Makassar : Sebab, 700-an Hewan Tidak layak Qurban

Kamis, Juli 30, 2020

Masyarakat Kota Makassar perlu berhati-hati sebelum membeli hewan kurban, jangan sampai ternak yang dibeli tidak memenuhi syarat untuk disembelih saat lebaran Idul Adha nanti.  Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam kurun waktu 23-29 Juli, telah menemukan 746 ekor hewan kurban tidak layak sembelih.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Abd Rahman Bando mengakui jumlah hewan ternak tidak layak sembelih terus bertambah setiap harinya. Apalagi, populasi baik sapi maupun kambing yang diperiksa tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.


"Bertambah terus tiap hari, tapi perlu dipahami bahwa penyebabnya sehingha tidak layak itu paling banyak karena tidak cukup umur kemudian cacat fisik," kata Rahman Bando, kemarin. Baca : Petugas Sudah Temukan 657 Ekor Sapi Tidak Layak Sembelih.

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk lebih teliti sebelum membeli. Khususnya mempertanyakan kartu kesehatan hewan kurban. Jangan sampai hewan yang dibeli belum memenuhi syarat. "Masyarakat juga kalau mau beli tanya dulu apakah hewan itu sudah diperiksa atau belum. Kalau sudah minta kartunya," paparnya.


Tidak hanya masyarakat, pedagang pun diimabau untuk memeriksakan seluruh hewan ternaknya. Tidak boleh dijual untuk disembelih jika belum memiliki kartu sehat. "Kita periksa inikan hanya untuk memastikan layak sembelih atau tidak, pedagang tetap boleh menjual ternaknya tapi untuk umum bukan untuk kurban kalau hasil pemeriksaan dinyatakan tidak layak," ungkapnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP2 Kota Makassar, Andi Herliyani menyebut sudah ada 4.738 ekor hewan ternak baik sapi, kambing maupun kerbau yang diperiksa. Hasilnya ditemukan 746 ekor yang tidak layak.  "Jadi dari hari pertama pemeriksaan sampai kemarin itu sudah ada 3.992 ekor yang kita berikan kartu sehat," ujar Herliyani.

Dari hasil pemeriksaan sebagian besar dinyatakan tidak layak lantaran belum cukup umur dan cacat fisik. Rinciannya khusus sapi ada 587 ekor belum cukup umur, 35 ekor cacat mata katarak. Selanjutnya, 5 ekor betina, 11 ekor skrotum tidak sempurna, 7 ekor pincang, 5 ekor sakit dan 7 ekor cacat telinga.

Sedangkan dari 89 ekor kambing tidak layak, ada 52 ekor belum cukup umur, 13 ekor cacat mata katarak, 24 ekor ORF, dan 1 ekor skrotum tidak sempurna. "Kalau kerbau ada 3 ekor kita periks semuanya layak," tuturnya. Pemerintah Maros Akan Sembelih 36 Ekor Sapi Kurban

Herliyani menyampaikan pemeriksaan akan terus dilanjutkan sampai tiga hari setelah Idul Adha. Sebab selain pemeriksaan fisik, petugas tetap akan memeriksa hewan kurban yang sudah disembelih. Tulis : Vivi Riski Indriani & (sri)
___
Judul : Makassar : 700-an Hewan Tidak layak Qurban

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images