kepul asap jerami
di awan arak-berarak
di langkah ternak beriring
di uban menjuntai kening
* di pudding yang panca warna
jauh tidak berantara
dekat tak bersatu
* ragu hati rembang mata
warna-warni kembang di taman
senyum simpul mengajuk jantung
kungkung jiwa atasi nafsu
jangan murung terkatung-katung
pilih satu terima untung
* hidup insani dilingkung batas
hidup hewan yang lepas bebas
* biarkan orang tumbuh menurut alamnya
* kalau tidak naik membubung, biarlah mati tersungkur.
* Dari pepatah Minang: " suka yang tidak boleh ditukar, malu yang tidak boleh dibagi.
* Beras yang putih untuk Jepang
Di kita jagung campur ubi
Banyak bicara kena lampang (kena tampar)
Kalau melawan hukum mati
* Apalah artinya saya, memasang lilin di dekat kampu-lampu besar yang menyala-nyala. Menyinarkan terangnya diseluruh alam Indonesia.
* Kalau berhembus angin selatan
Jangan lekas riang gembira
Kalau bergoncang tali bubutan
Jangan lekas berputus asa
* Selama nyala iman di dada
Panah tujuan tidaklah hilang
Tuhan Allah tetaplah ada
Tanah airku tetap menang
* Maka berbicaralah dia sepatah demi sepatah. Tenang tapi berombak. Lambat tapi bergelombang.
* Rupanya mengapa Bung Karno begitu mengena pidatonya di tiap rakyat dan negeri! Sebab, di tiap negeri yang ia datangi, amat pandai ia mengarang pujian untuk orang dan negeri (tempat ia berpidato itu). Maka pidatonya pun diterima dengan senang hati dan (tepuk tangan) gemuruh oleh Rakyatnya.
* Pandang tenang hadap ke muka.
* Hilang segala kepayahan
Hilang segala kepenatan
Lupa segala penderitaan
* Malam atau siang sembunyi atau tenang.
* Saudara; kebesaran bukanlah karena ilmu. Meskipun keturunan dan ilmu boleh (dapat) dijadikan alat untuk menempuh kebesaran. (Sesungguhnya) kebesaran itu adalah kesanggupan seseorang dalam mengatasi kesulitan zamannya dan (ia) muncul di waktu-waktu yang tepat.
* Orang politik, adat dan agama harus disatukan untuk bersatu menghadapi kesulitan.
* Akal tak pernah hilang dan semangat tak pernah patah walaupun badan tak berdaya.
* Sebuah nasehat Buya Hamka kepada istrinya tercinta disaat bahaya kelaparan melanda Sumatra Barat di Zaman Paceklik:
Kalau Allah tidak izinkan kita lagi untuk tinggal di dunia ini, tentu kita mati. Tetapi kalau masih beleh hidup, (maka) kita akan makan.percayalah.
* Sebuah pepatah dari Sumatera Barat: " di waktu kesawah cangkul berlebih. Di waktu hendak makan piring kurang.
* Demikian pulalah yang kerap terjadi di masyarakat, karena kelalaian memperhatikan sebab yang kecil, (maka) tumbul bahaya yang besar.
* Taqdir itu bukanlah dielakkan melainkan dicari.
* Pendirian hidup (adalah) lebih baik kita memperbaiki sangka kepada tuhan.
* Mendarurat
Bebankulah sarat
Tapi cinta Negara lebih berat
Biar kaki tinggal sekerat
Kulanjutkan juga biar larat
… bila kemerdekaan telah berurat
… bila persatuan telah kokoh erat
Bahagialah aku dikala tidur di jirat (di kubur)
Bercahaya mukaku di akhirat
Dari kanan aku menerima surat
…aku menyerah kepada Engkau (wahai) tuahanku dengan tidak bersyarat.
* Sesak nafasku kala mendaki, keringat mengalir sampai ke kaki.
* Kita masih hidup, udara masih kita hirup dan nafas belum redup.
* Dua cahaya menembus kegelapan. Yaitu cahaya iman dan cahaya harapan.
* Selama-lama mendaki, kita (juga) akan menurun ke padang datar. Ke pengharapn yang besar
* Mari kita isi saat sedetik itu dengan kesan, sebutan dan kenang-kenangan.
* Jika kering danau Singkarak
Maninjau ada tempatmu mandi
Minang Kabau iring berarak
Menuju takhta ibu pertiwi

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar