Dari Kuburan Sumiati ke Hutan Lindung Karaenta Maros

Rabu, Februari 22, 2012

Legenda Hantu Sumiati atau Setan Sumiati dapat saja tetap gentayangan sebab bunuh diri. Dan bunuh diri adalah perihal yang sangat memungkinkan abadinya Hantu Sumiati, Ia dapat saja dijadikan wadah oleh jin, juga bahwa  jin kafir melihat dan mengetahui keadaan sumiati dengan prosesi kematian-nya yang tidak wajar,

Dan perihal  silang-kait dengan usia jin yang juga panjang hingga 500 tahun. Hampir dikatakan bahwa "setan Sumiati" menjadi tunggan legenda mistik abadi sebagai roh atau hantu gentayangan yang keberadaan-nya menelusup seolah sejarah mistik tersendiri di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dan sebab kewajaran yang lain  roh atau Hantu Sumiati karena adanya pahaman jin karin pada tubuh tiap orang, atau semacam kembaran dalam bentuk ruh yang apabila orang yang ditinggalinya mati maka ia bergentayangan sendiri sehingga "perihal" itu sangat ber-efek menambah sinyal tetap gentayangannya Setan Sumiati, ya hal yang kompleksitas tapi segalanya sebab peristiwa Sumiati adalah wadah,

Masa hidup Sumiati tinggal sebuah kampung (sekarang Sinassara *menjadi nama salah satu jalan di Makassar),. tidak terlalu jauh dari tempat ia bunuh diri yaitu di sekitar Benteng somba opu. usai mayat Suamiti di lepaskan dari tali yang menggantungnya sebab bunuh diri, mayatnya di antar ke RS Pelamonia lalu di area Beroanging Sumiati dimakamkan atau kuburkan.

BACA LINK ; PUNGGUNGMU MENEBAL HANTU SUMIATI DI DEKATMU


Dari Kuburan Sumiati di daerah Beroanging Ke Hutan Lindung
Seorang siswi di kampung Labuaja sebelum keanehan terjadi pada dirinya, ia bercerita tentang: cairan hangat yang tersentuh oleh jari-jari tangannya setelah mengelus mata kuda pada asbak patung tersebut. ketika dia memperhatikan wajah patung itu : kaget .....dua mata patung seolah tetesan tetesan air mata. "patung menangis ?" desisnya. 

Peristiwa aneh ini membuatnya kesurupan lalu menunjuk-nunjuk kearea hutan lindung tersebut, rupanya silang kait dari peristiwa ini tampaknya Hantu di area hutan lindung "Karaenta ", tempat lintasan kendaraan antar provinsi, adalah berita tren topik yang sempat menghiasi dunia maya bahkan ada yang membuat semacam group hantu Setan Sumiati usai penampakan tersebut. 

Mengapa hantu sumiati ada di karaenta ?. 
Karaenta memang kondisi geologis yang sedikit berbeda, yang dalam cerita sejarah asal-muasa tempat tersebut dikenal sebagai "tempat menghadang musuh" atau dalam istilah sejarah disebut "Pangngadangang", cekungan-cekungan jalan raya dan hutan lepas berada pada zona berpotensi melahirkan tekanan mistik, rimbun terjal dan cerita mistik yang memenuh di ruang warkop setelah penumpang singgah sejenak dari melewati tempat tersebut.

banyak jazad juga musuh terkubur di tempat itu, lebih lagi dalam cerita Lontara Attoriolong (naskah scrib sejarah) mengentalkan tempat itu sebagai daerah pawella / bhs Bugis : Perampok. terdapat pohon beringin yang cukup besar dan tampaknya sudah cukup tua, di sanalah penampakan hantu sumiati melintas , dan tertangkap kamera. (sebab jarak kami masih mnunggu apload foto tsb), Orang-orang yang berkerumun disana sibuk dengan kamera handphonenya memotret lokasi tersebut dengan harapan bisa mendapatkan penampakan baru, tapi hasilnya..?

Cerita awal munculnya kisah Sumiati dimulai pada saat sekelompok pelajar yang kesurupan di daerah Hutan Lindung, Karaenta, Kabupaten Maros. Saat itu ada seorang pelajar yang kesurupan dan menunjuk ke arah hutan lindung tersebut. Lalu warga setempat melihat sosok hantu wanita ini di bawah pohon besar. Sejak saat itu banyak warga yang melihat penampakan hantu yang sama di 


tempat tersebut. area Hutan lindung Karaenta benteng dekat pangngadangang 
Cerita awal munculnya kisah Sumiati dimulai pada saat sekelompok pelajar yang kesurupan di daerah Hutan Lindung, Karaenta, Kabupaten Maros. Saat itu ada seorang pelajar yang kesurupan dan menunjuk ke arah hutan lindung tersebut. Lalu warga setempat melihat sosok hantu wanita ini di bawah pohon besar. Sejak saat itu banyak warga yang melihat penampakan hantu yang sama di tempat tersebut.

Legenda Hantu Sumiati, kemudian merebak ke banyak tempat termasuk segala pinggiran pantai dari tanjung merdeka hingga barombong, tak jarang pada gelar acara pantai terdapat orang kerasukan hantu , hanya selalu nama itu di sebut, "Setan Sumiati" mengapa ?, jejak sosok hantu Sumiati ini, menuai banyak versi. di Punggungmu-pun menebal Hantu Sumiati di dekatmu (2)
__________

* dekat dengan Kaluku Bodoa (nama salah satu jalan di makassar)

You Might Also Like

2 comments

  1. rumahku kowdong d sinassara, matemi jah....hahahaha :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jl. Sinassara no. 18 rmahna hapgahapgapga

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images