"Hembing", atasi kegemukan & khasiat Kayu manis

cara alami dengan mengkonsumsi teh yang berfungsi meluruhkan lemak. Salah satu teh yang dapat digunakan adalah teh daun jati dari Belanda. Daun jati Belanda memiliki khasiat untuk mengobati obesitas (kegemukan) dengan mengurangi lemak dan kolesterol.Beberapa resep berikut ini...


Deskripsi, Kegemukan atau obesitas merupakan kondisi berat badan di atas normal karena adanya penumpukan lemak yang berlebihan. Prosentase lemak tubuh idealnya 16% pada laki-laki dan 20% pada wanita dari berat badan. Berat badan masih dianggap normal jika kurang atau lebih sedikit dari 10% berat ideal.
Resep 1: Mangga 100 gram (setengah buah sedang) 50 gram wortel (setengah buah sedang) 12,5 lembar daun bayam (setengah genggam) 5 gram daun jati Belanda (5 lembar) 25 gram nanas (1 buah kecil) 1 sendok teh jus lemon Metode: 1. Bersihkan semua bahan dan dipotong-potong kecil. Rendam daun jati Belanda dengan 100 ml (1 cangkir) air hingga mendidih atau selama 15 menit, saring, dan ambil airnya. 2. Taruh semua bahan yang telah dipotong (kecuali lemon) dan campur dengan air daun jati Belanda ke dalam blender. Jalankan blender sampai cairan diperoleh jus. 3. Taruh jus di gelas, tambahkan 1 sendok teh jus lemon, aduk. Ramuan siap untuk diminum. Sebaiknya tidak menambahkan gula ke dalam ramuan ini.

Untuk mengukur berat ideal, dapat dipakai rumus (tinggi badan - 100 cm) - 10%. Misalnya tinggi badan 160 cm, berat idealnya adalah (160 - 100) - (10% x (160-100)) = 54 kg.
Kegemukan selain dapat mengurangi daya tarik fisik seseorang, juga menimbulkan resiko lebih tinggi terhadap berbagai penyakit, seperti kencing manis, kolesterol tinggi, jantung, stroke dan hipertensi.

Untuk program menurunkan berat badan yang aman, alami, dan tanpa efek samping yang membahayakan, disarankan mengikuti saran berikut ini :
  1. Mengganti makan sore atau makan malam dengan jus buah tanpa gula. Boleh minum jus buah sampai kenyang asal tidak makan nasi atau camilan malam hari.
  2. Jangan mengharap penurunan berat badan yang terlalu cepat dan instan karena penurunan berat badan terlalu cepat justru tidak baik bagi kesehatan.
  3. Bila Anda disiplin mengikuti program ini anda akan merasakan hasil penurunan berat badan yang efektif. Selain itu Anda juga akan merasakan badan lebih ringan, lebih lincah, dan lebih segar daripada sebelumnya.
Resep herbal untuk kegemukan/ obesitas ala Hembing
Penyebab 
Asupan kalori yang berlebihan dibandingkan kebutuhan tubuh , Ada sebagian orang yang tubuhnya mempunyai daya serap tinggi terhadap kalori sehingga seluruh kalori yang masuk diserap dengan baik, Kurangnya kegiatan fisik atau olah raga
Perawatan
  1. Hindari makanan yang berlemak dan makanan goreng-gorengan
  2. Batasi makanan berkalori tinggi dan hindari camilan
  3. Batasi konsumsi daging terutama daging merah. Sebaiknya konsumsi ikan.
  4. Perbanyak konsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah segar
  5. Perbanyak minum air putih (minimal 2 liter sehari) dan lakukan olah raga secara teratur
Pengobatan herbal
Resep2
Bahan:
  • 30 gram daun kemuning segar
  • 30 gram bangle
  • 30 gram daun jati belanda segar (15 gram jika kering)
Pengolahan:
  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Potong-potong
  3. Rebus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc lalu saring
  4. Minum 150 cc 2 kali sehari
Resep 2
Bahan:
  • 2 buah mengkudu matang
Pengolahan:
  1. Cuci bersih mengkudu
  2. Jus atau parut, lalu saring
  3. Minum 2 - 3 kali sehari
Resep 3
Bahan:
  • 30 gram daun mengkudu segar
  • 30 gram daun kemuning
  • 1 sdm air jeruk nipis
Pengolahan:
  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu saring
  3. Tambahkan air jeruk nipis, lalu minum 2 kali sehari
Resep 4
Bahan:
  • 2 buah delima putih muda, kupas dan ambil bijinya
Pengolahan:
  1. Blender isi delima atau tumbuk dengan menambahkan sedikit garam dan 100 cc air, lalu saring
  2. Minum 2 kali sehari
Catatan:
Pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur

diet-w2

 

Baca juga  
 *





Kayu manis adalah salah satu rempah yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai bumbu penyedap masakan dan pembuatan kue, kayu manis sejak dulu dikenal memiliki berbagai khasiat. Bahkan, kayu manis saat ini sudah menjadi bagian dari bahan baku dalam industri jamu dan kosmetika.

Kayu manis (Cinnamomum burmani) memang memiliki efek farmakologis yang dibutuhkan dalam obat-obatan. Tumbuhan yang kulit batang, daun, dan akarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan ini berkhasiat sebagai peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, meningkatkan napsu makan (istomachica), dan menghilangkan sakit (analgesik).
Kandungan kimia yang terdapat dalam kayu manis adalah minyak atsiri, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Sifat kimia dari kayu manis adalah pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi.

Menurut pakar obat-obatan herbal, Prof Hembing Wijayakusuma*, kayu manis memiliki banyak khasiat obat. Di antaranya, obat asam urat, tekanan darah tinggi (hipertensi), radang lambung atau maag (gastritis), tidak napsu makan, sakit kepala (vertigo), masuk angin, perut kembung, diare, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, sariwan, asma, sakit kuning, dan lain-lain.

Sebagai obat asam urat, sebanyak 1 ibujari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 200 gram ubi jalar merah, 10 butir merica, 15 gram jahe merah, direbus dengan 1.500 cc air hingga tersisa 500 cc. Ramuan kemudian disaring lalu ditambahkan 200 cc air susu cair dan diminum. Sementara ubinya yang ikut direbus dimakan.

Resep obat asam urat lainnya, 1 ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar daun sosor bebek, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air rebusan disaring dan diminum.

Mengatasi tekanan darah tinggi, 2 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 10 gram kencur, 15 gram daun sena, dan 20 gram daun saga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Rebusan disaring dan diminum selagi hangat. Resep lainnya, 1 jari kulit kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram seledri, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya kemudian disaring dan diminum hangat-hangat.

Obat maag, 10 gram kayu manis direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc, lalu disaring dan diminum selagi hangat. Obat sakit kepala, 10 gram kayu manis, 3 butir cengkeh, 5 gram biji pala, 5 gram merica, 10 gram jahe, ditumbuk hingga menjadi bubuk. Lalu diseduh dengan air secukupnya, disaring, dan diminum secara teratur.

Mengatasi masuk angin dan perut kembung, 5 gram kayu manis, 10 gram jahe, 5 butir cengkeh, 5 gram pulasari, 5 gram adas, 5 gram biji pala, dan gula aren secukupnya, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc. Kemudian disaring dan diminum selagi hangat sebanyak 150 cc, lakukan tiga kali sehari.

Obat diare, 5 gram kayu manis, 5 lembar daun jambu biji, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air disaring dan ditambahkan gula secukupnya, kemudian diminum 150 cc sebanyak dua kali sehari. Mag. (link terkait : .
__________

Prof Hembing Wijayakusuma,"khasiat kayu manis"

{ 1 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Modifikasi Motor mengatakan...

Ternyata kayumanis banyak manfaatnya ya. Terimakasih sudah share.

Posting Komentar