Pelajaran 2 : " Motivasi dan Keyakinan Mengalahkan Apapun "

Melamarmu dengan Motivasi dan keyakinan : Seseorang dengan keyakinan sama dengan kekuasaan sembilan puluh sembilan orang yang hanya memiliki minat dan  motivasi” John Stuart Mill. Pagi hari jam 09,00 wita, Apresiasi Acara KOMPASTA Maros & Makassar (Komunitas Sepeda Tua) di Area Cafe Warkop Dg Te'ne.
Catatan dan perjalanan hidup seorang tokoh, kemungkinan ada yang paling memengaruh dalam hidup Anda. ya sebuah nama yang mengukir sejarah hidup Anda sendiri. Tahukan Anda nama milik siapakah itu? Yah itu Nama Anda sendiri. Orang-orang sepanjang jalan berbeda warna dan tatapan mata, garis-garis gerilya yang tak seluruhnya bisa diceritakan atau scenario gelap yang mungkin disembunyikan sampai saatnya taqdir yang menguat memenuhi rekaman, “sebagai gambaran hidup yang diputar berulang-ulang dari ujung kaki sampai ujung kepala, sebuah bukti hidup yang lama mengapit”. Setelah catatan ini : kita sendirilah yang menggoreskan pena catatan sejarah hidup itu, perihal baik atau buruknya orang lain tidak memiliki relevansi dengan baik atau buruknya catatan sejarah kita. ketika orang lain mengajak kita pada keburukan, itu pilihan .... Kita tidak bisa menuduh mereka telah menggoreskan catatan buruk pada buku sejarah pribadi kita hanya karena kita mengikuti ajakan mereka. Kesederhanaan pandangan pun menguat bahwa, "menyalahkan orang lain atas kekacauan yang kita alami dalam hidup, adalah nonsen...omong kosong..!

Tak ada yang perlu dibedakan karena jiwa tak perlu dipetakan dalam hidup yang penuh batasan ini, tiada milik tiada ada yang berarti ataupun mempunyai sebuah nama, segalannya seakan terbuat dari udara “ada lalu tiada”, sampai pada akhirnya, diam, jatuh, terlantar dan mati membusuk: sebuah kekosongan kukira... Dan pada suatu hari baik nanti, orang-orang sepanjang jalan berbeda warna dan tatapan mata yang kita lihat itu, pastilah kemudian sederhana tatapanmu padanya : bahwa pada akhirnya sesuatu menjadikan kita/mereka tiada.

1. Kepala jadi alas kaki, alas kaki jadi kepala
Hayatilah semangat induk rusa yang tak terkejar oleh anjing pemburu yang dipaksa berlari oleh tuannya," Kalau kamu berlari dengan tujuan hanya mengejar prestasi menyenangkan tuanmu,
tapi kalau aku berlari karena ingin menyelamatkan nyawaku dan nyawa calon anak di kandunganku. Inilah yang membedakan tujuan kita berlari, sehingga aku bisa berlari jauh lebih cepat dan lebih kuat daripada kamu" kata kijang betina.

kekuatan ini adalah satu karunia Allah swt. yang amat berharga bagi makhluk-makhluk-Nya lebih baik dan lebih mulia daripada sekadar penghargaan prestasi di mata manusia? Walaupun si anjing pemburu itu terlatih, walhasil tanpa kekuatan motivasi yang benar dan maksimal ternyata pencapaian target keberhasilannya masih di bawah rencana.(catatan hikmah ini dapat anda temukan pada link:Pelajaran "kekuatan keyakinan mengalahkan apapun", Pelajaran penting hari ini bagi kita bahwa, si kijang betina yang sedang hamil pun tanpa kitasangka sebelumnya ternyata mampu memiliki kekuatan motivasi yang luar biasa, jauh di atas kekuatan motivasi si anjing pemburu.
kekuatan keyakinan mengalahkan apapun

2. Peran Motivasi terhadap Otak (simpul pelajaran keyakinan )
Motivasi memang merupakan gabungan dari berbagai faktor yang menyebabkan, menyalurkan dan mem pertahan kan tingkah laku. Karena itu, motivasi dapat menjadi faktor pendorong untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup pribadi yang bersangkutan. Ia mampu mendorong seseorang untuk berbuat atau tidak berbuat sama sekali. Ia juga mampu membuat manusia menjadi semangat atau tidak semangat melakukan sesuatu. Motivasi dapat meningkat dan menurun sesuai perintah otak manusianya.Inilah hubungan yang sangat erat yang dapat kita simpulkan bahwa otak kita berperan penting dalam menghasilkan "keajaiban" kekuatan motivasi diri kita. Karena motivasi muncul dari otak manusia dan motivasi juga merupakan salah satu kerja otak, maka latihlah otak Anda yang telah Allah swt. ciptakan sangat canggih dengan latihanlatihan yang bersifat memicu, menyadarkan, dan meningkatkan motivasi Anda.

Tidak mustahil, Anda akan memiliki kekuatan motivasi yang canggih karena berangkat dari otak Anda yang canggih dengan dilatih oleh cara-cara meningkatkan motivasi yang canggih pula. Insya Allah di kesempatan berikutnya kita akan membahas beberapa langkah meningkatkan motivasi diri. Tuhan selalu memberi yang terbaik untukmu, bukan memberi yang selalu kau inginkan tapi memberi yang terbaik dari yang kau butuhkan, amin....Wallahu a�lam.

3. Keyakinan dan Minat
Ada perbedaan yang amat besar antara orang yang hanya memiliki minat dengan orang yang memiliki keyakinan. Itulah tepatnya mengapa keyakinan membuka pintu ke arah kesempurnaan. Keyakinan membawa perintah langsung pada sistem syaraf kita. Ketika kita menyakini sesuatu sebagai kebenaran, maka kita pun dengan sadar memasuki keadaan kebenarannya. Kalau diarahkan secara benar dan efektif, keyakinan dapat menjadi kekuasaan paling kuat untuk membuat kebaikan dan kemajuan dalam hidup kita. Sebaliknya, keyakinan yang membatasi pikiran dan tindakan kita dapat menghancurkan.

Kalau kita dengan yakin mengatakan “Saya bisa”, maka pintu-pintu kemungkinan akan membukakan jalan untuk mewujudkannya. Tetapi kalau kita juga yakin mengatakan “Saya tidak bisa”, maka pintu-pintu kemungkinan pun akan menutup dan membuktikan bahwa kita tidak bisa.Kata "saya bisa", adalah sinyal dari kekuatan keyakinan merupakan petunjuk arah dan peta yang memandu kita menuju tujuan, serta memberi kita kepastian pengetahuan bahwa kita akan mencapainya.

Tanpa keyakinan, orang tidak akan punya kekuasaan sama sekali, ya.. seperti kapal motor tanpa kemudi. Besar dan kuat, namun tak dapat berjalan. Dengan bimbingan keyakinan yang kuat, kita memiliki kebiasaan bertindak dan membentuk dunia yang ingin kita tinggali. Keyakinan membantu melihat apa yang diinginkan, dan mendorong kita meraihnya.__kelak simpulan tentang keyakinan ini akan kami tambahkan di episode 3, demikianlah catatan & apresiasi Kaimuddin Mbck, ini dalam ( Pelajaran 2 : " Motivasi dan Keyakinan Mengalahkan Apapun ".Atas segala kekurangan mohon di maafkan, wabillahi taufik walhidayah Assalamu alikum Warahmatullahwabarakatuh.

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar