Masker dan Daster

Senin, Juli 06, 2020

"Masker tak pakai daster, tapi pakai daster boleh memakai masker". Emoji Masker dan daster dua kata yang sebenarnya tanpa hubungan hal-ihwal yang berulang seperti gelap gulita / terang benderang, namun di balik kata masker dan daster terasa sebuah padanan kata yang mengalun dengan ritme yang baik,  Ia punya elemen yang disebut Bung Karno sebagai “penutup",  dua kata itu menunjukkan sebuah aksi, tapi bukan bukan “ketutupan ”juga  bukan “tertutup”, tapi keadaan yang lebih tepat diidiomkan . “Penutup” , simbolisme yang  menyiratkan  atraktif sentuhan dalam proses,  kain penutup wajah dan kain penutup tubuh.

Selerasi bersentuhan dapat menjadi kata yang mengharu biru, terlebih bahwa 
setelah daster,  maka masker pun hari ini merupakan properti penting bahkan menjadi produk trend hasil revolusi yang dikreasi dengan segala cakupan nilai, "pakai masker tapi tetap keren".

Sangbaco_esai "Masker & Daster"
Di tengah merebak virus seorang sopir truck mengingatkan istri yang
sedang menunggunya pulang, katanya " tak mengapa menjelang pagi hingga sore aku terbang, tapi aku tetap jaga jarak sayang.., sebisa mungkin aku hindari kerumunan dan  biar aku saja yang
 pakai masker,  kamu cukup di rumah saja pakai daster"

Sang sopir sesungguhnya tak sedang menjadi seorang origami yang membuat lipatan -lipatan kertas menjadi sebuah bentuk yang indah, ia hanya memberi pengakuan kepada dunia bahwa dirinya penting memakai masker dan istri di rumah cukup pakai daster biar tidak gerah dan praktis.

Itu sebabnya sehingga padanan kata "masker dan daster" bagi si sopir cukup "utuh" menandai peristiwa pandemi ini, masker dan daster seolah ide yang menyusup ke situasi yang memang pas untuknya, sebuah teks  kuat membawanya mengelilingi angkasa lepas, atau menyeberangkan ia kelaut.
"Biar aku saja yang pakai masker kamu cukup di rumah saja pakai daster" kalimat dengan impuls yang sangat ngesan, seolah peristiwa revolusi yang menuntun  sang demonstran menembakkan pistol atau melemparkan granat, kalimat yang terasa sangat  kuat bahkan menakutkan.

______
Sangbaco _ Tulis-tulis saja , Esai " MASKER & DASTER".

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images