Dua Menteri Ini Layak Direshuffle

Selasa, Juni 30, 2020

Menurut Alpha Research Database Indonesia mengomentari sikap Presiden Joko Widodo yang jengkel terhadap kinerja sejumlah menterinya. Kejengkelan Jokowi dikemukakan saat berpidato pada pembukaan sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta. 

Dalam video yang diunggah kanal You Tube Sekretariat Presiden,
 Minggu (28/6), Jokowi mencontohkan kinerja kementerian kesehatan yang tak maksimal dalam penyerapan anggaran. 


Padahal, saat ini negara dalam kondisi ancaman krisis ekonomi akibat pandemi Virus Corona (COVID-19). Karena itu, tak heran Jokowi sampai melempar wacana reshuffle kabinet. Pernyataan Jokowi diamini peneliti Alpha Research Database Indonesia Ferdy Hasiman. “Menteri Kesehatan sama sekali lemah menghadapi Covid-19. Pernyataannya sering membingungkan, tidak menggunakan rujukan sains para virulogi dan epideumogi dalam menganalisis persoalan Covid-19," ujar Ferdy.Selasa (30/6).

Ferdy juga menyebut menteri kesehatan terkesan sulit dalam membangun komunikasi. "Kami kira menteri ini layak untuk direshuffle jika pemerintahan Jokowi ingin meminimalisir dan mengintervensi wabah Covid-19 yang semakin hari semakin mengganas," ucapnya.

Ferdy juga menyoroti kinerja Kementerian Telekomunikasi dan Informasi (Kominfo). Menurutnya, terkesan mengalami kemunduran. Masalah-masalah penting di telokomunikasi belum menunjukan proses menggembirakan.

"Saya belum melihat ada perubahan berarti di sektor telekomunikasi. Padahal, dunia sekarang sudah mengarah ke sana," katanya. Ferdy menilai, mungkin karena menterinya kurang kompeten di bidang telekomunikasi, maka proses adaptasi menjadi lamban.

 "Saya pikir, jika Jokowi ingin memperbaiki neraca keuangan APBN 2021 di tengah Covid-19 ini, kementerian ini harus diisi orang profesional," tuturnya. Paling tidak orang yang mengerti persoalan telekomunikasi dan memahami cara agar sektor telekomunikasi bisa memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara di tengah matinya sektor-sektor lain akibat pandemi Covid-19.(gir/jpnn)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images