Terbitkan Buku Bukan Rahasia

Selasa, Desember 27, 2011

"Terbitkan buku Subhanallah..",Maha suci Allah dengan segala ridhanya, Cita-cita menerbitkan buku dan menjadi penulis, demikian tegas merasuk dalam darahku, menjadi target peta hidupku. pra : penelitian, bolak-balik dari kampung satu ke-kampung lain, tanya situ dan sini, berusaha tegak, menerjang, begadang, menyusun, memilih obyek memilih kata/ diksi, mengetik/ ngelapetop...dan lain-lain, dan tanpa agenda sebelumnya dalam perancangan untuk membahas bagaimana semestinya buku yang banyak disuka dan seperti apa gaya penulisan sehingga mereka menyukai, dan mengambil manfaat, tanpa semua segmen itu, Akhirnya, bersama waktu aku pelan-pelan mulai hamil maksudku hamil ke 2 dan melahirkan buku hari ini.

Sebelum menyelam-i
Pernah nggak ngalamin ngirim buku ke penerbit, lalu direspon: “Siapa, Lu?”? Bisa jadi banyak di antara teman-teman yang mengalami penolakan dari penerbit. Sebesar apapun keyakinan kita terhadap kualitas naskah yang kita buat dengan susah payah, tak akan ada artinya bagi penerbit, jika mereka tak melihat peluang mendapatkan keuntungan dari naskah kita. Ini problem awalnya.

gampang terbitkan buku dan bukan rahasia katakan subhanallah
lesu dikit, tapi ini "senyum termanisku "
Dan tahun ini, tepatnya di akhir tahun 2011, aku benar-benar bersyukur mendengar bukuku ‘akhirnya’ diterbitkan. Terutama ketika tahu buku aku, akan ditemui di banyak toko buku, serasa terbang ke alam selebriti.

Akhirnya Bukan Rahasia
Setelah menjalani proses yang cukup panjang, alhamdulillah aku memiliki 2 hasil karya "Penddidikan Seni Budaya Lokal, Penerbit Lontara Djakarta, dan Kearifan Budaya Lokal, refleksi Studi Kasus Kab. Maros. Terlepas dari luar biasa atau tidaknya 2 buku tersebut, di kesementaraan ini telah kutuliskan berbagi pengalaman dan cerita tentang kearifan masa lampau itu, aku berharap semoga orang lain bisa terinspirasi. Paling tidak, akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama : menerbitkan buku!lakukan ya...sebab, terbitkan buku Subhanallah... memang bukan rahasia

Hari ini tak terkira rasa bahagia menyaksikan lahirnya buku dari rahim pikiranku. Merinding rasanya tangan ini men-tagg cover buku ke teman2 di FB. Dan betapa gembiranya melihat ucapan selamat dari teman-teman di situs pertemanan itu. Juga teman-teman di sekolah yang keburu mengetahui, mereka kaget dan langsung mengucapkan selamat. Ada yang memuji, ada yang minta buku, bahkan ada yang ingin konsultasi. Serasa mendapat ucapan selamat atas sebuah prestasi yang besar, bahkan seperti mendapat ucapan selamat pernikahan, haha..ha..Yang jelas,"bahagiaku deE..., aku bahagia karena buku sangat mendapat tempat special di mata orang lain. Buku adalah buah karya yang didalamnya kita bisa mendapat pencerahan dan ilmu. Semoga, lahir buku-buku selanjutnya ….amiiiin
________________________________
Tambahan berikut untuk searing penerbitan kelak, bagi teman-teman yang kesampaian nerbitin juga....

premi titik konsen penerbitan (pikirku...
menulis idealis yang pastinya punya tulisan yang bagus, dan berkompromi terhadap trend industri perbukuan, -sebab tidak lakunya buku ?, dan bagaimana menanggapi pertanyaan antara sikap idealis penulis dan berhadapan dengan industri penerbitan (sekaitan dengan penggunaan dana dengan segala tetek bengeknya).
Pendidikan launching buku kearifan.

kaimuddin mbck, Maros "senyum termanisku, pada istri dan anak tercinta, sahabat Wawan Mattaliu, Uak Sena, lembaga LEPASS, Dr Nurjaya , dan penerbit (PT.Pustaka Indonesia Pres Jakarta, dan teman2 lain yang yg beri bantuan dan dukungan, Ansari jelek juga, mksh semua...". Inilah isyarat yang harus sampai padamu generasi...sebab ,Terbitkan buku Subhanallah... memang bukan rahasia.
_____
sangbaco.web.id
item esai. judul : Bukan Rahasia cara Terbitkan buku.

You Might Also Like

3 comments

  1. Selamat dan sukses Bang!!! aQ berharap bisa segera memiliki buku yg baru terbit itu, dimana aQ bisa menemukannnya??? tolong di infokan ke sini: http://gadde2.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Selamat kanda atas terbitnya buku "Kearifan Budaya Lokal",moga buku bukunya bisa d kirim k sengkang hehehehe

    BalasHapus
  3. hadir saja saat launchingnya ...ya...insyaallah...

    BalasHapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images