Dialog "Budaya dan Konsekuensi"

Jumat, Januari 13, 2012

Gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. terjadi sepanjang masa. sesuai dengan hakikat dan  sifat dasar manusia yang selalu ingin berubah.dan perubahan sosial budaya juga dapat terjadi karena rasa bosan,  " bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan". Terjadi karena beberapa faktor. Di antaranya komunikasi; cara dan pola pikir masyarakat; faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinya konflik atau revolusi; dan faktor eksternal seperti bencana alam dan perubahan iklim, juga karena sebuah peperangan" .Dikatakan Hirscman

Budaya dan Konsekuensi :Pemerintah dapat melakukan pemetaan kultur masyarakat dan menentukan model perencanaan yang sesuai dengan kultur budaya pada daerah yang akan dilakukan dengan korelasi Buku Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal.

Banyak daerah di Indonesia telah mengedapankan visi dan misi daerah yang berbasis dengan budaya dan kearifan lokal. Perencanaan berbasis budaya ini dapat memperkenalkan kearifan lokal pada wisatawan lokal dan asing sehingga meningkatkan ekonomi kerakyatan. Selain itu, pemerintah daerah dapat melakukan penggalian potensi daerah dan budaya agar dapat menjadi prioritas pengembangan daerah.

kaimuddin mbck dialog budaya
Dialog 1: Kesadaran penguatan ke-kurikulum pembelajaran ini muncul terutama karena semakin terdesaknya eksistensi sistem kelembagaan masyarakat lokal, yang merupakan konsekuensi logis dari laju kemajuan masyarakat industri.- (dalam pantauan perk. budaya Maros) kami menegaskan ... pentingnya pemeliharaan budaya dalam aspek materi dan non materi sebagai aset daerah, perubahan sosial budaya sebuah re-konflik atau revolusi.

Dialog 2 : Bahasa sistim kearifan dalam atraksi  penguatan ekonomi berbasis kerakyatan, sungguh  budaya ini dapat mengurangi kesenjangan, kemiskinan dan pengurangan pengangguran yang telah menjadi permasalahan besar di Indonesia.

Globalisasi mempunyai dampak yang besar terhadap tradisi dan budaya. Kontak budaya melalui media masa menyadarkan dan memberikan informasi tentang keberadaan nilai-nilai budaya lain yang di miliki dan dikenal selama ini.

Betapa malunya kita kebudayaan yang selama ini kita jaga telah di curi dan kita tidak cepat tanggap menanggulangi hal- hal tersebut. Oleh karena itu Dalam tulisan ini ada beberapa cara supaya globalisasi tidak merubah tradisi-tradisi kebudayaan yang kita miliki yaitu :

 1. Masyarakat perlu berperan aktif dalam pelestarian budaya daerah masing-masing dan budaya bangsa pada umumnya.
 2. Untuk para usaha media massa perlu mengadakan seleksi terhadap berbagai berita, hiburan, dan informasi yang di berikan agar tidak menimbulkan pergeseran tradisi dan budaya.
 3. Masyarakat harus berhati-hati dalam meniru atau menerima kebudayaan baru, sehingga pengaruh globalisasi di Negara kita tidak terlalu terpengaruh.
 4. Marilah kita jaga dan kita lestarikan budaya nenek moyang kita jangan sampai dirampas lagi. 

Kesenian adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya dan tidak di miliki oleh bangsa-bangsa asing. Oleh sebab itu sebagai generasi muda yang merupakan pewaris budaya bangsa hendaknya memelihara seni budaya kita demi masa depan anak cucu. Khususnya bagi para remaja Indonesia marilah kita jaga bersama-sama kebudayaen nenek moyang kita jangan sampai di rebut kembali dengan Negara lain buktikan pada dunia bahwa Negara kita kaya akan budaya.
_______

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images