Parakang manusia jadi-jadian di Sulawesi Selatan (2

Ngetrend habis..istilah ini "parakang paiso pallo..."/ parakang pengisap anus, Proses menjadi dan keabadian Parakang

Sambungan parakang_
Jika seorang parakang sedang sekarat menghadapi sakratul maut, ia akan tarus mengulang-ulang kata” lemba …“(Bahasa Makassar: pindah) sampai ada seorang dari pihak keluarga meng-iya-kan perpindahan tersebut. Meskipun ia (orang yang rela menerima) hanya menyampaikannya di dalam hati, faktor yang menyebabkan ia menerima /dengan menyetujui hal tersebut berpindah padanya “lemba”/rela menerima, lebih dominan disebabkan oleh perasaan kasihan saat sekarat kepada orang familinya yang berstatus parakang tersebut, sebab si Parakang itu begitu menderita jika ilmu (keadaanya sebagai parakang) tersebut tidak berpindah. Dan keadaan ini, atau proses "lemba.." sudah menjadi kebiasaan bagi orang yang menjadi parakang tersebut tidak bisa meninggal dunia sebelum ada sanak keluargannya menerima ilmu tersebut.

Setelah itu, orang yang mengiyakan itu akan menjadi parakang selanjutnya /sebagai penerus...berminatkah anda...? catatan 1>.


Efek dari keadaan ini maka pantang / pamali /pemmali, larangan keras untuk 
orang lain (yang bukan parakang , bertandang atau bertamu kerumah keluarga yang berstatus parakang (sebab ketahuan), meskipun sebab menghargai si obyek parakang sebagai status tidak di sebarluaskan. Bugis Makassar menyebutnya dengan istilah siri " hal prinsipil  yang memalukan", untuk kelengkapan lihat juga pada link berikut ini

Wujud parakang
sedetik sebelum parakang
Banyak yang membenarkan bahwa keluarga parakang itu gadisnya cantik-cantik, , merupakan renungan yang menggoda di mata diorang/ pemuda,sebagianya juga kaya,  tapi cobalah perhatikan matanya ?.(sebuah ket= kalau bayang kita terdapat di matanya dlm keadaan terbalik bermakna dia itu memang parakang, jika ia berubah ujud pada (kadang malam juga siang) ia dapat menyerupai se- macam anjing dengan badan tak berbulu. cuma bila berlaku transformasi dari manusia ke parakang, pasti ia akan bertambah besar dan sangat kuat, (lengan dan tangan, kuku-kuku menjadi keras dan panjang, dan muka menjadi sangat huduh, dengan mata merah menyala, dan mulut menjadi besar dengan lidah terjulur kasar dan kesat, serta barisan gigi-gigi yang sangat runcing dan tajam.

Jika menemukan parakang, misalnya dengan wujud pohon pisang, orang dianjurkan untuk memukulnya sekali atau tiga kali saja. Jika sekali pukul dipercaya akan membunuhnya dan tiga kali akan membuatnya cacat. Itulah mengapa perempuan tetangga saya yang pindah itu dianggap parakang karena berjalan seperti orang dengan lutut kesakitan. Menurut orang-orang, suatu malam, perempuan itu tertangkap basah berwujud kambing dan dipukul dengan potongan kayu dilututnya sebanyak tiga kali. Sejak saat itulah ia berjalan dengan cara yang aneh.

Parakang adalah satu jenis hantu atau mahluk halus diBugis yang sangat ditakuti. Parakang bisa mengubah diri menjadibermacam-macam wujud: pohon pisang, kambing, tangkai-tangkai bambu atau ampoti (keranjang dari daun kelapa tempat bertelur ayam).
mahluk  parakang ini memang manusia,tapi kalau mati agak susah selagi keluarga atau familinya tidak ada yang rela menerima ilmu sesat …..dst_sebagai penerus...berminatkah anda...
____________
catatan kaimuddin mbck "hantu hantu di sulawesi selatan"

{ 0 comments... baca di bawah ini atau tambah komentar }

Posting Komentar