Alat Musik Gendang-Gendong : Unik MistiK dan Religi

Kamis, Juni 11, 2020

Lacak jejak musik unik tradisional di Bumi "Anging Mammiri" Sulawesi Selatan, mengantarkan temuan musik tradisi berpartitur dengan nama "Gendang-gendong", penemuan kesamaan pelaku musik  tradisi tersebut, terdapat di 2 (dua) daerah di Sulawesi Selatan yaitu di Kab Pangkep dan Kab Maros.
_____________________________________

Alat musik unik gendang-gendong dari Kab Pangkep, dalam penggunaanya di zaman lampau sungguh mencipta irama yang merdu, sebab suara atau ritme-nya yang berpartitur atau ber-irama dengan istilah "solmisasi".

_________________________
Menurut Dg Ke'nang, wanita tua pelaku musik unik tradsional ini menambahkan "bahwa alat musik ini digunakan sebagai latar musik yang mengiringi lirik lagu dengan pesan -pesan ber-nuansa religi, semisal dengan pesan-pesan keteladanan dan kebajikan, hal ini menyebabkan jiwa merasa tenang bahkan terasa sedikit mistik.* 

Sedang  alat musik unik gendang-gendong dari Kab Maros, tepanya di Desa Zaman batu "Leang-Leang", dalam penggunaanya di zaman lampau untuk mengusir atau juga menghalau sekelompok kera yang mengganggu aktifitas penduduk, mengingat bahwa wilayah desa ini banyak kera atau monyet. Alat musik unik ini sesekali pula di tengah kejenuhan alat musik unik ini digunakan untuk bergembira ria, dengan sebab irama ritme-nya yang berpartitur mengindahkan mengiringi lagu banyolan yang berlirik bahasa Bugis atau Makassar. Misal lagu banyolan "Pua-pua dede" atau "Tumbu-tumbu belanga" dll.
_______________________________________________

Musik Unik Bahan Kayu Berongga "Gendang-Gendong"

Unsur Musik Unik Gendang-Gendong
Bahan terbuat dari  kayu ringan, pohon kayu  mistik tarantang sejenis batang kapas, pula seserpih kayu ini dahulu digunakan sebagai penutup pada botol. Lapisannya tipis namun berongga dan pengaturan panjan pendek yang terdiri dari bilah–bilah yang disusun sedemikian rupa, dan menggunakan pemukul khusus membuat musik unik gendang-gendong ini, mengalun merdu dan juga sedikit terasa mistik. 
___________
Potenote
 *mistik atau mistisme se-relefansi dengan nuansa irama di dengungkan musik gendang-gendong ini, terasa makna pesan pesan itu membawa khusyu terasa pula sedikit terselubung, atau lebih terasa spiritual, (menembus sesuatu yang ada dalam hati yang paling dalam yang bersifat halus dan tersembunyi (sirr). irama dan vokal terasa harmonis dan menyentuh rahasia atau mengantarkan manusia menuju tingkatan spiritual.

Penulis : Kaimuddin Mbck_ Petik Buku "Kearifan Budaya Lokal " 
Referensi Catatan : "Seminar Pendidikan Musik Tradisional Maros Pangkep" Tahun 2012, Oleh LEPAS (Lembaga Pengkajian Strategi Butta Salewangan).

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images