Verywell Health meneliti 2.600 wanita Peminum Kopi, Apakah Minum Kopi Bahayakan Kesehatan Ginjal?

Minggu, Juni 14, 2020

Minum kopi menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Belum lengkap rasanya menjalani hari tanpa minum kopi. Kebiasaan minum kopi ini dikhawatirkan sebagian orang, apakah minum kopi bisa membahayakan kesehatan ginjal?

Berikut penjelasan mengenai studi "Sehat" terkait minum kopi dan penyakit ginjal sampai efek minum kopi bagi penyakit ginjal.

Studi minum kopi dan penyakit ginjal Melansir Verywell Health, terdapat beberapa penelitian terkait kopi dan penyakit ginjal. Studi pada 2008 meneliti 2.600 wanita di Korea, dan 700 wanita Amerika,  yang rutin mengonsumsi kopi justru menurunkan risiko penyakit ginjal. Namun, simpulan penelitian ini belum cukup kuat karena hanya mengandalkan survei berbasis populasi.


Studi kopi lain pada 2016 giliran mengungkapkan, hubungan antara minum kopi pada pria. Hasilnya, minum kopi tidak membahayakan kesehatan ginjal pria.

Simpulan beberapa penelitian tersebut serupa dengan studi di sekitar wilayah penghasil kopi di Nikaragua. Warga setempat lebih jarang terkena penyakit ginjal kronis. Kondisi ini disebut karena pengaruh antioksidan dan efek antidiabetik dalam kopi. Kendati disebut tidak membahayakan kesehatan ginjal, namun konsumsi kopi perlu dibatasi atau tak boleh berlebihan.
"Penelitian Efek Kopi" *Penulis : Mahardini Nur Afifah
____________

Baca Link :
Mengapa Sex Mengurangi Penyakit___ 
Obat Tradisonal Jerawat__
Penelitian : Kesamaan Cara Pengobatan Refleksi  China Jepang dan Bugis 
                    

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images