Punggungmu menebal Hantu Sumiati di dekatmu (2)

Daya sensitivitas menyaksikan keberadaan makhluk halus di tempat-tempat tertentu atau secara kebetulan pada waktu-waktu tertentu atau pernah melihat sekali ,sehenyak (antara sadars dan tidak) tak ngerti mengapa bisa demikian ?, haha..ha.... Yang lain berkata "sampai kapanpun terdapat golongan orang tertentu  tidak akan pernah bisa mendeteksi atau menyaksikan makhluk halus, baik secara sengaja maupun tidak, aku memilih keadaan ini, jika aku kau tanya.

Sebagai bocah hingga dewas,  aku merekam banyak cerita tentang hantu/ setan-setan yang berkelindan di bumi "Angin Mammiri " ini, ditelinga masyarakat, banyak sumber terdengar dari rumah dego-dego, pos kamling hingga warung kopi, menyebutkan hantu hantu-hantu yang mereka kenal sejak SD seperti , nenek pakande, Longga (hantu tinggi) dan hantu di rumah sakit “pelamonia”, tetapi yang sangat terkenal dari zaman ke zaman adalah cerita tentang hantu / "setan sumiati".(lebih populer "setan sumiati"), sehingga latar belakang /jejak sosok hantu Sumiati ini, menuai banyak versi.

 Versi 1. Era itu adalah masa peralihan penguasaan dari kerajaan ke penaklukan Makassar oleh penjajah, ketika itu terkenallah seorang perempuan cantik yang putih dengan bulu mata lentik, bernama Sumiati, dan wanita ini ditinggal sementara oleh suaminya yang pergi berlayar atau dalam bahasa daerah Bugis "Massompe",  dalam penantian menunggu suaminya pulang, banyak yang mengenang kecantikan sumiati, banyak mata yang mengintainya, sampai akhirnya se-seorang orang memperkosannya di tengah penantiannya yang juga tak kunjung datang,(sebuah penantian dan pemerkosaan menjadi efek balas dendam akan keberadaan sumiati  menjadi "hantu atau setan Sumiati, < sebuah anggapan)

Sumiati diperkosa oleh lelaki yang tidak dikenalnya, dan pada saat pemerkosan itu, Sumiati tidak melihat secara jelas pelaku pemerkosa tsb karena kejadiannya malam hari.

Sumiati hanya melihat kalau pelaku menggunakan baju berwarna merah. alhasil pemerkosaan itu berbuah benih di perutnya, sungguh ini mengiris kalbu, hingga sebab malu dan responsive budaya siri di Sulawesi Selatan,  maka Sumiati memutuskan atau memilih jalan gantung diri di sebuah jembatan/ tempat dimana sering ia bermain, (tempatnya kini di benteng roterdam, menurut sebuah sumber) dan latar belakang mengapa demikian sacral baju warna merah hingga sering/ gampang melihat penampakan bahkan tergoda oleh sosok mahluk cantik, sebab ia Sumiati menandai "merah " dengan penuh kesan… pada lelaki yang  pernah memperkosanya,

 (apakah benar sumiati atau jin yang menjelma serupa Sumiati, entahlah...,sebab jin sendiri bisa berumur sampai 500 tahun, menurut tinjauan pustaka), sengaja atau tidak tetapi arwah penasaran Sumiati tsb sangat sering mengganggu lelaki yg menggunakan baju berwarna merah.

Aku terkenang peristiwa ini, ketika workshop "ke-aktoran 2 di Benteng Sumba opu", sebagai tempat bermalam selama 8 hari,  cerita tentang hantu perempuan  cantik yang sering muncul di toilet, ya... aku gak percaya, cerita teman-teman tentang hantu itu, tapi...pernah semalam ia  menampakan wujudnya di toilet pas ketika aku merelay ulang memoriku tentang cerita setan sumiati, keadaan ini menjadi biasa saja ketika senior kami menceritakan bahwa sepanjang losari juga di tempat-tempat tertentu, misalnya di sebuah toilet yang juga terdapat dalam benteng rotterdam, merupakan salah satu tempat- mangkal nya.(ya..kutulis saja apa yang dikatakan nce Nas padaku, tentang ini...)

Sedemikian sering tempat tersebut terjadi penampakan hantu perempuan, semakin menandai jejak tempat dimana sumiati dulunya mati bunuh diri dengan menggantung diri di sebuah jembatan tempat ia sering bermain atau menghabiskan masa kanak-kanaknya. "Baju Merah"...dan sebuah senyum dingin untukmu ---

Kabar hasil terawang menyebutkan bahwa "Setan Sumiati" sering muncul di Hutan Lindung "Karaenta" di Kab. Maros, tempat ini melahirkan istilah bahasa makassar "Pawella" dalam bahasa makassar dulu berarti "perampok", tempat ini memang angker, orang setempat menyebut identifikasi tempat itu dengan "Pangngadangngang", (terjemahan: tempat menghadang), sebuah/jalur lintasan provinsi (pulang pergi ret kendaraan. Kabupaten Bone-Makassar)___ Telusur Hantu Sumiati Oleh : Sang Baco
____________

Baca : - Parakang Manusia Jadi-jadian

          _Misteri Dalam Kematian Beberapa Tokoh

 


{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar