Omong Kosong Kebenaran : Filosofi Indera Manusia

Selasa, Januari 10, 2012

Ulasan yang mengindahkan asumsi bahwa," kebenaran ilmiah tak sepenuhnya murni tanpa cacat", bahwa tak hanya Ilmu pengetahuan hanya melihat dan menilik; pula bukan menetapkan. Ia hanya melukiskan fakta-fakta, objek-objek dan fenomena-fenomena yang dilihat dengan pandangan yang mempunyai sifat pelupa, keliru, dan ataupun tidak mengetahui.

Karenanya, jelas pulalah bahwa apa yang dikatakan orang sebagai sesuatu yang benar (kebenaran ilmiah) sebenarnya hanya merupakan satu hal yang relatif dan mengandung arti yang sangat terbatas. Maka belajar pada perubahan-perubahan yang di tangkap dan dapat di cernah oleh indera merupakan kemestian, persesuaian proposisi antara pikiran (fikr) dan kenyataan. Omong kosong kebenaran serupa dengan nonsen, hanya bermaksud melihat perihal lain agar yg samar tampak jelas hingga kelihatan sera-seratnya, inilah guna mengungkap kebenaran lain dari asumsi filosofi indera manusia, simak.
Tertera bahwa suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari, sebuah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. dan latihan tsb, aspek terkait itu terjelaskan, sebagai penguatan. Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan dalam pengelolaan pemahaman. Meski demikian Tak ada kata "kebenaran kekal", apa yang dianggap salah di masa silam dapat, diakui kebenarannya di abad modern (mungkin)

Bagaimana kita dapat mempercayai panca indera, di mana mata merupakan indera terkuat ?, sedang : bila ia melihat ke satu bayangan dilihatnya berhenti tak bergerak sehingga dikatakanlah bahwa bayangan tak bergerak. Tetapi dengan pengalaman dan pandangan mata, setelah beberapa saat, diketahui bahwa bayangan tadi tak bergerak, bukan disebabkan gerakan spontan tetapi sedikit demi sedikit sehingga ia sebenarnya tak pernah berhenti.

Atau  lesap ke penglihatan mata dalam melihat gunung yang-
 diam, padahal sesungguhnya ia bergerak , secara ilmiah demikian

"Omong Kosong Kebenaran : Filosofi Indera Manusia"

Mari coba kita introspeksi dengan tidak hanya menyadari kekeliruan selama ini, tetapi yang terpenting adalah segera menerima tawaran lain dalam sistem nilai / filosofi yang telah lama terlanjur masuk dalam qalbu kita juga dengan mengaitkan filosofi makna tersirat kondensasi yang yang paparkan dan sunting / diajarkan Al-Quran, yang menjadi penggerak atau sikap mental kita dalam kehidupan sehari-hari. Misal terbukanya mata hati mereka kepada tuhan, saat mencuatnya teori Big Bang pada 1930 yang membuka mata dunia dalam rantai antara sains dan ketuhanan, perihal para ilmuwan Barat menemukan keajaiban agama, khususnya rasa takjub mereka terhadap Alquran dan Nabi Muhammad SAW. sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran. “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. (Qs: Al-Hijr: 9). Item ini kami haturkan pada bahasan akhir

panca indra menyatakan bahwa sepotong baja adalah padat, padahal sinar U memperlihatkan bahwa ia berpori.

Tembok Besar China dapat dilihat dari luar angkasa tetapi tidak seunik dari yang digembor-gemborkan. Dari orbit bumi yang rendah, banyak objek artifisial dapat terlihat di bumi, tidak hanya Tembok Besar China. Jalan raya, kapal di lautan, bendungan, rel kereta api, kota, persawahan, dan beberapa gedung.

Seperti yang telah diklaim bahwa Tembok Besar China adalah objek buatan manusia yang terlihat di Bulan, Astronot Apollo telah melaporkan bahwa mereka tidak melihat objek buatan manusia apa-pun dari bulan.

Memandang kepada bintang, ia melihatnya kecil bagaikan 
uang dinar, akan tetapi alat membuktikan bahwa 
bintang lebih besar daripada bumi

Omong Kosong Kebenaran : atas Filosofi Indera Manusia

Meteor Panas di film Hollywood. Saat meteor mendarat di bumi, biasanya meteor tersebut tidak panas seperti kebanyakan meteor di film Hollywood. Biasanya hanya hangat. Kecepatan meteor cukup untuk melumerkan permukaan terluarnya, tetapi material yang lumer dengan cepat terpisah, dan interior dari meteor tidak mempunyai waktu untuk memanas karena batu merupakan konduktor panas yang buruk.

Satu hukum aksioma tentang Teori bumi datar di suatu masa misalnya, dibatalkan oleh teori bumi bulat yang kemudian dibatalkan pula oleh teori lonjong seperti lonjongnya telur. Mungkin tidak sedikit orang yang yakin-bahwa pertimbangan-pertimbangan logika atau ilmiah --terutama menurut Ilmu Pasti-- adalah "benar", sedangkan kenyataannya belum tentu demikian.

Omong Kosong Kebenaran : terhadap teks ?*
Seseorang sedang membuat sebuah karya fiksi, maka secara tidak langsung ia juga sedang berfilsafat. Namun, nalar-metafora yang ia gunakan telah membuat filsafat yang tadinya di tulis dengan huruf “F” menjadi filsafat yang ditulis dengan huruf “f”, karena pada akhirnya, ia bisa melepaskan diri dari kesibukan bergulat dengan problem-problem filosofis, seperti identitas, substansi, metafisika dan mulai berpikir tentang “manusia”.

 Meskipun karya fiksi terkadang menyingkirkan rasionalitas, dan bahasa-bahasa figuratif menggantikan skemata logis, namun nalar-metafora fiksi selalu mengagungkan kejujuran sebagai nilai tertinggi melebihi keindahan, dan makna yang ingin ditampilkan selalu terjaga dalam ‘aksara-aksaranya’. Hal ini berbeda dengan aspek rasionalitas/nalar-forma dari filsafat yang lebih memenjarakan makna pada satu nilai dan mengunci rapat terhadap hadirnya sesuatu -yang mungkin hadir- yang tersembunyi dari penggalan realitas. Itulah filsafat yang beku dan kaku.

Padahal, kebenaran -sebagaimana pandangan Richard Rorty di awal tulisan ini- tidak lain merupakan suatu aktivitas menginterpretasikan pengalaman dengan menggunakan bahasa. Oleh karena itu, “kehidupan hanya bisa dipahami sebagai perubahan cara menggunakan metafor untuk mendeskripsikan realitas yang ada.” Demikian jelasnya.

* “…karena kebenaran adalah milik dari kalimat-kalimat, dan karena kalimat bergantung keberadaannya pada kata-kata, dan karena kata-kata adalah buatan manusia, maka begitu pula dengan kebenaran…”sore hujan tak redah mengantarmu sampai di sini
_____________

Dahulu ada orang menguatkan pendapat yang menyatakan bahwa planet hanya tujuh (sebagaimana pendapat ahli-ahli Falak ketika itu) dengan ayat-ayat yang menunjukkan bahwa ada tujuh langit. Teori tujuh planet tersebut ternyata salah. Karena planet-planet yang ditemukan oleh ilmu pengetahuan dalam tata surya saja berjumlah 10 planet, disamping jutaan bintang yang tampaknya memenuhi langit, kesepuluh planet itu hanya laksana setetes air dalam lautan bila dibandingkan dengan banyaknya bintang di seluruh angkasa raya.

Segala undang-undang ilmiah yang diketahui hanya menyatakan saling bergantinya "psychological states" (keadaan-keadaan jiwa) yang ditentukan pada diri kita oleh sebab-sebab tertentu (mengambil sebab dari musabab atau dari ma'lul kepada 'illah). Ini menunjukkan bahwa segala undang-undang ilmiah pada hakikatnya relatif dan subjektif.

Air bewarna biru dikarenakan hanya refleksi dari langit

Banyak yang percaya bahwa danau dan laut berwarna biru “Hanya” karena mereka merefleksikan langit biru. Sebenarnya air tampak biru karena mereka benar2 biru; molekul air meng-absorbsi/menyerap cahaya, dan mereka menyerap frekuensi warna merah lebih banyak dibandingkan frekuensi biru, sehingga frekuensi biru tampak dipermukaan. Efek nya kecil, jadi warna biru menjadi terlihat lebih jelas saat mengamati layer air yang cukup padat atau dalam. Di air asin atau mata air mineral, warna dari peluruhan mineral dapat terlihat.

Banyak buku pelajaran mengklaim bahwa electricity (elektron) berjalan melalui arus kabel pada kecepatan cahaya. Faktanya adalah energi dari elektrik lah yang mengalir secara cepat (yang tetap lebih lambat dari kecepatan cahaya). Elektron, yang mempunyai massa, dapat bergerak pada kecepatan cahaya dengan menggunakan teori relativitas. Kecepatan dari muatan listrik dalam arus elektrik sangat lambat, sekitar beberapa centimeter per jam. Di tempat dimana arus elektrik dapat terlihat, seperti di dalam electrophoresis, pergerakan lambat dari pembawa muatan dapat dilihat langsung.

pandangan lain tentang " Omong Kosong Kebenaran : Filosofi Indera Manusia".

Sering kali kita mendengar dan mengamalkan filosofi-filosofi yang kelihatannya benar tetapi sebenar salah besar bahkan menyesatkan, namun sudah terlanjur menjadi nilai yang mengakar dikebanyakan kalangan masyarakat apalagi kalau filosofi-filosofi itu keluar dar lisan seorang tokoh yang seharusnya menjadi panutan.

Memang kadang-kadang kata-kata yang filosofis lebih keren dan mudah untuk dicerna oleh sebagian kalangan, okelah silahkan kita semua berfilosofi asal tetap berpijak dan selaras dengan Al-Qur’an, karena sebenarnya Al-Qur’an sudah sangat Filosofis, tinggal kita mengemas dengan bahasa yang lebih keren dan ngetren, gak ada masalah,

Bantahan : Omong Kosong Kebenaran : Filosofi Indera Manusia
Ssesi lain psikologi eksistensial sama sekali menolak hukum sebab-akibat yang berasal dan ilmu alam yang digunakan oleh beberapa pendekatan psikologi. Menurut para tokoh psikologi eksistensial, hukum sebab-akibat itu tidak cocok untuk digunakan dalam psikologi, sebab manusia bukan benda atau objek yang pasif, melainkan subjek yang dinamis. Oleh karena itu, menurut mereka, yang cocok untuk digunakan di dalam psikologi adalah konsep motivasi, suatu konsep mengenai sumber dan proses kemunculan tingkah laku yang dimengerti dalam kaitan sebab-akibat, tetapi melihat partisipasi aktif manusia sebagai penyebab kemunculan tingkah laku itu. Perbedaan antara hukum sebab-akibat dengan konsep motivasi itu bisa diterangkan melalui contoh jendela yang terbuka oleh embusan angin dan jendela yang terbuka oleh manusia.

Filosofi Angin filosofi jendela, baik angin maupun manusia sama-sama menimbulkan akibat terhadap jendela, yakni jendela itu menjadi terbuka. Sebabnya adalah, baik angin maupun manusia sama memiliki daya dorong. Bagaimanapun, berbeda dengan angin, manusia membuka jendela tidak semata-mata karena memiliki daya dorong, tetapi juga karena memiliki tujuan tertentu yang hendak dicapainya, umpamanya untuk memperoleh angin segar atau untuk menerangi ruangan. Dan dalam tindakannya mendorong jendela itu, manusia disertai proses-proses kognitifnya yang memungkinkan dia bisa menentukan di mana tangan harus diletakkan dan berapa besar tenaga harus dikeluarkan. Prinsip yang petama ini berkaitan dengan prinsip yang kedua.

Kedua, psikologi eksistensial berprinsip bahwa pengalaman atau tingkah laku manusia adalah hasil dari manusia itu sendiri sebagai suatu totatitas yang berkehendak, bukan semata-mata sebagai hasil dari stimulus internal (naluri-naluri atau dorongan-dorongan) dan atau stimulus eksternal (lingkungan).

Menurut para ahli psikologi eksistensial, usaha memahami manusia dengan mengandaikan adanya kekuatan-kekuatan deterministik dan memandang kekuatan-kekuatan deterministik itu sebagai penyebab kemunculan tingkah laku adalah memutarbalikkan dan memecah belah keberadaan manusia serta mengingkari otonomi dan kebebasan manusia.

Pendek kata, uraian mengenai tingkah laku dan keberadaan manusia dengan menggunakan istilah-istilah naluri, dorongan, energi psikis, maupun energi fisik tidak berlaku dalam psikologi eksistensial. Sebaliknya, dengan menggunakan konsep-konsep dasar eksistensialisme dan metode fenomenologi, para ahli psikologi eksistensial mempelajari manusia melalui pengamatan langsung atas pengalaman atau tingkah laku manusia sebagaimana pengalaman atau tingkah laku itu muncul dalam kesegeraannya atau tampil sebagai fenomena, dan melukiskanya setepat mungkin. Dan deskripsi atau pelukisan fenomenologis bukanah penguraian sebab-akibat. (Van Kaam. 1966) kebohongan panca indera dan ilmu

Ketiga, psikologi eksistensial mencurigai teori, sebab teori —banyak di antaranya — terlalu mempersoalkan hal-hal yang tak bisa diamati dan menganggap hal-hal tersebut sebagai penyebab kemunculan hal-hal yang bisa diamati. Yang dimaksud dengan hal-hal yang tak bisa diamati itu adalah struktur-struktur hipotetis yang dianggap ada pada manusia seperti ego, drive, dan semacamnya, sedangkan yang dimaksud dengan hal-hal yang bisa diamati adalah fenomena, dalam hal ini fenomena tingkah laku. Menurut para ahli psikologi eksistensial, fenomena itu bukan muka atau kutipan dari sesuatu yang lainnya, melainkan sesuatu yang hadir dalam kesegeraannya (tanpa diantarai).

Para ahli psikologi eksistensial menekankan bahwa dalam mempelajani tingkah laku manusia, kita harus bebas dari praduga-praduga ilmiah yang biasa ditimbulkan oleh teori-teori, dan harus mengamati apa yang bisa diamati (fenomena tingkah laku), serta menjabarkan atau melukiskan fenomena yang diselidiki dalam penampilannya yang utuh dan dalam susunannya yang asli (Binswanger, 1963).

Pada saat yang sama, para ahli psikologi eksistensial menentang pendekatan psikologi yang mengabaikan pengalaman-pengalaman-dalam (inner experiences) manusia dan yang melulu mempersoalkan tingkah laku yang nampak (overt behavior). Dalam pandangan psikologi eksistensial, pengalaman-pengalaman-dalam (ketakutan, kecemasan, pengharapan, rasa bersalah) itu sama vitalnya dengan tingkah laku-tingkah laku yang nampak.

Akhirnya, psikologi eksistensial menentang dengan gigih pendekatan psikologi yang memandang manusia seperti memandang batu atau pohon, dan yang memperlakukan manusia sebagai objek yang bisa dimanipulasi seperti memperlakukan hewan-hewan percobaan di dalam laboratonium.

Menurut psikologi Eksistensial, pandangan dan perlakuan semacam itu tidak hanya merusak keutuhan manusia yang menghambat para ahli psikologi untuk memahami manusia secara penuh di dalam keberadaannya. tetapi juga mengakibatkan dehumanisasi manusia, terhadap Omong Kosong Kebenaran : Filosofi Indera Manusia

Psikologi eksistensial masuk ke dalam arena kritik-kritik sosial dengan melancarkan serangan terhadap pengasingan dan fragmentasi manusia oleh teknologi, birokrasi, dan mekanisasi. Menurut para ahli psikologi eksistensial, apabila manusia dipandang sebagai suatu yang bisa diatur, dikendalikan, dibentuk dan dieksploitasi, maka manusia akan terhambat dalam mencapai kehidupan yang sungguh-sungguh dan manusiawi___kaimuddin mbck dalam, kami petik dari beberapa sumber 
______
Sangbaco.web.id_September|01|2012
resapkanlah.... Omong Kosong Kebenaran : Filosofi Indera Manusia

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images