“Ada” adalah Kata Terindah dan hidup

Senin, Januari 16, 2012

Ada merupaka idiom dari keadaan selalu memungkinkan, selalu bisa selalu dapat, dan sejauh catatan, bahwa hidup adalah perjanjian dengan bumi: karena kita “Ada” manusia menyadari Ada-nya dengan meniadakan obye (ketiadaan) yang lainnya.

Sebuah “Eksistensi mendahului esensi”, begitulah selalu filusuf-filusuf eksistensialis, menanggapi hidup untuk sebuah realita "ada" atau "keberadaan", jika "ada" adalah himbauan, maka tulislah sejarahmu sendiri dengan perasaan hidup


Kata Terindah Dalam Hidup

Saya sebenarnya tidak suka sama orang yang cuma sok tahu, banyak ngomongnya tapi tidak ngerti. Karena itu saya diam, biar saya tidak membenci diri sendiri. – Cak Lontong

Di mana mana ada hal lucu juga indah, di sana dan di sini bahkan di sana sini.

Tanaman palsu ku sudah mati karena aku bahkan tidak berpura-pura unt uk menyiramnya. – Mitch Hedberg

Untuk lebih indah sepertinya Hidupku perlu di edit. 

Aku sudah membeli pakaian yang mahal. Tapi kadang itu terlihat murah ketika sudah ku pakai. – Warren Buffet

Jika mungkin aku bermuka dua. Muka manakah yang tengah aku pakai sekarang?. – Abraham Lincoln

Cinta itu sudah selayaknya seperti pelajaran bahasa inggris, bukan hanya teori saja tetapi juga praktik.

Berhentilah mencari orang yang sempurna, tetapi carilah orang yang juga bisa memperbaiki keturunanmu.

Kata-kata indah untuk hidup, maka hidup pulalah kata-kata itu_ Sangbaco

Kamu itu benar-benar penyayang binatang. Sudah tahu kalau itu buaya, masih saja tetap kamu pertahankan.

Satu hal yang sungguh membuat mata tidak bisa terpejam, ialah bagaimana cara agar aku bisa membuat kekasih mu mempercayakanmu kepadaku untuk senantiasa menjagamu

Cobalah saja ucapkan namaku dengan embel-embel nama bapak ku di belakangnya dan diucapkan di depan penghulu beserta saksi kalau memang benar-benar sayang dan cinta, sungguh indah bukan ?.

Memang benar lembaran uang itu bukanlah segalanya, karena masih ada kartu kredit dan kartu atm.

Perlu kamu tahu tiga alasan yang membuat seseorang tidak disukai ialah otak yang kosong mlompong, omong kosong, dan juga dompet yang kosong.

Wajah rupawan memang bukanlah jaminan sebuah rumah tangga akan jadi menyenangkan, apalagi wajah yang tidak rupawan.

Memang kecantikan itu sangat relatif, hanya bergantung pada letak kamera dan juga intensitas cahaya.

Jangan pernah berubah cinta, perubahan itu hanya dimiliki oleh power rangers.

kata "Mantan" sesungguhnya tidak indah, karena ucapan yang diper-halus dari kata bekas.

Kamu boleh berpikir sebanak yang kamu mau, tetapi jangan pernah makan sebanyak yang kamu berpikir.

Seorang pria yang sukses ialah yang bisa menghasilkan uang lebih dari uang yang sudah dihabiskan oleh istrinya. Seorang perempuan yang sukses ialah orang yang bisa mencari laki-laki seperti itu.

Tidak akan ada laki-laki yang memiliki ingatan cukup kuat untuk menjadi seorang pembohong yang sukses dan besar.

Aku memang suka pengalaman yang bodoh. Aku pun selalu membuat pengalaman seperti itu. – Charles Darwin

Jangan pernah mati-matian hanya untuk mengejar sesuatu yang tidak bisa dibawa mati. – Emha Ainun Najib

Demikian kata-kata terindah, bagian kehidupan dari ekstraksi mutiara kata meskipun pula terdapat beberapa kata islam, cinta, dan sedikit lucu.

Sebab apa yang ada padamu saat ini bisa jadi merupakan salah satu dari banyak hal yang paling kau impikan, tetapi tidak setiap impian adalah sesuatu yang bagus dari apa yang ada di dalam lubuk hati seseorang, dengan kata lain pada dasarnya TIDAK setiap keinginan tersertakan kemudian budi pekerti yang luhur dan mulia.< pernyataan. dan jika menolak, "lalu bagaimana mereka menjelaskan adanya konflik di setiap manusia, sifat manusia yang serakah, sikap merendahkan orang lain, merasa diri sendiri hebat, saling menjatuhkan, pemikiran yang materialisme, psikopat, pembunuhan, pencurian dan masih banyak lagi. ya..kadang manusia lebih BRENGSEK DARI PADA SETAN karena faktor belajar dari masa lalu juga sibgah masa kini. Awwe.... kalo begini-mi masuk hutan maki lalu gigit akar pohon", kata Ustadz di sebuah pengajian.

Desember 2011 yang indah, Aku Merasa “Ada”.
Dalam Puisi juga Budaya : Merasa ada dengan ku singgah sejenak di taman, menghibur diri juga kumpulkan tenaga, kekuatan. Aku tanggalkan tujuan yang harus berjalan hingga ke ujung jalan, merasa ada merupakan jejak misterius, ia ter-tancapkan di pusat hati dan ingatan, betapa ingin menyentuh cahaya masa depan bersamamu, dan selalu saling mengelus jemari dalam waktu yang lama, saling menatap di lengang malam yang kita sengaja panjang-panjangkan. Dengan puisi aku terhibur dan dengan budaya aku tertantang, < ya tulis-tulis saja demi sesuatu harus ada...

Dalam Budaya : ku merasa ada dan tertantang memunggungi pintu rumah, pintu rumah “kita”, tempat anak-anak bermain, beristirahat, dan membaca dunia dengan kearifan, sebab aku tak mampu mengingat, kala aku menyepi dari suara dan gerak total setelah "ketiadaan", dan kau wanita pelindung itu, di beranda bersama anak-anak yang kau hadiahkan untukku, merasalah selalu ada dalam mengukir kebaikan, pun menjadi ada dengan dukungan, rasa aman. dan dengan dukungan maka disekitar kitapun tersibgah  penghargaan, penghargaan atas diri sendiri (mattau ke si pakatau, literasi bahasa Bugis) dan yang terpenting adalah dengan ada...merasa ada sungguh bagian dari belajar menerjemahkan kasih dalam hidup. R.Robihadi Alb. menawarkan catatan. Yang bisa diambil adalah jangan lihat seseorang dari “apa yang ada dia lakukan itu salah/aneh” tapi mulailah “apa yang menyebabkan ada-nya laku seperti itu?” karena tidak akan pernah ada asap jika tidak ada api.


Manusia akan terus belajar menjadi setan lalu men-dewa atau
 manusia yang mulia tergantung kepada lingkungan sosialnya. Dan jangan terlalu berharap ada pada sahabat, kekasih, saudara, keluarga bahkan orang yang ada di sekitar kita, karena mereka tidak akan selamanya berada di samping anda, suatu saat mereka pasti pergi, dan anda harus berusaha sendiri. Hubungan manusia  itu merupakan sesuatu yang singkat dan terbatas karena setiap manusia memiliki jalan hidupnya masing-masing (kalo udah mati kan di kuburnya sendirian, gak ada manusia lain yang nemenin). Semua ini merupakan hasil belajar dari pengalaman yang berharga, dan
 mati juga tanda keberadaan__catatan-surat-sejak-akhir 2011

(maaf ya kalo ada yang baca orang psykologi, saya juga masih harus banyak belajar dalam menilai sesuatu. Saya merupakan manusia biasa yang mungkin saja salah. Tapi inilah pengetahuan, persepsi dan asumsi yang saya miliki)

Tuhan pun Indah dalam Imajinasi
Saya meyakini ‘Tuhan itu ada’ dan saya berlaku seolah-olah Tuhan itu mengawasi. Lalu korelasinya dengan pengendalian hasrat ? : Ia hadir, walaupun dalam imajinasi kita, mengawasi, melihat tiap detik ..jengkal kehidupan kita sehingga kita malu melakukan perbuatan yang melanggar norma, agama atau tabu, dalam kata lain perbuatan yang memposisikan akal kita inferior dibanding hasrat. Ia- kita hadirkan dalam imajinasi kita padahal Ia adalah exist/ada secara nyata namun Ia non-materi, tidak dapat terdefisinikan dalam dunia transenden, maka imajinasi kitalah satu-satunya alat untuk  ‘menghadirkan Tuhan’ dalam segala pergolakan hasrat dengan akal.

Pada waktu yang tiada batas, selalu memicu "ada", dan tanpa kata "selamat jalan….air mata, juga tanpa kata selamat tinggal."kita selalu berdekatan ADA dan tersenyum"
 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images