Semangat Bahari Bugis Makasar | Relief candi Borobudur

Senin, November 14, 2011

Menelusuri jejak semangat bahari sejarah Bugis Makassar mengantar arus hingga ke candi Borobudur, sebuah perekaman peristiwa lampau, ditemukan dalam bentuk relief. Identifikasi awal dari sejarah pembuatan relief ini gambaran ketangkasan lampau atas perekaman sejarawan masa kerajaan se usia pembuatan candi tersebut dibuat, dan di antara ornamen gambar ilustrasi dan motif pada candi Borobudur tersebutlah salah satu relief yang men-isaratkan semangat bahari Bugi Makassar dalam bentuk "perahu Bercadik.

 

 Semangat Bahari Bugis Makasar | Relief candi Borobudur

Sebelumnya bahwa relief tersebut memang beda jika disandingkan dengan perahu pinisi, hanya jika di diserupakan dengan perahu paddewakkang lebih mirip. Paddewakkang merupakan perahu awal Bugis makassar yang di gunakan Passompe dalam silang kait atas semangat bahari itu.  menggunakan perahu layar mengarungi lautan hingga ke madagaskar, afrika dan negara-negaara kepulauan lainnya, mereka membawa budak-budak yang banyak hasil rampasan perang sebagai perompak, juga singgah di siam pada awal masa sebelum kemerdekaan negara tersebut untuk mengajari duel dan perang gerilya, lalau Siam menuai kemenangan atas jajahan Myanmar. lewat massompe (sebuah istilah yang berarti : mengarungi lautan), maka Bugis makassar mengenal pembuatan meriam dan menuliskannya dengan huruf lontara_menurut M.C Ricklefs tidak didapati catatan tentang meriam sedetail ini kecuali dalam bentuk huruf lontara Bugis ini.


Sekaitan dengan relief ini "semangat bahari Bugis Makasar,di relief candi Borobudur" dalam "perahu bercadik", oleh arkeologi teranggap sebagai sebuah naskah kuno kesejarahan yang dikategorikan aspek historiografi tradisional, tetapi hasil tulisan atau naskah tersebut tentu sedikit banyaknya dipengaruhi oleh alam pikiran penulis naskah atau masyarakatnya, ketika mencocokkan latar belakan sejarah Bugis Makassar, dari sumber aslinya tentang "semangat bahari tersebut, semacam kecenderung menonjolkan kepercayaan dan mistik yang dimiliki masyarakatnya.(pendapat sementara. *Link terkait draft-penelitian-budaya.html). 

Kekuatan sakral dan mistik lampau adalah sebuah kewajaran sebab tempahan alam kadang mengantarai mereka dengan kekuatan sakti, didapati dalam kesadaran histiografi dibanyak sejarah, nampak dimana-mana kekuatan tersebut bisa bekerja secara otomatis, atau diperlukan orang-orang tertentu untuk mengembangkan atau menggerakannya. "klasifikasi magis", 

kukira, adalah sesuatu yang ada di alam ini sebagai bagian peradaban Nusantara kita, baik itu mozaik, fozil makhluk hidup maupun benda-benda mati tumbuh bersama dengan pengertian dan kearifan, mengantarai...menempa mereka. Ahli sejarah mereka melihat itu sebagai ujud keberadaan semangat bahari Bugis Makassar,di candi Borobudur, dalam simbol perahu.
___
kaimuddin mbck-l.
posting "30 Juni 2011 jam 16:37, 
dalam semangat bahari bugis makasar di relief candi.

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images