13 Masjid Unik | Tiap Lengkungan Hadap Kiblat

Selasa, Juli 14, 2020

Masjid Unik | Tiap Lengkungan Hadap Kiblat ulasan wisata religi mesjid terindah dengan desain modern dan desain tempo dulu, liputan beberapa masjid pula dengan bahan yang unik menggunakan bambu, tumpukan seolah batu, kayu dominan, dan konstruksi simbol desain guratan hingga lengkungan mengarah ke kiblat. Tampilan masjid selain unik yaitu dinilai masjid terbesar dan termegah, juga masjid bersejarah berstatus situs, bahkan terdapat masjid unik berbentu perahu, penasaran ?, simak jelajah masjid unik indah dan penuh pesona berikut.















Masjid Unik | Tiap Lengkungan Hadap Kiblat

Masjid Unik Wall Dome di Prishtina sebagai masjid modern, ramah lingkungan, serta nyaman bagi penghuninya. Paolo menggabungkan dua elemen utama masjid, yaitu kiblat dan kubah dalam sebuah desain modern. Hampir semua bagian Wall Dome adalah perlambang.

Guratan-guratan dan lengkungan yang ada di sekujur permukaan bangunan akan mengarah ke kiblat, menunjuk ke Mekah. Karena itu, guratan-guratan tersebut tidak hanya memiliki fungsi estetis, tetapi juga berfungsi sebagai penanda arah kiblat. Sementara bentuk melengkung kubah pada masjid ini menciptakan sebuah ruang komunitas. Ruangan tersebut dapat digunakan untuk berkumpul dan melakukan salat bersama. Fasad masjid ini dilapisi dengan fotovoltaik yang mampu memanen energi bagi masjid dan pelayanan lainnya.


Masjid Raya Padang Unik dan Indah 
ikon kota Padang Sumatera Barat.  Masjid ini merupakan yang terbesar dan
 termegah di Sumatera Barat. Masjid tanpa kubah menjadi salah satu masjid terbesar di Sumatera Barat. Uniknya, masjid ini dirancang tahan gempa hingga 10 SR sekaligus shelter lokasi evakuasi bila terjadi tsunami. Bangunan utama Masjid Raya Sumatera Barat terdiri dari tiga lantai dengan luas area sekitar 40.343 meter persegi yang mampu menampung sekitar 20.000 jamaah.

***

Design ter unik "Masjid Al Dana"

Badai pasir sering melanda kawasan masjid yang berada di Abu Dhabi, sehingga perusahaan arsitektur X Architects membangun masjid dengan kubah berbentuk kerucut melingkar. Kubah berbentuk kerucut diharapkan dapat meminimalisir dampak buruk yang diakibatkan badai pasir terhadap bangunan. Kubah kerucut itu juga digunakan sebagai corong masuk matahari dan angin sejuk saat siang hari.
****

Mesjid Terunik dan Kuno |Awjilah Libya


DUA KELAPA SAWIT MENANDAI pintu masuk ke salah satu masjid tertua dan paling indah di luar negeri Libya. Struktur batu-bata bercat putih berasal dari abad ke-7, dan menyambut para peziarah Muslim dan rute karavan yang melintasi daerah ini selama berabad-abad. Selama masa kejayaan rute perdagangan karavan Sahara, kota oasis Awjilah merupakan perhentian penting dalam perjalanan ke pantai Cyrenaican, membawa pelancong dari seluruh dunia kuno ke masjid.

Sembilan pintu memberikan akses ke rumah ibadah, yang mengarah ke labirin pilar dan lengkungan di dalam, yang meliputi area seluas lebih dari 400 m². Namun, bagian luar bangunan bahkan lebih luar biasa dan menampilkan 21 kubah sarang lebah berbentuk kerucut putih salju. Sarang lebah mendominasi cakrawala kota tua Awjilah, yang dipulihkan dengan penuh cinta pada tahun 2006, setelah kota itu menjadi salah satu tempat paling nyaman untuk melihat gerhana matahari bulan Maret 2006. Hingga Oktober 2011, masih belum jelas apakah Perang Saudara Libya 2011 merusak Awjilah, atau masjid kuno.

****


Masjid Unik Al Munada Baiturrahman

 Dibangun oleh KH Abdurrahman Massum. Bangunannya mirip seperti 
perahu dan masjidnya dibangun bersamaan pada tahun 1962 silam. Bangunan berbentuk
 kapal tersebut terinspirasi oleh bahtera Nabi Nuh. 

Lokasi Masjid Perahu ini ada di Jl Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Diapit gedung pencakar langit, Masjid Perahu hanya bisa diakses menggunakan motor atau jalan kaki saja. Masjid Perahu memiliki banyak keunikan, yakni ada Al Quran raksasa 2X1 meter, kayu gelondongan sebagai tiang, ukiran Al Quran kayu jati, koleksi batu giok, emas 3 kg di atap masjid dan ada batu di depan pintu yang tak diubah semenjak dulu.
***


Masjid terunik Luar negeri Sancaklar

Masjid Unik Sancaklar

Masjid yang dibangun oleh perusahaan arsitek Emre Arolat Architecture ini, terletak di Buyuk Cekmece, pinggiran kota Istanbul. Masjid berdiri di atas padang rumput luas yang berbatasan dengan kawasan sibuk. Nuansa padang rumput tetap dipertahankan, dengan membuat tangga-tangga batu yang mengikuti kemiringan lahan.Tangga-tangga ini membuat masjid seakan berada di dalam gua batu.

***

***

Menara Masjid Unik Menara Kudus

Berada di Desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini menjadi salah satu tempat ziarah umat Islam di Tanah Jawa. Masjid Menara Kudus dibangun oleh Sultan Kudus menggunakan batu yang dibawa langsung dari Kota Baitul Maqdis, Palestina, sebagai batu pertama. Masjid ini dibilang unik karena bentuk menara-nya yang mirip seperti candi dengan corak Hindu Majapahit. Bagian lain dari masjid yang bercorak Hindu adalah gapura, pancuran padasan atau kolam tempat berwudhu. Masjid ini dibangun tahun 1549, menjadikannya salah satu yang tertua di Jawa.

***
***

Masjid Unik Nusrat Djahan Copenhagen

Muslim terdiri dari sekitar empat persen dari populasi Denmark, dan jumlahnya terus meningkat. Dibangun pada tahun 1967, The Nusrat Djahan, yang terletak di pinggiran Kopenhagen, adalah masjid pertama di Denmark. Masjid ini digunakan oleh anggota agama Ahmadiyah, cabang Islam, yang mungkin menjelaskan mengapa masjid nyata pertama di Denmark dilaporkan baru dibuka awal tahun ini.

(Muslims comprise about four percent of the Danish population, and numbers are on the rise. Built in 1967, The Nusrat Djahan, located on the outskirts of Copenhagen, is Denmark’s first mosque. This mosque is used by members of the Ahmadiyya faith, a branch of Islam, which perhaps accounts for why Denmark’s first real mosque was reported to have opened only earlier this year.
***

Shah Faisal Mosque, Islamabad

Masjid Unik Shah Faisal, Islamabad Sebuah rumah ibadah Islam yang terlihat seperti 4 menara runcing model kerucut. itu mungkin juga berfungsi ganda sebagai landasan peluncuran untuk eksplorasi ruang angkasa, Masjid Faisal sebenarnya dirancang dalam bentuk tenda Badui, dan merupakan masjid terbesar di Pakistan. Selesai pada tahun 1986 terletak di bagian paling utara kota Islamabad, di kaki Bukit Margalla, kaki bukit Himalaya paling barat.
***
Hassan II Mosque Casablanca

Hassan II Mosque, Casablanca

Masjid Unik Hassan II : Dibuka pada tahun 1993, di puncaknya ada sebuah laser yang mengarah ke laut menuju Mekah dan memanjang sekitar dua puluh mil. Dengan tinggi hampir 700 kaki, menara ini menjadikannya struktur keagamaan tertinggi di dunia. Atau begitulah yang kita dengar.
(Opened in 1993, at the top is a laser pointing across the sea towards Mecca and extending some twenty miles. At almost 700 feet tall the minaret makes this the tallest religious structure in the world. Or so we’ve heard.)


Masjid Unik Cheng Ho Salah satu wisata religi Jawa Timur yang terkenal ada di Surabaya. Masjid Cheng Ho ini memiliki bangunan dengan gaya oriental China. Masjid ini dibangun oleh para pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Pembangunan masjid ini dibuat mirip seperti klenteng sebagai wujud penghormatan sosok laksamana Cheng Ho yang membawa misi perdamaian dan seorang muslim yang taat beribadah.

Arsitektur masjid ini diilhami dari Masjid Niu Jie di Beijing. Masjid Cheng Ho Surabaya berada di pusat Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng, atau sekitar 1.000 meter sebelah utara Gedung Balaikota Surabaya.


Masjid unik Kuno Bayan Beleq
 Tegak di Lombok Utara tepatnya desa Bayan, kecamatan Bayan.
 Masjid Kuno Indonesia Bayan Beleq merupakan bangunan bersejarah, 
saksi masuknya agama Islam di Pulau Lombok.
~~~~
Muatan baca : masjid mesjid unik
indah megah terbesar, masjid situs bersejarah wisata religi 


Masjid unik Saka Buana

Bergaya arsitektur masjid model menyerupai Parahu tengkurap alamat  Serang, Banten, masjid unik berbahan bambu, yang diklaim sebagai terbesar di Indonesia. Pihak Yayasan Bambu Indonesia menyebut Saka Buana sebagai masjid bambu terbesar se-Indonesia. Kris Ade Sudiyono, mengatakan, Masjid Saka Buana dibangun menggunakan material bambu karena ingin mengambil konsep alam dan unik.

“Bambu yang dipilih sebagai material utama pada desain bangunan masjid merupakan khasanah budaya dan kearifan lokal. Dengan komposisi 60% struktur bangunan masjid menggunakan material dari bambu,” ujar Kris.

Arti keunikan  nama Masjid Saka Buana mengutip bahasa Sansekerta dari kata “saka” yang berarti tiang dan “buana” yang berarti dunia. Jadi Saka Buana memiliki arti “Tiang Dunia”. Bahan bambu dengan diameter berukuran besar digunakan sebagai tiang penyangga konstruksi agar kokoh menopang rangkaian bambu lain. Sementara bambu yang berukuran kecil digunakan untuk jendela yang dibentuk bervariasi agar indah dipandang mata. Bambu juga dijadikan rangka atap dan anyaman bambu sebelum ditutup genting berwarna merah marun. Masjid bambu mampu menampung ratusan jamaah. Untuk mimbar juga terbuat dari bambu agar selaras dengan konsep alam yang diusung. Diperkirakan lebih dari 1.000 bambu untuk membangun masjid dengan banyak ventilasi udara sehingga suasana kian dingin alami dan sejuk_ Berbagai sumber

~~~~~
Sangbaco.web.id_ 14|07|20
Judul artikel /tema Masjid Unik | Tiap Lengkungan Hadap Kiblat

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images