Ngeri, Pesawat Garuda Tergelincir di Makassar Tepat Saat Lepas Landas

Kamis, Juli 02, 2020

Pesawat Garuda Indonesia bernomor penerbangan GIA 613 rute Makassar-Jakarta tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Rabu (1/7/2020) sekitar pukul 18.55 Wita, akhirnya  pesawat ditarik ke apron.

Pesawat yang tergelincir berjenis Airbus A330. Belum diketahui pasti penyebab insiden tersebut. Dipastikan, tak ada korban jiwa dan kerusakan berarti pada pesawat.

Penerbangan tujuan Jakarta, oleh Plh Deputi GM Perencanaan dan Evaluasi Operasi Makkasar Air Traffic Service Center, Yuyun Nugraha mengemukakan, pesawat yang tergelincir tersebut bertujuan ke Jakarta.

Namun, sungguh mencemaskan keadaan di Bandara Internasional Sultan Hassanudin Makassar, sebab pesawat tiba-tiba tergelincir ketika hendak lepas landas.

Keadaan yang tidak di harapakan  , "Roda depan pesawat dan landing gear utama kiri keuar dari landasan saat berbelok untuk take off pada runway 21 Makassar," tutur Yuyun.

Akhirnya pesawat ditarik ke apron Yuyun memastikan, meskipun kecemasan ini namun tidak ada korban jiwa dalam insiden tergelincirnya pesawat.

Usai peristiwa itu, pesawat ditarik ke apron supaya tidak menganggu penerbangan di bandara tersebut.

Belum diketahui penyebab kecelakaan. Pihak maskapai masih melakukan investigasi terkait insiden ini.

Saat tergelincir, pesawat tersebut diketahui membawa 14 penumpang. Mereka dipastikan dalam keadaan selamat. "Semua baik-baik saja," kata General Manager Angkasa Pura 1 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Wahyudi.

Lantaran pesawat mengalami insiden tergelincir, penerbangan para penumpang tersebut dibatalkan. "14 penumpang pesawat Garuda itu di cancel penerbangannya. Ada yang diinapkan di hotel dan ada juga penumpang yang memilih pulang ke rumahnya,” kata dia.

Wahyudi menyebut, insiden ini tak memengaruhi aktivitas penerbangan lainnya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Sebab, ada dua runway di bandara tersebut. "Semua berjalan lancar, tidak ada penerbangan yang terganggu.

Di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini kan mempunyai dua runway, jadi yang satunya digunakan,” tutur dia___ Penulis: Hendra Cipto
______
Sang Baco _news adjustments
 "Ngeri, Pesawat Garuda Tergelincir di Makassar Tepat Saat Lepas Landas"

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images